Iwanbanaran.com – Caakkk… BMW Motorrad Indonesia baru saja meluncurkan superbike andalannya dengan label BMW M1000RR versi 2022. Motor ini resmi dirilis untuk market Indonesia, namun sayangnya hanya satu unit saja cak yang dijual di tanah air dan itu pun sudah terjual. Selain itu, BMW M1000RR merupakan superbike yang spesial mengingat motor ini di kembangkan khusus oleh tim World Superbike (WSBK). Nah, seperti apa sosoknya? Simak detilnya di bawah ini…

Mantan CEO BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans mengungkapkan bahwa BMW M1000RR didesain dan dikembangkan khusus oleh BMW Motorrad WorldSBK. Mereka juga melakukan peningkatan pada segi performanya sehingga lahirlah BMW M1000RR dengan performa yang diadaptasi dari versi WSBK… “Sebelumnya ada tipe S1000RR tapi itu cuma M Package, jadi BMW itu punya M Styling termasuk di mobil. Nah M1000RR ini awalnya dari race track, jadi bukan hasil desain showroom atau workshop tapi benar-benar dikembangkan oleh tim WSBK,” ujar Joe Frans.

Dalam pengembangannya cak, Markus Reiterberger yang merupakan pembalap World Endurance BMW turut menjadi salah satu yang mengembangkan motor ini. Selain itu, pada bagian desain body telah disematkan bahan premium berupa material karbon di beberapa bagian bodynya termasuk komponen winglet yang tersemat di bawah headlampnya. Secara keseluruhan, perawakan dari BMW M1000RR sangat mencerminkan motor balap sesungguhnya sehingga motor ini memang sangat siap cak untuk keperluan race atau track day.

iklan iwb

Untuk mesinnya sendiri, BMW M1000RR dibekali dengan mesin 4 stroke 4 silinder segaris berkubikasi 999cc dengan teknologi BMW ShiftCam. Dengan mesin tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 212 Hp di 14500 Rpm dan torsi maksimal di angka 113 Nm di 11000 Rpm. BMW juga telah meningkatkan spesifikasi pada bagian jeroan mesin cak seperti piston 2 ring dari Mahle, kompresi ditingkatkan menjadi 13.5, hingga connecting rods yang terbuat dari material titanium yang lebih panjang dan berbobot ringan.

Meski hanya satu unit di Indonesia, namun BMW M1000RR sebenarnya bukan motor limited edition. Hal ini disampaikan langsung oleh Sukimin Thio selaku CEO BMW Motorrad Indonesia yang meyakini tidak akan ada lagi M1000RR yang dirilis di tanah air. Meski begitu, unit masih bisa di pesan tapi dengan jangka waktu yang lebih lama…

“Pertama dan satu-satunya di Indonesia. Jadi seperti Pak Joe bilang M1000 RR ini untuk masuk ke Indonesia sudah cukup sulit, mungkin tidak ada produk berikutnya. Memang seperti disampaikan ini bukan unit limited, tapi tidak mudah mendapatkannya. Tapi kalau konsumen ingin unitnya, masih bisa pesan coba saja hubungi sales kami, jangka waktunya antara 4-6 bulan sekitar segitu,” ujar Sukimin Thio. Sementara untuk banderolnya cak, BMW M1000RR dijual dengan harga 1,6 miliar dalam kondisi off the road. Ediann udah mahal langka cakk…sadizzz. Seperti apa sosoknya ? intip mega galerrynya dibawah ini…sangar euy ! (RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

10 COMMENTS

  1. Membayangkan…..jika seandainya atau andaikata beli saja yg harganya 500juta saja sdh sangat wah….trus yg 1.1 milyar untuk bedah rumah sudah dapat 10 rumah bagus….menuju indonesia sejahtera

  2. Nih motor yg prestige-nya dan powernya setara dgn Triple R Fireblade dan Desmo. Hanya belum nemu pembalap yg lbh nekad aja..

    • Itu motor yg sering jadi bjlan bulanan R1 ya kang …. apalagi fire blade, kalo buat balap kalah mulu.. mbit juga ketawa.. wkwkwk

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama