Iwanbanaran.com – Caakkk… Yamaha baru saja merilis skutik mungilnya dengan label New Axis Z versi 2022. Skutik ini meluncur untuk market domestik Jepang dan Yamaha melakukan beberapa update terutama untuk segi estetika, mesin, sistem pencahayaan, hingga pengereman. Penasaran sosoknya? Simak detilnya di bawah ini…

Perlu kita ketahui, Yamaha Axis Z pertama kali dirilis pada 2017 lalu dengan mengusung mesin blue core berkubikasi 125cc yang terkenal memiliki konsumsi bahan bakar irit. Skutik besutan Yamaha ini memang unik jika dilihat dari segi desainnya cak. Yup, Axis Z hadir dengan perawakan unik dan kompak sehingga motor ini sangat cocok untuk biker pemula karena terbilang ringan dan mudah untuk diajak riding. Walaupun mungkin perlu adaptasi dengan desainnya mengingat fender jadi satu dengan tebeng depan. Selain itu, motor ini juga termasuk skutik dengan banderol murah di negara asalnya.

Nah, Yamaha melakukan beberapa update cak yakni dari sektor mesin yang telah memenuhi peraturan emisi gas buang Euro5 dan penyematan Smart ACG sehingga motor ini lebih senyap ketika dinyalakan. Kemudian pada sistem pengereman telah mengadopsi UBS (Unified Brake System) atau yang kita kenal sebagai CBS (Combi Brake System). Yamaha mengklaim bahwa motor ini memiliki headlamp yang lebih terang dari sebelumnya memiliki daya 35/35W menjadi 60/55W. Selebihnya, Yamaha melakukan pelaburan warna baru yang membuatnya tampil fresh.

iklan iwb

Last… Untuk banderolnya sendiri cak, Yamaha menjual Axis Z versi 2022 untuk market domestik Jepang dengan harga 271.700 Yen atau jika dirupiahkan sekitar 33 jutaan. Kemudian untuk pilihan warnanya, Yamaha menyediakan 5 opsi warna diantarnya Matte Dark Purplish Blue Metallic (biru metalik doff), Black Metallic (Hitam metalik), Grey Metallic (abu-abu metalik), Matte Dark Yellowish Grey Metallic 4 (coklat metalik doff), dan Bluish White Cocktail (putih)….(RA iwb)

Spesifikasi lengkap Yamaha Axis Z versi 2022

Panjang keseluruhan x lebar x tinggi: 1790 x 685 x 1145mm
Jarak roda: 1275mm
Ground clearance minimal: 125mm
Tinggi jok: 770mm
Bobot motor: 100kg
Jenis mesin: single silinder 2-katup SOHC 4-tak berpendingin udara
Kubikasi mesin: 124cc
Bore x stroke: 52,4 x 57,9 mm
Rasio kompresi: 10.2
Output power: 6.1kW (8.3PS) / 7000rpm
Torsi maksimum: 9,8N m (1.00kgf m) / 5000rpm
Kapasitas tangki bahan bakar: 5.5L
Tipe transmisi: V-belt transmission
Sudut kastor: 26 ° 30′
Jumlah jejak: 80mm
Ukuran ban (depan/belakang): 100 / 90-10 56J 100 / 90-10 56J
Jenis rem (depan/belakang): Drum brakes

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

58 COMMENTS

  1. Kalau di Jepang di kasih design kayak beat,gear atau Nex malah ga laku cak.
    Matic Honda entry level yg di pasarkan di Jepang designnya juga kayak gitu.
    Aku malah tertawa membaca judul artikel mu cak, karena sampean sudah sering ke jepang,pasti tahu design entry level matic di sana semua merk.

  2. Mas Iwaaan saya lihat sekarang tambah menurun profesionalitasnya. Apa yang buat artikel ini hanya pegawainnya? Soalnya gaya dagelannya berbeda jauh dari dulu.

    • Yap betul, sudah berapa tahun sampai sekarang kekurangan yamaha diungkit2, sesuatu yg aneh dijadikan kekurangan.. Giliran honbul kekurangannya banyak dijadikan biasa aja, kekurangannya sedikit dianggap keunggulan.. Kemaren emang udah beli fazzio ya..? Ada aja yg diungkit2, giliran sekupil waaaah sempurna..

    • memang makin kesini makin terasa kurang profesionalitasnya…
      lama2 juga males sih bacanya. antara judul sama isi ga nyambung a.k.a clickbait..
      papan atas tp ga dewasa bikin judul

    • Iya..judulnya mulai ngaco…kyknya koq spt ada dendam, minornya produsen Y sll ditonjolkan (tdk hanya produk di indonesia, bahkan di dunia balap jg). Produk dr brand H sll ditonjolkan, preferensi penulis kyknya ke brand K dan S yg meski artikelnya tdk seheboh brand H

    • Orang jepun liat honda beat juga tertawa……
      Desain suatu produk kan disesuaikan selera konsumen dan aturan yg berlaku, pasti sudah ada penelitiannya, Jadi tolong untuk desain harus apel to apel dong. Bagus menurut saya belum tentu bagus menurut saudara saya di Soviet, pis cak.

  3. Desain seperti ini LUMRAH di luar negeri. Harga segitu juga LUMRAH di luar negeri.
    Jadi penulis jangan ngajari orang jadi gumunan lah wan, apalagi pakai judul “Yamaha rilis New Axis Z versi 2022, Honda Beat tertawa lihat ini cak !!”

  4. Ga ngerti sama judulnya, setiap negara beda selera design cak…honda beat jg bisa aja diketawain di jepang sono hehehe

  5. Baru sadar tyt emang metik entry level jepun sono.. aneh2 dan nyleneh. Baru cek Honda Spacy Alpha 110.. emang begitu.. terus korelasi dengan honda beat ketawa apa ya ? 😓.. metik honda jepun juga begitu modelnya..

  6. Makin kesini kualitas berita makin menurun.. Tumben biasanya banyak buzzernya yang namanya aneh2 yang komen..

  7. drpd konten begini, saya lbh setuju kl setiap hari isi artikelnya bahas ttg pario160 cak, kan baru tuh, kan lg viral jg tuh, lumayan bs jd daily konten setahun ke depan, bahas kelebihannya saja, krn tdk ada produk yg sempurna ya cak, ngahahaha ☺️

  8. Ojo ngno to cak msok dibilang honda beat menertawakan desainnya, yg bener itu fazzio yg terbahak-bahak liat wujud temennya sendiri

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama