Iwanbanaran.com – Cakkkk…. Seperti yang kita semua tahu Mandalika menjadi salah satu sirkuit yang menarik perhatian dunia karena keindahannya. Namun disisi lain Mandalika juga menyisakan PR luar biasa karena setelah melalui serangkaian uji coba pramusim MotoGP, FIM dan Dorna meminta MPGA dan ITDC untuk melakukan pengaspalan ulang mengingat kondisi aspal yang rusak. Kesepakatan menggarisbawahi pengaspalan ulang sebelum tikungan 17 sampai dengan tikungan 15 dengan target harus selesai tujuh hari sebelum race MotoGP bulan depan digelar. Merespon kesepakatan tersebut ternyata berita terbaru menyoroti merapatnya sejumlah alat berat yang sudah mendekati Mandalika, dengan pengaspalan ulang memakai batu lokal. Lhooo kok batu lokal ? apakah aman ?

Seperti dilansir Tribun dikonfirmasikan bahwa alat berat sudah mulai merapat mendekati Mandalika. Alat-alat berat yang digunakan untuk memperbaiki aspal sirkuit Mandalika tersebut didatangkan dari Jawa dan kini sudah tiba di Lombok. Alat tersebut berupa, grup Alat Hampar Pengaspalan dan Alat Pemadatan Aspal Asphalt: Finisher, Tandem Roller, dan alat pendukung pengaspalanan seperti Asphalt Distributor, Power Drum, serta Kompresor dari PT Pembangunan Perumahan (PP)….

“Yang diaspal ulang hanya sebagian. Kurang lebih 15-17,5% dari lintasan, jadi tidak seluruhnya. Semuanya tentu sudah dicek. Yang kami aspal ulang adalah mulai dari Tikungan 16,5 sampai Tikungan 5,5. Jadi, kurang lebih 17,5% dari keseluruhan lintasan yang ada. Ada beberapa metode yang juga kami diskusikan dengan konsultan FIM yang tentunya punya standar kualitas MotoGP. Kami tidak tanggung-tanggung melakukannya. Kami akan melakukan pengupasan lapis aspal teratas, kurang lebih 4 cm. Setelahnya akan kami langsung bersihkan dan kami aspal,” seru Novel dalam jumpa pers virtual ITDC, Rabu (16/2/2022)….

iklan iwb

Jadi dari konfirmasi diatas bisa kita pastikan pengecekan ulang terlebih dahulu mengerok lapisan atas aspal hingga 4 cm. Baru setelah itu diberikan lapisan aspal teratas. Dengan pengalaman MotoGP kemarin dipastikan pengelola dan kontraktor akan memberikan yang terbaik mengingat pengaspalan ulang ini akan berdampak pada hasil di masa depan. Mereka tidak mau kejadian yang sama akan terulang di masa depan. Oleh karena itu pengerjaan harus benar benar serius dan tidak nanggung…

“Sirkuit ini tak hanya digunakan sekali oleh MotoGP, bahkan sepanjang tahun bisa jadi tak hanya dipakai oleh MotoGP. Akan ada WorldSBK dan mungkin ada ajang lain yang bisa memanfaatkan trek ini. Jadi, kami tidak ingin nanggung, dan kami berkomitmen pada kualitas terbaik dan menyelesaikannya secepat mungkin,” tutur Novel. Dari sana bisa dikonfirmasi pula ternyata untuk bahan baku batu mengambil komponen lokal yakni didatangkan langsung dari Palu….

” Material batu pecah dari Palu, sudah disetujui oleh FIM. Semua material diterima oleh FIM, yang berarti sesuai standar yang ada. Kami takkan mengubah-ubah atau mengganti spesifikasi….” serunya. Yup…. Pengerjaan sudah dimulai dan targetnya serah terima akan dilakukan pada 10 Maret 2022. ” Sesuai dengan komitmen PP untuk mulai memperbaiki Pertamina Mandalika International Street Circuit mulai 20 Februari 2022 dengan target selesai serah terima kepada MGPA selaku promotor Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2022 pada tanggal 10 Maret 2022,” seru rilis MGPA pada Jumat (18/2/2022)….

Last….. Proyek pengaspalan ini tidak main-main karena MGPA dipastikan bakal mengawasi langsung proses pengerjaan. Karena waktu yang diberikan memang tidak banyak yakni sekitar empat minggu.  “MGPA sudah turut serta dalam WAG yang berisikan berbagai unsur dari PP, ITDC, Konsultan serta diikuti FIM, IMI, dan Dorna yang akan turut serta memastikan kualitas bahan baku, pengaspalan, dan melihat jalannya proses pekerjaan dari waktu ke waktu, serta untuk memastika hasil pengaspalan yang baik,” tutup Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria. Semoga lancar jaya cak….gazzz !! (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

19 COMMENTS

  1. Batu dari letusan gunung bejibun di indo Cak , terbaik didunia.
    Cuman hati2 , dijalanan tar di sekop oleh Fby2 yang menjelma jadi Bajing Loncat 😂

  2. Pie iki cak, beat tertawa melihat mandalika 😂
    Salah sendiri bikin judul aritikel kok kaya bgitu jadi langsung viral deh 😂

    • bedakan aspal sama batu.. Aspalnya memang terbaik. tp batu adalah masalah yang terjadi saat ini. jd kgk ada yg salah jika d bilang aspal terbaik ,krna memang benar, terbukti gripnya bagus.. yg kmrin masalah krna ternyata pada bahan baku batunya yg bermasalah

      • NNDDESSS STTEVEEN AAASSSUUU!!! KOE KI NEKK RA MUDENG MBOK ORA USAH KOMENN TO SSSSSUUUUU!!! PUUUEEEKOOOK ORA KETTULUUNGGAN!!!

        UUUTTEEKK KOOKEEAN MAANGAN TEEEMPPPIIKKKK

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama