iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Balapan pembuka musim 2022 akhirnya berlangsung hari ini di sirkuit Lusail, Qatar. Enea Bastianini selamatkan muka Ducati. Brad Binder Podium kedua dan Pol Espargaro ketiga. Cukup seru cakkk..

Disepanjang akhir pekan, Ducati, Honda dan Suzuki tampil cukup kuat sejak Free Practice 1 hari Jum’at lalu. Konsistensi ketiga pabrikan ini diyakini bisa memutus dominasi Yamaha yang saat ini masih memegang rekor sebagai pabrikan dengan kemenangan terbanyak cakkk.

Meski begitu, pembuktian yang sesungguhnya akan tersaji pada race day kali ini. Selain ketiga pabrikan yang mendominasi disepanjang akhir pekan, Aprilia dan KTM juga akan menjadi kuda hitam di seri pembuka ini kang mass, yupss kedua pabrikan tersebut juga membuktikan bahwa kecepatan mereka mampu mengimbangi Ducati, Honda maupun Suzuki.

iklan iwb

PR berat justru datang dari Yamaha yang hingga sesi Warm Up masih belum menemukan perasaan yang tepat dengan YZR-M1 2022. Namun secara race pace yang telah Fabio Quartararo tunjukkan cukup konstan disepanjang akhir pekan dan sang juara dunia 2021 akan berjuang extra keras untuk mencetak back to back kemenangan di Losail setelah GP Doha musim lalu pakdee.

Wis langsung waee cakkk, Race dimulai pukul 18.00 waktu setempat dan berlangsung selama 22 Laps. Front row ditempati Jorge Martin, Enea Bastianini dan Marc Marquez.

Selepas start, Marc Marquez langsung memimpin diikuti Pol Espargaro. Pol Espargaro langsung ambil alih posisi pertama. Brad Binder ketiga, Enea Bastianini keempat dan Aleix Espargaro melengkapi lima besar.

21 Laps To Go, Marc Marquez rebut posisi pertama dari Pol Ditikungan pertama. Namun langsung dibalas dengan Pol jelang tikungan kedua. Pol masih memimpin dan Brad Binder mengancam posisi dua milik Marc Marquez. Joan Mir naik keposisi empat dan Enea Bastianini turun keposisi lima cakkk.

20 Laps To Go, Enea Bastianini cetak fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 54.953 Detik dan ia mengancam posisi empat dari Joan Mir. Tiga besar masih ditempati Pol Espargaro, Marc Marquez dan Brad Binder. Sementara itu Fabio Quartararo berada diposisi ke delapan.

19 Laps To Go, Alex Rins cetak fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 54.610 detik. Dan doi berhasil mengovertake Fabio Quartararo untuk posisi kedelapan. Lima besar belum juga ada perubahan, grup pertama cukup rapat dengan 7 pembalap kang mas.

18 Laps To Go, Francesco Bagnaia berjuang cukup keras untuk merengsek kedepan dan kini ia berada di posisi sepuluh, mengancam posisi Fabio Quartararo. Lima besar juga belum ada perubahan hingga sejauh ini.

17 Laps To Go, Marc Marquez melebar dan Brad Binder naik ke posisi dua. Sementara itu Enea Bastianini naik keposisi empat melibas Joan Mir pasca percobaan pertamanya gagal di straight line jelang tikungan pertama. Kini doi mengincar posisi tiga dari Marc Marquez cakkk.

16 Laps To Go, Enea Bastianini naik keposisi tiga pasca mengovertake Marc Marquez ditikungan pertama. Pol Espargaro masih belum tergeser dari posisi pertama dan ia memiliki gap 0.4 detik dari Brad Binder. Aleix Espargaro rebut posisi lima dari Joan Mir di tikungan terakhir.

14 Laps To Go, Jack Miller Retired karena Ada masalah dengan Motornya dan lap sebelumnya Rookie Marco Bezzecchi juga dlosor cakkk. Lima besar ditempati Pol Espargaro, Brad Binder, Enea Bastianini, Marc Marquez dan Aleix Espargaro.

13 Laps To Go, Aleix Espargaro cetak fastest lap dengan catatan waktu 1 Menit 54.465 detik. Disisi lain Alex Marquez dlosor ditikungan pertama. Sementara itu, Marc Marquez mulai menekan Enea Bastianini cakkk. Tidak lama kemudian Miguel Oliveira dlosor di sector pertama dan ia baik baik saja.

11 Laps To Go, Francesco Bagnaia seret Jorge Martin ditikungan pertama dan keduanya dlosor. Wahhh. Sementara itu Pol Espargaro mulai meninggalkan Brad Binder yang berada diposisi kedua.

10 Laps To Go, perebutan posisi kedua makin menarik cakkk. Brad Binder masih memimpin grup diikuti Enea Bastianini, Marc Marquez dan Aleix Espargaro. Sedangkan Pol Espargaro sudah mencetak gap 1 detik dari Brad Binder.

9 Laps To Go, Enea Bastianini gusur posisi dua dari Brad Binder. Pol Espargaro perlebar gap menjadi 1.4 detik. Sementara Marc Marquez terus menekan Brad Binder untuk merebut posisi ketiga.

7 Laps To Go, Lima besar belum ada perubahan cakkk. Pol Espargaro memimpin dengan gap 1 detik dari Enea Bastianini diikuti Brad Binder, Marc Marquez dan Aleix Espargaro. Aleix Espargaro terus menekan Marc Marquez.

6 Laps To Go, Aleix Espargaro gusur posisi empat dari Marc Marquez. Sementara Enea Bastianini telah memangkas banyak gap dengan Pol Espargaro yang mulai kehabisan ban belakang. Terlihat Pol bolak balik goyang. Yup…konswensi memilih ban depan belakang soft disaat Bastianini Depan Soft belakang Medium. Lap berikutnya Bastianini cetak fastest Lap 1 menit 54.338 detik dan kini battle perebutan posisi pertama dimulai cakkk.

4 Laps To Go, menggunakan slip stream Enea Bastianini mengovertake Pol Espargaro di straight line jelang tikungan pertama. Apesnya Pol Espargaro justru melebar sehingga Brad Binder naik ke posisi dua.

2 Laps To Go, Enea Bastianini kian menjauh. Sementara Brad Binder terus berupaya memangkas gap. Lima besar ditempati Enea Bastianini, Brad Binder, Pol Espargaro, Aleix Espargaro dan Marc Marquez.

Last Lap, nampaknya lima besar akan bertahan hingga finish cakkk..karena gap sudah cukup antar permbalap.

Bendera finish berkibar, Enea Bastianini sukses memetik kemenangan perdananya dikelas MotoGP. Brad Binder menyusul diposisi dua dan Pol Espargaro melengkapi podium tiga. Aleix Espargaro dan Marc Marquez menutup lima besar pada balapan pembuka 2022 cak. Sementara kekecewaan terlihat dari muka Fabio Quartararo yang kudu melorot diposisi ke 9 pasca disalip Zarco saat masuk garis finish. Disisi lain Aprilia menorehkan record finish terdekat dari top rider dengan jarak 2,2 detik serta Bastianini menorehkan kemenangan pertama diatas mesin Motogp. Luar biasaa…(CB iwb)

QATAR MOTOGP, LUSAIL – RACE RESULTS

1 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)
2 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
3 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
4 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP)
5 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
6 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
7 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
8 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22)
9 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
10 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
11 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
12 Maverick Vi?ales SPA Aprilia Factory (RS-GP)
13 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
14 Andrea Dovizioso ITA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)
15 Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)
16 Darryn Binder RSA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)
17 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)
18 Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)
Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)
Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)
Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)
Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)

64 COMMENTS

  1. Di warung wak haji.. Ada yg mau coba2 bully marc, tp lupa zembahannya sendiri di urutan berapa ?

        • Jangan Menggerutu ?
          Marc udah gak perlu ngotot , 3 4 jurdun lagi cukuplah 10 tahun kedepan jelang Pensiun .
          sukur2 dapet 7 ?

      • Wkwkwkwk.. Pensiun?
        Semoga jantung hater Marc tetap sehat, krn Honda nampaknya jadikan ban soft sbg bahan riset di seri awal musim 2022.
        Marc pake depan bekas coyy..
        Bisa bertahan dipake tanpa crash smpai akhir. Itu artinya? Next.. RCV siap tempur pake medium ?

        • 1 lagi.. Qatar notabene bukanlah sirkuit Hnd. Tp sebaliknya.. Sirkuit kesayangan si biru.. Yg malah gagal saling lemotnya ?

    • Gak juga , apalagi buat pole dah seneng tuh dia
      . Kita kasih selamat buat Hnd yang mampu mengisi Podium 3 ????

        • Pencapaian maksimal krn percobaan ban soft…
          Yg jelas di sirkuit dgn straight lbh panjang, ada motor lemot yg bakal lbh menderita ???

  2. Abis liat artikel wak haji , sudah nebak warung ini bakal bikin judul apaan ternyata ga meleset?
    Tahun ini Ducati aja juaranya

  3. Era kejayaan Marquest sdh pudar, honda bakal suram kedepannya. Karena hanya markuest yg mampu membuat honda kelihatan lebih baik.. yamaha akan begitu2 saja, pembalapnya banyak ngeluh. Ducati walaupun spesialis runner up, kelihatan konsisten. Tp ya tetap konsisten juara 2 kejuaraan..

  4. Bastianini juara karena balapan malem pake Antangin Cak, jgn lupa nonton nya di Foxsport, Beinsport, jgn lokal Cak…hehehe…

  5. Fans Boy di Indo ni cuma 2 , FBh dan Fby …diluar itu fb penggembira.
    .. apalagi mencoba nasib sanjung2 Ducati halahhh…..
    3 motor Hnd 10 besar
    ???

  6. Marc di race awal ini sebenarnya udah nebar ancaman..
    “Nih, gue pake ban bekas aja, soft pula.. Gue dan motor bisa bertahan sampai finish”
    Itu pasti udah lumayan bikin lawannya geleng2 ?

    • Ban bekas yg gimana ni? Yg ada komen mu yg diketawain marc,sehebat hebat y marc gk mungkin dia mau pake ban bekas yg sudah menurun grip nya. ?

      • Sehebat-hebatnya Marc? Tolol bangetlah kl seperti itu, karena jelas itu berdasarkan rekomendasi tim-nya untuk membuat benchmark. Ente cuma komen gitu sekedar nafsu buat nge-bully tp justru menampakkan kedunguan ?

        • Wkwk malah ngegas nampak x oo n, ban bekas maksud disana artinya ban yg udah dipanaskan sekitar 1 lap,bukan ban yg udh ancur lantas apa yg kau bamggakan marc pakai ban bekas ??

  7. Selama Marc masih anteng diatas motornya , yakin….Peluang Juara Dunia dekat dari genggamannya ??

    • Seperti itulah memang harapan bhenyek. Makanya kl ada Hnd lain yg podium, marc-lah jd sasarannya…
      Tp lupa zhembahan sendiri keok di barisan belakang ?

  8. Di warung wak haji ada yg ketahuan serang Marc yg katanya disalip aprilia, padahal duo honda keausan ban soft. Lalu nyerang sijuki disalip duketi..
    Sungguh ketek duketi dan aprilia begitu harum demi kaburkan ke_ampas_an biru gelap lemotttt ???

  9. Sirkuit yg notabe nya kesayangan yahaha dan top speed yg punya ducati….tp honda bisa 5 besar di sini ya jelas kemajuan yg luar biasa…dan yahaha harus mengakui yg bsa naklukin ni sirkuit ya mv 12 ama jorge yg d buang dgn percuma wkwkwkwk

  10. Race seru sayang ya runner up musim lalu dlosor dan juara musim lalu hanya finish 9 disalip zarco digaris finish lagi. Pole jg kehilangan podium 1 last lap ,begitulah balapan harus ada yang menang dan yang kalah.

  11. Wah Serasa indonesia juara ..
    Helm KYT
    DiWearpack dan windshield Antangin
    Diwinglet wonderful Indonesia dan federal oil
    Difairing Aspira..

Comments are closed.