Iwanbanaran.com – Caakkk… kayaknya bakal makin hott kieee. Karena yang paling baru dan Hot ternyata Honda diam-diam mendaftarkan paten sosok skutik adventure yang sangat mirip dengan ADV350 (tapi isu juga menyeruak sebagai ADV160? Yup, dari gambar yang beredar sepertinya paten baru tersebut mengacu pada skutik adventure berdesain bongsor dengan label Honda ADV. Namun sejauh ini belum diketahui secara pasti mesin apa yang akan dibenamkan Honda pada calon motor terbarunya tersebut. Penasaran kelanjutannya? Simak detilnya di bawah ini…

Dalam list Berita Resmi Desain Industri, Honda telah mendaftarkan paten baru No. 8/DI/2022 dan kabar ini dirilis oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Tentunya cak, paten tersebut didaftarkan oleh Honda Motor Co., LTD dengan empat desainer yang berasal dari Jepang. Paten itu terdaftar dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual sebagai produk transportasi roda dua dan desain paten tersebut juga sudah mulai dilindungi sejak 17 Februari lalu.

Dari segi tampangnya cak, desain paten memang sangat mirip dengan Honda ADV350 yang sudah lebih dulu dirilis untuk market Eropa. Skutik terbaru ini pertama kali dipamerkan pada ajang EICMA Milan 2021 dengan mengusung mesin berkubikasi 330cc. Sebagai informasi cak, Honda ADV350 dibekali dengan mesin 4 stroke SOHC 4 valve eSP berkubikasi 330cc. Untuk spek teknisnya mengusung ukuran bore x stroke di angka 77mm x 70,8mm. Menilik lebih lanjut, mesin yang tertanam pada ADV350 sangat mirip seperti mesin yang diusung Honda Forza 350.

iklan iwb

Kemungkinannya cak, jika dirilis untuk market tanah air kemungkinan besar tidak akan mengusung mesin 330cc dan sepertinya Honda akan lebih percaya dengan membenamkan mesin 250cc. Hal ini juga berkaitan dengan Honda Forza yang dirilis di tanah air dengan mengusung mesin 250cc. Tentunya bukan tanpa sebab cak, jika Honda ADV menggunakan mesin di atas 250cc maka akan dikenakan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) di angka 60%. Akibatnya, banderol motor ini akan merangkak naik dengan pembebanan pajak tersebut. Tapi jangan-jangan itu ADV 160 dengan desain ADV350 ? nggak ada yang tahu. Apapun itu, semua kemungkinan masih bisa terjadi cak dan kita hanya perlu menunggu update berikutnya. Setidaknya hari Senin nanti…Hott kiee (RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

29 COMMENTS

  1. 160 pasti gak mungkin mau diam saat saudara vario dan pcx 160cc. Klo 250cc brarti xmax akan ada temennya.

  2. Silindernya tidur apa berdiri?
    Kalau tidur berarti gerak piston nya maju dan mundur….Mak slog slogg oselog oselog…gitu budhee gitu pakdheee

  3. GG Honda makin mantap aja kalo gini market share bisa tembus 85-90%.smoga adv 250 soalnya Mau minang kalo bnaran adv 250

    • Itu FBY kgk bakal pindah hati.. FBY kan hatinya keras.. motor ampas aja masih setia. mesin dri jaman old vixi kgk ada perubahan cuma upgrade dikit dikit jdi VVA.. kgk pernah ada yamaha ALL NEW ENGINE.

  4. Alhamdulillah 🤲🤲…. akhirnya motor konsep Yamaha EO2 diproduksi massal juga …. welcome Yamaha Neo’s electric….. selamat buat Yamaha…. goodjob’s….. semoga pabrikan Jepang ngikutin…. Yamaha Neo’s…. awak mula motor PLN

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama