iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Dua pabrikan raksasa otomotif asal Jepang yakni Toyota dan Yamaha berkolaborasi untuk mengembangkan sebuah mesin V8 yang akan ditenagai menggunakan bahan bakar hidrogen. Mesin tersebut tidak sepenuhnya baru mengingat mereka hanya mengembangkannya dan mesin V8 ini juga telah tersemat pada Lexus RC F?

Yamaha mengklaim bahwa mesin hasil kolaborasinya tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 444 Hp di 6800 Rpm dan torsi maksimal di angka 540 Nm di 3600 Rpm. Jika dibandingkan dengan mesin standarnya pakde, ternyata powernya menurun karena sebelumnya mesin tersebut memiliki output power di angka 472 Hp dan torsi 536 Nm. Namun hal ini dijelaskankan langsung oleh Takeshi Yamada selaku Insinyur Yamaha. Doi menjelaskan jika mesin yang dikembangkannya bersama Toyota melahirkan karakter yang berbeda. Mengingat mesin ini memakai bahan bakar hidrogen, tentunya akan lebih ramah lingkungan meski harus mengorbankan sedikit output power mesin cak?

?Mesin memiliki karakter yang berbeda dengan motor bensin konvensional. Mesin hidrogen memiliki keunggulan ramah lingkungan yang membuatnya mudah digunakan bahkan tanpa menggunakan alat bantu mengemudi elektronik,? ujar Takeshi Yamada selaku Insinyur Yamaha. Sementara itu, Yamaha juga menegaskan bahwa mereka akan menjadi pabrikan yang netral karbon pada tahun 2050 mendatang…

iklan iwb

Selain itu, mobil yang dirilis lima tahun lalu juga akan dikembangakan menjadi mesin dengan bahan bakar hidrogen. Hal ini ditegaskan lansgung oleh Yoshihiro Hidaka selaku Presiden Yamaha Motor, ia memaparkan bahwa? ?Bekerja sama dengan perusahaan dengan budaya perusahaan dan bidang keahlian yang berbeda serta meningkatkan jumlah mitra yang kami miliki adalah cara kami ingin memimpin di masa depan,? ujar Presiden Yamaha Motor, Yoshihiro Hidaka.

Last….dalam hal ini cak, Toyota sebagai pabrikan roda empat juga sangat serius dalam mengembangkan mobil dengan mesin berbahan bakar hidrogen. Keseriusan mereka dibuktikan melalui lahirnya Toyota Corolla dengan mesin bertenaga hidrogen dan mobil ini juga sudah balapan pada ajang Super Taikyu Jepang. Bersamaan dengan itu, Toyota juga memamerkan prototipe GR Yaris dengan teknologi mesin serupa….(RA iwb)

18 COMMENTS

    • Ember cak.. mesin ini teknologi yamama,
      Mesin yg biasa digunakan utk mngusir hama tanaman cengkeh dan rayap alang2.
      Ediaaann Emang cakkk

    • Perbandingan Konsumsi BBM Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy oleh Komp*s
      Fazzio = 44,2 Km/L
      Scoopy = 58,6 Km/L
      Efek Ngibrid cuma nambah 5 Km dari Mio karbu chuakkkzzz ?

      • Yamaha sudah pernah membuat mobil sebelumnya GT2000 dipakai difilm james bond ” you only live twice” 1967. Sama supply engine dilexus LFA, 1LR-GUE V10 4800cc

    • Yamaha gak perlu bikin mobil, karena toyota dan yamaha saling kepemilikan saham, yamaha mengembangkan mesin2 mobil toyota xenia teknologi vvti dual vvti mekanisme kerja mirip VVA di motor yamaha.

      Ford mazda mesinnya juga di kembangkan oleh yamaha.

    • Itu Bahan dasarnya juga dari air, cuman diambil molekul hidrogennya saja. Kalau H?O kan jadinya air… Nah bisa aja yg di ambil cuman molekul hidrogennya buat di jadikan bahan bakar, Oxidanya di buang

    • Hidro = air
      Gen = Sebutan dari Generasi.

      Hidrogen = Generasi air.

      Mesin Hidrogen berarti generasi mesin yang berbahan bakar air.
      Hondo opo iso gawe mesin ngene iki…?
      Muehehehe

      Jiahaha…. Kabuuurrr….

Comments are closed.