Iwanbanaran.com – Cakkkk…Hari kedua putaran pembuka MotoGP Lusail, Qatar berakhir. Ducati Sabet Pole dan tempati start 1-2. Marc ketiga….sedang sang juara dunia harus start dari posisi 11. Waahh….

Di sepanjang Free Practice 1 hingga Free Practice 3, KTM, Suzuki dan Ducati bergantian memimpin tiap sesi. Dalam kombinasi, Suzuki tampil tercepat dengan Alex Rins. Honda mewakilkan pembalapnya sebagai yang tercepat kedua lewat Marc Marquez dan Joan Mir melengkapi tiga besar.

Progress Suzuki benar benar mengesankan selama tiga sesi sejak hari pertama cakk, konsitensi mereka akan membuat para rival harus mewaspadainya pada Race day besok. Sementara Honda juga terus menunjukkan peningkatannya dengan kehadiran dua pembalap Repsol Honda dalam enam besar tentunya akan membuat ancaman tersendiri bagi Suzuki.

iklan iwb

Selain itu, Ducati masih berjuang untuk beradaptasi dengan paket yang berbeda kang mas. Namun bukan tidak mungkin mereka akan memberikan kejutan layaknya musim lalu. Sedangkan Yamaha, Aprilia dan KTM juga masih belum menemukan set up serta feeling yang tepat untuk melaju kedepan.

Wiss lanjut wae cakkk..sebelum babak Qualifying. Pembalap akan dihadapkan dengan Free Practice 4 yang dimulai pukul 17.20 hingga 17.50 waktu setempat.

Sepuluh menit pertama, Marc Marquez memimpin sesi sementara dengan catatan waktu 1 menit 54.841 detik diikuti Fabio Quartararo, Jorge Martin, Johann Zarco dan Takaaki Nakagami. Selang beberapa saat Brad Binder ambil alih posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 54.818 detik.

Delapan belas menit waktu tersisa, giliran Pol Espargaro merebut posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 54.810 detik diikuti Brad Binder, Marc Marquez, Miguel Oliveira dan Enea Bastianini. Sejauh ini catatan waktu masih belum bisa menandingi Alex Rins yang tercepat dalam kombinasi.

Sepuluh menit waktu tersisa, Lima Besar ditempati Pol Espargaro, Brad Binder, Marc Marquez, Miguel Oliveira dan Jorge Martin. Tidak lama kemudian Johann Zarco naik keposisi lima menggeser rekan satu timnya cakk. Beberapa saat kemudian Aleix Espargaro naik keposisi tiga.

Lima menit waktu tersisa, lima besar ditempati Pol Espargaro, Brad Binder, Aleix Espargaro, Miguel Oliveira dan Francesco Bagnaia. Selang sesaat, Aleix Espargaro naik keposisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 54.808 detik. Satu lap kemudian Fabio Quartararo naik keposisi dua.

Satu menit terakhir, Takaaki Nakagami ambil alih posisi pertama dengan catatan waktu 1 Menit 54.716 detik dan tidak berlangsung lama langsung direbut Johann Zarco dengan catatan waktu 1 menit 54.622 detik. Time attack terus berlanjut..

Hingga finish, Johann Zarco (Pramac Racing) keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 54.420 detik

Posisi dua ditempati Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) dengan catatan waktu 1 menit 54.716 detik

Posisi tiga ditempati Aleix Espargaro (Aprilia Racing) dengan catatan waktu 1 menit 54.808 detik

Posisi empat ditempati Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dengan catatan waktu 1 menit 54.809 detik

Melengkapi lima besar adalah Pol Espargaro (Repsol Honda Team) dengan catatan waktu 1 menit 54.810 detik

Kemudian, sesi berlanjut menuju Qualifying 1 dimana 14 pembalap akan memperebutkan dua tiket untuk melaju ke Qualifying 2. Termasuk Fabio Quartarao cakkk. Sesi dimulai pukul 18.00 hingga 18.15 waktu setempat…

Setelah flying lap, Miguel Oliveira langsung memimpin dengan catatan waktu 1 menit 54.073 detik. Disusul Maverick Vinales, Takaaki Nakagami, Fabio Di Giannantonio dan Remy Gardner. Selang satu lap Johann Zarco naik keposisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 53.780 detik. Dan tidak lama kemudian Fabio Quartararo rebut posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 53.654 detik Pakdee..

Tujuh menit waktu tersisa, lima besar ditempati Fabio Quartararo, Brad Binder, Johann Zarco, Marco Bezzecchi dan Takaaki Nakagami. Kemudian seluruh pembalap bergegas ke pit untuk mengganti ban baru untuk persiapan time attack di menit menit akhir cakkk..

Tiga menit waktu tersisa, para pembalap sudah kembali ke trek dan siap melancarkan time attack untuk perebutan dua tiket Qualifying 2. Satu menit waktu tersisa, Johann Zarco ambil alih posisi pertama Dengan catatan waktu 1 menit 53.425 detik. Namun dibatalkan karena mencatatkan waktu saat bendera kuning. Time attack terus berlanjut…

Hingga finish, Brad Binder keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 53.512 detik dan Fabio Quartararo kedua dengan catatan waktu 1 menit 53.654 detik. Mereka berdua akan melanjutkan perjuangannya ke Qualifying 2 sesaat lagi cakkk.

Sesi terakhir hari ini akhirnya tiba, sebanyak 12 pembalap akan berusaha keras memperebutkan pole position di depan publik Doha cakkk. Sesi dimulai pukul 18.25 hingga 18.40 waktu setempat…

Setelah flying lap, Marc Marquez langsung memimpin dengan catatan waktu 1 menit 54.566 detik diikuti Jack Miller, Aleix Espargaro, Pol Espargaro dan Joan Mir. Selang sesaat Enea Bastianini naik keposisi lima. Satu lap kemudian Aleix Espargaro naik ke posisi dua.

Delapan menit waktu tersisa, Jack Miller rebut posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 53.411 detik. Pol Espargaro naik ke posisi dua diikuti Jorge Martin, Marc Marquez dan Enea Bastianini. Kemudian para pembalap masuk ke pit untuk mengganti ban soft agar maksimal saat time attack cakk.

Lima menit waktu tersisa, para pembalap telah kembali ke trek. Dua menit kemudian Marc Marquez ambil alih posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 53.283 detik. Francesco Bagnaia naik ke posisi dua dan Miller melengkapi tiga besar.

Satu menit terakhir, Jorge Martin naik ke posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 53.011 detik. Marc Marquez, Jack Miller, Brad Binder dan Francesco Bagnaia melengkapi lima besar. Time attack terus berlanjut cakkk.

Hingga finish, Jorge Martin (Pramac Racing) keluar sebagai pole position dengan catatan waktu 1 menit 53.011 detik.

Posisi kedua ditempati Enea Bastianini (Gresini Racing) dengan catatan waktu 1 menit 53.158 detik

Posisi ketiga ditempati Marc Marquez (Repsol Honda Team) dengan catatan waktu 1 menit 53.283 detik

Posisi keempat ditempati Jack Miller (Ducati Lenovo Team) dengan catatan waktu 1 menit 53.298 detik

Melengkapi lima besar adalah Aleix Espargaro (Aprilia Racing) dengan catatan waktu 1 menit 53.319 detik….(CB iwb)

QATAR MOTOGP, LUSAIL – FULL QUALIFYING RESULTS

1 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)
2 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)
3 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
4 Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)
5 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP)
6 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
7 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
8 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
9 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)
10 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
11 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
12 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
13 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22)
14 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
15 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)
16 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
17 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
18 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
19 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP)
20 Andrea Dovizioso ITA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)
21 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)
22 Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)
23 Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)
24 Darryn Binder RSA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)
* Rookie
Fastest Practice time:
Alex Rins SPA Suzuki 1m 53.432s

Official Qatar MotoGP records:
Best lap:
Francesco Bagnaia ITA Ducati 1m 52.772s (2021)
Fastest race lap:
Francesco Bagnaia ITA Ducati 1m 54.491s (2021)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

24 COMMENTS

  1. Kalo yamaha mah gak akan towing,
    soalnya EMANG GAK BISA NGEJAR SIAPA2.
    quatrok mau slipstreaming ke si tua bangka ajah. Towing mobil balap turing aja, kan emang skillnya si embah ya cuman turing

    • Lah itu crancase nmax yg jebol dan stasioner ngorox yg ngadat gimana? Gak diurusin tah??? 🤣🤣🤣

  2. Yg lain straight 350km ke atas, yamaha punya fabio mentok 339km… wkwk.. ikut balapan ato gak sih?

  3. Itu fabio sengaja aja start dari belakang, liat aja besok pas balapan benernya sesuai slogan di motornya “yamaha semakin didepan”, tp yg lain udh kabur jauh duluan….🤣

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama