Iwanbanaran.com – Caakkk… Seperti yang kita ketahui, Yamaha telah mencangkokkan teknologi hybrid pada skutik terbarunya Yamaha Fazzio 2022. Dengan begitu, pabrikan garputala sepertinya tertarik untuk membenamkan teknologi ini pada sepeda motor Yamaha lainnya cak. Yup, baru-baru ini Yamaha terus telah mendaftarkan paten baru yang terkait dengan teknologi hybrid dan teknologi ini sepertinya akan menjadi senjata baru bagi Yamaha untuk bersaing melawan kompetitor terdekatnya cak. Apakah motornya ? simak detilnya dibawah ini…

Kabar Yamaha mendaftarkan paten baru berteknologi hybrid memang telah beredar di internet cak. Bahkan menurut media asing, Visordown menyebutkan bahwa teknologi ini akan dicangkokkan pada Yamaha TMax dan jika berdasarkan desainnya maka kemungkinan besar juga akan diadopsikan pada Yamaha NMax. Media asing tersebut juga mengungkapkan terdapat dua paten lagi yang didaftarkan Yamaha di antaranya komponen yang berkaitan dengan crankshaft dan sistem transmisi. Dikabarkan kedua paten tersebut memang berkaitan dengan sistem hybrid mengingat keduanya harus menggunakan sumber tenaga dari baterai.

Meski informasi belum tergali lebih dalam, namun desain kotak pada bagasi jok motor kemungkinan besar merupakan tempat bersemayamnya paket baterai. Tentunya sistem penyimpanan baterai ini juga akan diterapkan pada Nmax dan PCX jika Yamaha benar-benar mengadopsikannya. Maka dari itu, sistem hybrid Yamaha ini bisa dibilang mirip dengan teknologi hybrid yang dicangkokkan Honda pada PCX e:HEV dan PCX Hybrid. Jika memang demikian cak, maka paten hybrid terbaru ini akan berbeda dengan teknologi yang diterapkan pada Yamaha Fazzio versi 2022. Pasalnya, hybrid yang tertanam pada Fazzio termasuk mild hybrid mengingat skutik ini tidak dibekali baterai khusus.

iklan iwb

Yamaha Fazzio 2022 hanya mengandalkan baterai dari aki standar YTZ6V, yang di mana aki ini akan memberikan daya untuk SMG (smart motor generator) yang beralih fungsi menjadi Electric Power Assist Start. Sistem ini beroperasi melalui Starter Generator Control Unit (SGCU). Dengan bantuan dari generator listrik, motor ini mampu ngegas dari posisi diam hingga jalan dalam 3 detik saja. Dengan paten hybrid terbaru, bisa saja Yamaha ingin bersaing lebih jauh dengan Honda mengingat Vario160 dan PCX160 memiliki performa di atas Yamaha Nmax maupun Aerox. So….besar kemungkinan arahnya kesana semua cak. Asli bakal seruuu kiee, so kita tunggu saja….(RA iwb)

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

51 COMMENTS

  1. Campain blue coro lebih irit hasilnya? Tetep ngonda yang lebih irit.
    Campain ppa lebih kuenceng hasilnya?
    Dituampol ngonda lagi Yang tanpa embel2 ppa.
    Sekarang ngibriyt 90km/liter hasilnya?
    Wkwk

  2. akhirnya nyontek e’HEV juga. pake batre apa ya kira”? 60V ato 5V? trus apa berani mencantumkan power yg di hasilkan dari SMGnya?

    • Pcx jelas batere 50v nambah torsi 3nm power 1,5hp
      Paijo batere12v nambah torsi ??? Power ??? Cuma kibul2
      Beat jg bisa sambil digas pencet stater….sama aja toh batere 12v

      • Nyatanya PCX e hv , belum pernah liat di jalan, bahkan di dealer aja jarang banget .
        Itu gimmic yg nyata

        Wkkkk wkkk

      • @Somplak maning
        sesuai namanya. wkwk
        beat yang mana cong? beat starte kasar begitu mesin nyala, arus ke dinamo diputus,

        beat starter halus, begitu mesin nyala, alternator juga diputus ecu, alih fungsi jadi geneator/pembangkit listrik, somplak emang, ngahaha

    • Maksudnya , itu sangat sederhana Cak …gampang dibikin . Tapi daya battre segitu gak ada ngaruh , terbukti di Paijo Panjul

      Mueeeehehehehehee 😂

    • Kalau masih dibawah 100 ribu jualan Yahampasss perbulan , Sultan Hnd belum mau bikin tandingan Cak masih Sak Icrit
      😂

    • Emang yang ngekor dengan Ngybrid Pahe laku ? Padahal murah lowh harganya …lirix fiLano ( Fino bonus LA ditengah )
      😂

      • Itu paijo kepala kura2 aja sdh berapa pekan launching msh belum kelihatan di jalan. Malah lbh sering lihat parioh160 yg belakangan launching.
        Padahal konon si kepala kura2 udah laku ribuan unit.
        Laku di zimbabwe kaliii 🤣🤣🤣

        • Follower sejati yg sok smart pake paten.
          Dan fensboy phekoknya selalu aja andelin desain zembahannya ditiru. Dimana-mana hanya ngandelin casing plastik.
          Pantes makin phekok biarpun dihadiahi mesin ngebul 🤣🤣🤣

  3. Saran buat Yamaha Cak, sekalian saja full listrik Cak, buat semua motor listrik, alias motor matik listrik semua… Sumber daya Yamaha buat motor/mobil listrik semua…. Berani gak….? Bahkan Honda pun belom berani…

    • Ngybrid itu transisi ke listrik cak , jadi kalau mau dibikin 1 – 2 tahun kedepan udah percuma.
      Apalagi cuman ngekor , Sultan bikin udah duluan yang pastinya sudah siapkan konsep buat masa depan dengan Hev nya
      Mueeeehehehehehee 😂

    • Itulah kenapa Yamaha harus berani bikin mioE, fazzioE, aeroxE, nmaxE, xmaxE, dll…
      Gausah hybrid lsg aja melompat kedepan, biar Semakin Di Depan…. Sok atuh…

  4. Moga2 Yahampass memang nambah versi ngibryd2nya , biar makin mumet jualannya cak 😂

    Jangan sampe Paten Ngybrid nya mendem diGudang Paten…kek Paten Qbix yang sudah didaftarkan sedari 2017…yang nongol malah siPaijo Panjul ngybrit paket hemat 😂

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama