Iwanbanaran.com – Cakkkkk…semakin mengerikannya tenaga Motogp membuat supplier tunggal perangkat rem Motogp yakni Brembo akhirnya memperkenalkan Piringan cakram lebar yakni mencapai 355mm. Ukuran ini termasuk ekstrim karena biasanya piringan cakram yang digunakan Motogp adalah pada kisaran 320mm hingga maksimal 340mm. Lhaaa iki wisss mekar hingga mepet bibir velg…..ediann tenan, lebar puolll !!!

Sirkuit Losail menjadi alasan kuat Brembo memperkenalkan rem cakram 355mm yang pertama kali digunakan di MotoGP. Brembo memastikan bahwa mesin MotoGP 1000cc sekarang membutuhkan kemampuan pengereman yang sangat tinggi. Sirkuit Losail di Doha dianggap sebagai ujian pertama untuk sistem pengereman. Project awal ini sudah sukses diaplikasikan pada race Qatar dimana speed 362 km/jam itu harus diperlambat sebelum tikungan 13….

Lusail memang menguras rem dibandingkan sirkuit lain. lebih tinggi daripada di Jerez dan di Misano Adriatico, di mana pengereman dilakukan dua belas kali per lap. Di Losail, penggunaan sistem pengereman per lap juga mencapai rekor tertinggi. 40 detik per putaran alias 15 detik lebih banyak daripada di Sachsenring dan Phillip Island. Red Bull Ring cepat juga sirkuit menguras rem termasuk Twin Ring Motegi ….

iklan iwb

“Energi yang dibutuhkan rem terus meningkat. Itulah mengapa kami meningkatkan diameter ukuran rem cakram di tahun 2022. Sebelumnya Kami telah berbicara dengan semua produsen sehingga peraturan diubah sesuai kebutuhan. Kami memutuskan diameter 355 milimeter di bagian depan. Mengapa 355 milimeter? Ini adalah ukuran maksimum yang dapat digunakan dengan roda depan saat ini. Rem cakram baru diharapkan dapat digunakan di Austria tahun ini, di Motegi dan Thailand. Cakram 355mm ini akan menjadi lebih umum selama beberapa tahun ke depan karena penggunaan level rem terus meningkat…” seru Brembo…

Last….selain soal ukuran, Brembo juga bekerja keras mengembangkan part lain seperti kaliper, piston dan part pendukung lain. “Kami terus mengembangkan dan mencari solusi baru. Dimulai dengan kaliper rem dan tidak berhenti di piston rem. Ini tentang menjaga suhu kaliper rem, bantalan rem, dan cakram rem serendah mungkin.” tutup Brembo. Weladalahhh, jebule mumet tenan yo cak……(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

10 COMMENTS

  1. apakah 355mm buat semua sirkuit atau sirkuit tertentu saja
    Kalo Mandalika kayak e trek lurus tidak seekstrim Losail/Red Bull Ring

    • Udah di jelasin trs pabrikan mau pilih lebar berapa molai 320mm 340mm yg terbaru 355mm trs team mau pake yg mana di sesuaikan sama sirkuitnya..kalo di malndalika 320mm aja cukup..lha maksimal spped cuma 300km/jam lain kalo sirkuit yg panjang2 macem losail mugello dll pake 355mm.

  2. klo remnya sepakem itu mah butuh Ban jenis baru lgi dong.. takutnya malah gampang tergerus itu ban klo rem mendadak wkwwk

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama