Iwanbanaran.com – Cakkkk….Crash mengerikan Marc Marquez jadi perbincangan dunia. High side ekstrim yang membuat Marc seperti boneka dan helmnya terbentur aspal sangat keras dianggap sangat berbahaya dan menakutkan. Dilalah ditengah kondisi tsb membuat banyak komentar yang terkesan menyalahkan kondisi aspal. Benarkah demikian ??

Kejadian Marc memang sangat mengerikan. Ini adalah high side yang sangat ekstrim terjadi diera mesin 1000cc. High side mengerikan ini pernah terjadi di era 800cc namun tidak untuk 1000cc. Kerasnya bantingan membuat kita semua kuatir Marc akan kembali cedera. Walau pada akhirnya dikatakan Marc baik-baik saja namun tetap cak…sangat berbahaya dari sisi safety. Sayangnya ada beberapa opini bermunculan perkara crashnya Marc di Mandalika. Ada yang kalem namun ada juga yang memiliki opini bahwa celakanya Marc karena aspal kurang bagus. Benarkah demikian ??

Soal ini IWB tidak setuju sama sekali karena jika kita membuka data dari berbagai pihak justru Aspal Mandalika dipuji banyak pembalap khususnya soal traksi. Fabio Quartararo sendiri sudah pernah pernah mengatakan bahwa Mandalika adalah aspal yang memiliki traksi mantap walau hujan deras sekalipun. Keith Huawen Pengamat Motogp secara khusus juga memberikan komentarnya bahwa justru masalah terbesar crashnya Marc adalah dari faktor ban….

iklan iwb

Marc Marquez memutuskan untuk terbang pulang lebih awal, karena itu adalah kecelakaan high side yang sangat ekstrim. Sebelumnya Marquez mengendarai motornya dengan tanpa beban. Dia pasti membalap on limit. Selama karirnya Marc memang selalu membalap dengan gaya demikian. Di masa lalu, Marc telah mampu melakukan saving action 90% near crash. Tapi ketika itu motor yang dia tunggangi benar-benar ‘miliknya’. Dan sekarang dia lupa bahwa Honda telah mengubahnya ditambah Michelin membuat modifikasi ban itu akhir pekan ini.…” serunya via crash….

Michelin memperkenalkan carcass baru di Mandalika akhir pekan kemarin. Dan celakanya semua pebalap Honda, ditambah pebalap Suzuki Joan Mir, berjuang keras untuk mendapatkan traksi belakang. Dan menurutnya inilah masalah utama segala kecelakaan tsb…

“Ingat ketika MotoGP beralih dari Bridgestone ke Michelin? Aku masih ingat pertama kali di Sepang saat para pembalap jajal ban Michelin untuk pertama kalinya komentar mereka adalah grip depan benar-benar luar biasa namun ban belakang yang tidak sebagus Bridgestone. Jadi keseimbangannya benar-benar berubah. Makanya sekarang kita sering melihat begitu banyak pembalap jatuh. Aku belum pernah melihat “pembantaian” seperti itu! Kerusakan jutaan pound hanya saat tes Motogp belum termasuk race event. Sampai mereka menemukan apa yang mereka butuhkan untuk balapan yakni gebrakan dari Michelin, aku rasa kondisi ini akan terus terjadi….” serunya. So….Crash mengerikan Marc Marquez karena aspal Mandalika ? nope, bukan cak namun lebih kepada masalah ban….itu kata Keith Huawen…(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

51 COMMENTS

  1. There was clearly A chonspirarionil attempt to let em em nine tri out of the ajank balap motorbikes bergengsi …,.Ngah Ngah Ngah

  2. bagi fansboy Honda diiyakan 100% kejadian marc nyusruk sampai 4x yg disalahkan adalah ban michelin (dianggap konspirasi)
    bagi fansboy Honda DIIYAKAN saat ini michelin menguntungkan Ducati (dianggap konspirasi)
    bagi fansboy Honda TIDAK DIIYAKAN bahwa pernah bbrp tahun lalu masalah Ahamay adalah ban michelin juga (tidak ada konspirasi konspirasian)

    dasar standar ganda…

    • Beliau sedang menuruni puncak gunung yang tinggi. Sesekali naik bukit kecil, misal juara seri atau FP. Terus cepat atau lambat sampai ke dataran rendah yang landai dan datar nan alus tanpa terpaan angin kencang serta tekanan hidop.

    • Ban karet bikinan baru. Cuma model 4 tahun yang lalu due to darurot extremely hot condition.
      My upinion Is the lokation or the nation where the circuit build Is NOT COCOK.
      GAK USAH NGUIMPIIII KALO GAK MAU HOLDING WORLD CLASS INTERNASYENEL MOTORACING EVENT

  3. Kalau gak kepingin resiko jatuh tak usah ikut balapan, pulang tidur dirumah…….eh kejadian bener pulang dan tidur duluan kerumah…….gak jadi balapan, kesian MM

  4. menyalin kata mutiara kambinger dooongo kuadrat

    “Kalau gak kepingin resiko jatuh tak usah ikut balapan, pulang tidur dirumah…….” ternyata bener rebahan di meja operasi mueheheheh

    epbeha operasi otak deh 😭😭😭😭🤣🤣🤣

  5. Dari sekian puluh pembalap cuma motor dia yg jumpalitan. Kira kira, motornya atau aspalnya yg bermasalah ?

    • Jenis Bungkus ban luar yang keras, gampang spin, hilang traksi plus jenis tenaga yang dihasilkan oleh pengembangan RCV bossquh.
      Nguonouuuuoooooo

  6. menurut gw, di luar serpihan kerikil,
    banyaknya yang ndlosor adalah saat free practice,
    ketika race nya, berapa yg ndlosor ?
    kalo memang aspal bermasalah harusnya minimal 50% pembalap ndlosor semua saat race.
    marquez aja mengakui crash nya adalah kesalahan dia.
    pembalap yg satu itu emang gitu orangnya, gak banyak nyalahin motor, ban, trek, apalagi sirkuitnya. kalo dia gak cocok paling cuman bilang gak suka atau dia sendiri yang berusaha cari solusi atau adaptasi. apalagi bagi marquez ini sirkuit baru, aspal baru, ban baru, motor baru. pawang hujannya aja yg gak baru.
    MARQUEZ AJA GAK KOMPLEIN. LHA KOK SING NONTON KOMPLEIN ?

  7. Marc terlalu bersemangat, pdhal cm warm up, dulu max biaggi pernah jatoh saat warm wktu masih di yamaha rossi di honda, semua pd mencemoohnya, cm WU udh jatoh… rider lain pas wu ya cuma sekedar manasin ban…untungnya marc baik baik saja, semoga di Argentina udh bisa race lg.. Gws marc

    • Mark sadar diri akan mentalitas fighting n gaya balap yang high risk. Gak mo salahin apa sapa pun.
      Nguochuwoookkkkkkk

  8. Nguoploxx nguoploxx nguobelogg nguobelogg belog gandosss pisan nek gini ini caranya budheee

  9. Ketawa ngakak 😄 99,9 % komen ngeledek fbh serta artikel yg isinya berusaha ngeles krn puja puji palsu itu berlalu tanpa kesan (+), minggu yg menyedihkan ,yg lain tertawa URA …. ngk jd nulis berjilid jilid 😂

  10. marc sudahi semua ini , sudah tidak perlu dilanjutkan masa /era mu sudah berakhir..sebelum terjadi hal yang lebih buruk dari kejadian highside crash kemarin.. tidak harus ada yang di kambing hitamkan lagi..

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama