Iwanbanaran.com – Cakkkk…kritikan dan pujian dilemparkan para pembalap Motogp pasca race Mandalika. Salah satu yang cukup mengejutkan adalah pengakuan Joan Mir yang menemukan adanya lubang di Lintasan. Namun disaat yang bersamaan doi kaget karena aspal Mandalika luar biasa Grippy ketika diterjang hujan deras. ” Sikuku sampai menyentuh aspal, aku kaget dan membatin….benarkah ini wet race ? ” serunya….

Tidak bisa dipungkiri, gelaran pertama MotoGP Indonesia 2022 berjalan sukses tanpa drama berarti sepanjang akhir pekan, terlepas dari highside yang membuat Marc Marquez melewatkan balapan, dan kembali menderita diplopia. Namun kekhawatiran atas permukaan trek kembali muncul setelah upaya pengaspalan ulang pasca tes pra-musim Februari membuat jumlah lap balapan Moto2 dan MotoGP dipangkas. Tetapi dengan hadirnya ‘lubang’ yang terlihat di tikungan terakhir pada balapan Moto2 sempat membuat keraguan apakah balapan MotoGP bisa menyelesaikan 20 lap di lintasan kering….

“ Aku tidak tahu [apakah kami bisa balapan di lintasan kering) karena kondisi trek sangat, sangat sulit, Di tikungan terakhir aspal mulai rontok. Bahkan saat basah kami merasakan aspal mengenai tubuh kami dari cipratan pembalap di depan, jadi kami tidak bisa membayangkan jika dalam kondisi kering. Untungnya, tidak ada yang terluka. Ketika aku melepas baju balapku setelah race, dadaku penuh dengan batu hitam. Mereka perlu memperbaikinya, karena kondisi ini agak berbahaya… Mari kita lihat. Mereka mengatakan akan mengaspal seluruh sirkuit [untuk tahun depan]…” seru Rins. Ditempat terpisah Joan Mir mengatakan….

iklan iwb

Masalah dengan aspal lebih pada kondisi kering, tetapi bahkan dalam kondisi hujan kamu mulai melihat beberapa lubang di akhir lap, tikungan terakhir. Bayangkan di [kondisi] kering? Woah. akan sulit… akan menjadi tantangan untuk menyelesaikan balapan. Aku juga terkejut ketika ada informasi pengurangan Lap.  Aku baru menyadari Lap time Moto2 juga dikurangi. Alasannya karena tikungan terakhir. Aspalnya berlubang. Pengaspalan ulang [untuk tahun depan] sangat penting.”...seru Joan Mir…

Jack Miller mengaku tidak heran aspal baru akan menderita. Dan doi yakin bahwa balapan akan tetap berjalan baik walau pada kondisi kering sekalipun….

Aku tahu mereka mempersingkatnya. Karena umumnya perlu satu atau dua bulan untuk pendinginan aspal ulang. Aku rasa jalannya race berlangsung dengan baik dan aku menyukainya. Kami memiliki Grand Prix yang lebih baik di banding Qatar sehingga kami gembira. Kami memiliki race-day yang hebat dan harus memberikan pertunjukan kepada para penggemar di sini, dan aku rasa mereka semua sangat senang.” tukas Miller. Yang menarik cak….Rin sudah hampir Putus asa dan memasukkan baju balapnya sebelum akhirnya hujan reda….

Aku tidak ingin pulang tanpa balapan, tapi ketika aku melihat hujan turun makin deras, aku berpikir untuk berkemas dan pulang. Karena Senin jelas akan sulit untuk balapan [dijadwal ulang] karena penerbangan dan kargo,” kata Rins. Di tengah keputus asaan, seorang pawang hujan turun di trek untuk mencoba memperbaiki situasi. Tidak masuk akal, namun hujan pada akhirnya reda dan genangan air sudah dibersihkan untuk balapan kelas utama, meski molor satu jam. Dan sama seperti komentar para pembalap WorldSBK November lalu, paddock MotoGP sangat terkesan dengan kondisi trek Mandalika ketika aspal basah.

“Dalam kondisi basah, treknya luar biasa, Sikuku selalu menyentuh aspal ketika masuk tikungan dan aku berkata….’ini basah?!’ Grip yang luar biasa di trek dan juga ban Michelin bekerja sangat baik di lintasan basah. Disana aku berpikir ketika wet race, 27 lap penuh sebenarnya tidak akan ada masalah…” tutup Mir. Tidak hanya itu Binder juga buka suara. ” Aku merasa gripnya gila di beberapa tempat,” kata Brad Binder dari KTM. Tapi sayang cak….para pembalap cukup kesulitan dengan banyaknya volume air di trek yang bercampur dengan kotoran dan debu. Kondisi ini membuat penglihatan pembalap anjlok….

Diluar sana sulit karena visibilitasnya nol. Untungnya treknya cukup grippy. Jadi itu kejutan yang bagus. Aku masih terkena cipratan kerikil, tapi kondisi aspal jauh lebih baik dibandingkan tes.” kata Franco Morbidelli. Meski secara umum MotoGP Indonesia 2022 berjalan sukses, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola Sirkuit jelas memiliki tugas berat di depan dengan pengaspalan ulang jelang balapan WorldSBK November ini, atau Grand Prix Indonesia selanjutnya. Kita tunggu saja…gooo Mandalikaaa (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

22 COMMENTS

    • Marc sudah sembuh cakkkkk….. Ediaannn cepet beud recovery nya. Tapi gak heran sih, doi mah alien gitu

    • Mandalika Tikungan terakhir aspalnya bolong dan rontok Tikungan terakhir T17 maksudnya? Yang bener rin? Itu kan udah diaspal ulang. Masa yg rontok malah disitu. Minta diaspal ulang lagi katanya..😄😄😄

      • Segala pujian hendaklah kita kembalikan kepada Allah SWT yang telah mengizinkan semuanya berjalan dengan baik dan lancar.
        Aamiin aamiin allahuma aamiin 🙏

  1. Bang we i bheh kliatan Udeh baik nihh….. Udeh bise terima kenyataan perihal em em sembilan tiga Yee…. Syukurlah deh euiy

    • Namanya juga tontonan. Daripada bengong lihat air hujan turun monoton gitu2 aja. MotoGP itu olahraga? Pretttt….. Cumak hiburan badut sirkus motor sirkuit…..
      Makin Gedhe modal ngarepnya makin Gedhe pula pendapatan caiyynnk

  2. Josgandos sekali ini mah euiy beibih quh
    Nothing Is perfectionistaz getoh. Pro n con must exist getoh

  3. wajar aspalnya ngangkat. baru jadi seminggu sblum race.. seperti yg di bilang pembalap normalnya Pendinginan aspal supaya Menyatu itu 1-2 bulan..

    tp dgn kondisi pendinginan seminggu saja semua balapan lancar. ga kebayang klo bener” sempurna pendinginan aspalnya. gua yakin jd sirkuit dgn griip trbaik

    • Iya juga kalo ada lubang masak cuma mir doang yang ngomong, pembalap lain ada yang mengeluhkan lubang ga ya?

  4. Mudah” tidak terjadi seperti sircuite sentul..
    Yg paling utama adalah perawatan, tapi di negara kita sepertinya blm terjadi dengan baik, bikin ya bikin, tapi perawatan pasti kurang, itu yg sangat di sayangkan..
    Mudah” tidak terjadi di sircuite madalika.. semoga terawat sampai berpuluh” tahun.. semangat madalika sircuite..kami bangga indonesia menggelar balapan motogp lagi..

  5. Terlepas dari kekurangannya,toh DORNA sudah menyetujui. Itu berarti DORNA sudah melakukan check and recheck kan?

    Jadi,sebagai EVENT ORGANIZER,DORNA lah yang bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi dalam event ini. Paham ga?!
    Jangan terus salahkan Indonesia. Jika DORNA memang PROFESIONAL!

  6. entah ini bisa menjadi pembelaan michellin terhadap protes team HRC dan mamakes , yang pasti mamakes sudah mengalami penurunan skill ,waktunya pensiun marc.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama