Iwanbanaran.com – Caakkk… Regulasi terbaru mengenai red flag alias bendera merah pada ajang balap MotoGP baru saja diperbarui. Para komisi Grand Prix yang terdiri dari Dorna Sports, Federasi Motorsport International (FIM), International Road Racing Team Association (IRTA), dan Motor Sport Manufacturer Assosciation (MSMA), berupaya sebaik mungkin merevisi peraturan tersebut agar nantinya race dapat berjalan dengan adil dan kompetitif…

Biasanya cak, pemenang dalam race ditentukan oleh red flag berkibar sebanyak dua kali karena menandakan bahwa balapan tidak bisa dilanjutkan entah itu disebabkan oleh cuaca buruk atau kecelakaan parah. Sedangkan untuk red flag pertama mengartikan bahwa balapan dapat dianjurkan dengan catatan kondisi trek sudah clear alias aman. Namun peraturan terbaru ini tertuju pada penentuan juara ketika red flag sudah dua kali dikibarkan. Hingga MotoGP 2021, rider yang menjuarai race karena red flag ditentukan dari putaran lap yang diselesaikan oleh seluruh rider.

Misalnya cak, red flag berkibar di lap 18, maka posisi akhir rider bisa saja diputuskan ketika seluruh rider berhasil melewati garis finish pada saat memasuki lap 16. Sedangkan lap 18 dan 17 tidak dihitung karena sebagian pembalap masih berada di lap tersebut. Sedangkan pada regulasi terbaru aturannya berubah cak, para rider yang berada di posisi yang sama dengan pemimpin balapan akan di klasifikasikan sesuai urutan. Sedangkan rider yang tidak satu lap dengan pemimpin race, maka hasil akhirnya ditentukan berdasarkan ketika mereka melintasi garis finish pada lap sebelumnya…

iklan iwb

“Sebelumnya, jika balapan ditandai dengan red flag dan hasil akhir diumumkan, hasilnya diambil dari putaran di mana semua pembalap terakhir kali melewati garis finis. Hasil balapan bendera merah sekarang akan diambil dari terakhir kali pemimpin balapan melewati garis finis sebelum bendera merah dikibarkan, akan diklasifikasikan dalam urutan itu sebagai klasifikasi parsial. Untuk setiap pembalap yang tidak melewati garis finis pada putaran yang sama dengan pemimpin race sebelum bendera merah dikibarkan, akan diklasifikasikan berdasarkan di mana mereka melewati garis finis pada putaran sebelumnya. Dua klasifikasi parsial ini akan digabungkan untuk memberikan hasil akhir balapan,” tulis pernyataan komisi Grand Prix….(RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

3 COMMENTS

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama