Iwanbanaran.com – Cakkkk….luar biasa memang hasil kreativitas anak bangsa. Ketika mereka memandang daya Gempur model yang dirilis oleh pabrikan dirasa kurang menggigit, lahirlah coret-coretan sketsa yang khusus dibuat buat mereka. Yup….cak Wahyu khusus mempersembahkan sketsa yang diberi label sebagai Yamaha Mio R setelah sebelumnya sukses meracik Nex-G. Skutik yang menggunakan bahasa desain lebih agresif yang serba meruncing dan garang. Dan inilah hasil karya anak bangsa buat Yamaha Indonesia….

Yamaha adalah pabrikan yang luar biasa jika kita membuka lembaran lama di tahun 2000an. Bahkan Yamaha menjadi pendobrak market untuk segmen skutik diawali dengan lahirnya Mio. Motor ini booming dan tak terbendung. Bahkan diawal peluncuran Vario, Honda tidak mampu berbuat banyak sebelum akhirnya mereka merilis skutik versi compact Beat. Cepatnya RND AHM, yang kemudian direspon cukup lambat oleh Yamaha membuat Honda mampu menggempur dominasi Yamaha…

Walau YIMM meluncurkan Mio Injeksi dengan label Mio J tidak membuat kondisi Mio membaik. RND pabrikan garputala juga mencari jalan lain dengan berbagai cara. Bahkan mereka sampai menaikkan kubikasi mesin menjadi 125cc untuk menarik potensial buyer…hasilnya ? bergeming. Pasar seperti tidak tertarik. Dan puncaknya mereka merilis Mio S, dengan konsep desain yang makin membulat. Efeknya ? entry level skutik Yamaha makin terpuruk. Kenapa gerangan ?

iklan iwb

Banyak yang percaya karena faktor desain. Itu pula yang membuat cak Wahyu tergerak ingin urun rembug. Doi rela membuat sketsa untuk Yamaha Indonesia. Sketsa ini merupakan hasil Coretan pribadi hasil Imajinasi bagaimana seharusnya meracik Yamaha Mio yang diberi label sebagai Mio R. Berikut surel lengkap cak Wahyu ke IWB….

Assalamualaikum cak iwb semoga sekeluarga sehat selalu, saya kemarin liat ada artikel sketsa suzuki dan saya jadi iri cak, pengin gambar juga buat YIMM khususnya , (hehe) . Karena blog cak iwb adalah rujukan bagi semua kalangan di dunia permotoran dan termasuk juga para petinggi pabrikan di tanah air. Semoga saja di baca petinggi yamaha khususnya,

Sebelumnya mohon maaf karena gambarnya mungkin tidak sebagus mas mas yang kemarin gambar suzuki nex.

Ok, lanjut cak (hihi).. Kalo diperhatikan model model yamaha mio makin kesini semakin kehilangan jati diri yamaha, malah boleh dibilang bahasa designnya cenderung meniru honda beat dan itu malah terkesan maksa.

Langsung ke intinya cak

Motor ini saya berinama :
“Yamaha Mio R” , dengan design yang terinspirasi yamaha R series dan headlamp terinspirasi mt series. Alangkah baiknya kalo di jejalin mesin hibrid juga seperti yamaha fazio.

Mungkin seperti itu saja cak iwb, mohon maaf bahasanya pating pecotot cak maklum lulusan smk. (Hehee)

Salam dari kebumen cak terimakasih assalamualaikum wr.wb

Juozz gandozz tenan, tetap hebat karena hanya menggunakan coretan pensil lho cak. Btw…cak Wahyu memastikan desain Mio R ini memang dibuat agresif. Yang menarik diintip dari samping lubang ram air jadi mirip ala-ala R7 serta R15. Mantepp juga cal. Tapi memang ketika diintip dari rada depan masih rada kaku. Sing juozzz samping cakkk…maknyuzzz..

Last…sketsa ini sebagai tanda betapa berharapnya para bikers tanah air agar Mio bisa bangkit. Mengingat cemerlangnya maxy Yamaha tidak berbanding lurus dengan entry level skutik yang saat ini masih sangat sulit. Untunglah ada Gear cak…jadi bisa mengobati kondisi entry level Mio S yang susah melawan Beat. So…Sketsa Yamaha “Mio R” ? piyee cak…apik ora menurut sampeyan ? (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

51 COMMENTS

      • Menguat..!!! Sinyalemen Indonesia membangun mesin motor produk massal dengan merk dagang sendiri “karya anak bangsa”.
        Untuk fullfill mayoritas kebutuhan kendaraan roda dua segala lapisan masyarakat.
        Produk yang mengutamakan performa mumpuni, ketangguhan dan keawetan, hemat konsumsi BBM serta perawatan.
        Tapi insinyur nya dari Jepang dan Korea.
        Putera putera terbaik bangsa Indonesia menjadi ujung tombak di sektor pemasaran, yaitu sa less

    • Yahampass itu bukan karena disain
      ..
      Tapi karena bobrok dan kopong Cak
      Mueeeehehehehehee 😂

    • keren tu subyektif cak, ttp banyak juga yg bilang nggilani. apalagi kalo udah dikasih logo garpu 😆

  1. Bangsa kacung.
    Mantan anak buah pemimpin kacunk yang mempersiapkan karpet merah…. “selamat datang Obama, kita rayakan Nopember yang indah di mesjid is tik klalll……..”

  2. Kebalik Lik wb, Mio j udah ada duluan dibanding beat injeksi. Saya jual beat 2008 juga karena pingin ngrasain injeksi pertama di matik murah Mio j.

    • Betul, dan artikel diatas kebalik, bahwa model sport sdh duluan Yamaha buat, dari mulai F1ZR, terus mio 2004, mio 2007 sporty yang ramping dan futuristik, mio j juga yang nungging begitu terus ditiru oleh beat, karena line up vario gagal di 2005-2006 yang nyelonong engine break nya, serta nmax ditiru pcx yang seperti bajay, dan sekarang aerox ditiru lagi sama vario 160

      • Atas ane sdh sotoy.. Belagu dan dongok pula. Haahhaaa..
        Fizr Sport duluan.. Wkwkwkwk..
        Dimana-mana reputasi yahame bkin sport itu hanya modal BBM boros. Itupun msh kalah sm sijuki. Jaman balapan di thailand tdk ada org tau sport bebek yahame diunggulkan kcuali sonic sama raider. Mio disini bukan pelopor, tp kymko. Dimana-mana bhenyek belagu amat ngomong zembahannya layak ditiru.. Bangga soal model nungging aja pake niru mio. Wkwkwk..
        Yg ada tuh yahame pd niru smua fitur beat.. Parking brake lock, Side stand switch, sampai idling stop system.
        Banyak baca dulu coy, biar ente tau kl vixion pun niru bokong honda cb hornet 😆

  3. secara tidak sadar sang pelukis pun bikin sketsa yang katanya buat yahama tapi tangan beliau menggambar garis2 tegas dari motor honda!kenapa bisa bgitu…secara alam bawah sadar karena kita setia hari di jalan melihat Vario dan Beat di jalan, dan itu secara tidak sadar ketika kita diminta buat sketsa motor idaman yg terlukis di kanvas atw kertas garis besarnya dari kedua motor tersebut!

    • InterVensi Hnd dalam berimajinasi sangat berpengaruh Cak.karena tiap rumah…tiap gang…tiap jalan…tiap provinsi…tiap negara … Hnd seliweran 😂

  4. Selain design, Yamaha jg kalah oleh Honda di sisi performanya, lihat Beat, semua keunggulan ada di motor itu….

  5. Sudah lumayan bagus lah untuk sketsa dari pemula. Toh, buktinya desainer yg udh lama di pabrikan pun ttp aja desainnya g sesuai dengan selera orang RI.

    • Wakakakakkkk…pengen nulis ternyata DAH ADA YG NULIS..🤣🤣🤣
      BENYEK fekok nya mmg SELANGUT, xixixixi…

  6. Bikin mioE buat solusi nya Cak…
    FazzioE….
    AeroxE….
    NmaxE…..
    …dll…. Pokoke musti ….Electric cak full….
    Jgn telat yoo…

    • Yg bikin Yamaha terpuruk bukan modelnya, tapi minum bbm nya yg keterlaluan, sy beli 2 motor berbarengan 1 Mio S dan 1 Honda Vario 110, minum bbm nya jauh… yg satu 35km/ltr satunya bisa 55km/ltr

  7. tak kritik sketsane,
    kenapa sih selalu memaksakan RAM AIR di depan di skutik ?
    kalo maksudnya mau bikin winglet, ya jangan desain macam ram air.
    lagian ram air di depan atau winglet itu hanya akan dianggep gimic pada sebuah skuter.
    semua orang tahu letak mesin matic itu dimana.
    mending muka nya diisi layout headlamp atau windshield yang rupawan.

    untuk matic, trend headlamp di setang lagi ditinggalkan. nunggu tend itu dateng lagi. headlamp adalah materi yang harus di-highlight di muka depan, di bawah setang. ruang setang lebih dimaksimalkan untuk speedometer. palagi kalo digital, maka speedometer jadi lebih kecil dan batok setang makin kecil. headlamp di setang bikin batok penutupnya jadi besar, jadi kayak bebek tahun 90an

  8. Mio Sporty kalo mau laku tu ambil basis desain Cygnus X.

    Mio Soulnya pake desain Cygnus Griphus 125.

    Baru Yamaha niat jualan motor. Kalau pake selain itu Yamaha gk niat jualan.

  9. Bbrp keunggulan beat adlh getaran dan shock belakang yg empuk. Klo shok dpn empuk mio M3. Bikin empuk aja shok belakangnya, design dan mesin ngikutlah…
    Shok di empukke 30-40%…
    Lha keras.
    Itu aja tambahan saran mnrt sy

  10. Itu mah beat lawas diruncingi ekornya, mna kepalanya kya walangkadung lg. Yamaha dripda bkin mongtor kek gambar diatas mending bikin Nmax-Lite. Yaitu motor basic mesin fazio dgn body nmax yg dibikin mungil seukuran mio lawas,, buat cwe2 skolah pasti unyu2

  11. MENUNGGU YAMAHA INDONESIA BISA BIKIN MOTOR YANG BENER2 FUNGSIONAL, PRAKTIS & IRIT BAHAN BAKAR. JANGAN CUMA TENAGA AJA YG DIKEJER.

  12. BIASAAA AJAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

  13. Lelucon apa lg yg kau buat ….ferguso!!! 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama