Iwanbanaran.com – Caakkk… MotoGP 2022 akan segera bergulir dan per hari Senin kemarin Shakedown Test MotoGP Sepang 2022 sudah mulai digelar. Pembalap rookie, Raul Fernandez (Tech3 KTM Factory Racing) berhasil keluar sebagai yang tercepat pada hari pertama Shakedown test. Uji coba ini akan berakhir pada tanggal 2 Februari 2022 dan kemudian tes resmi akan segera digelar pada 5 hingga Februari di Sepang, Malaysia. Setelah itu, tes resmi menuju Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari…

Sebagai informasi, Shakedown Test sudah menjadi bagian dari MotoGP sejak 2019 lalu. Di kejuaraan MotoGP sendiri Shakedown Test merupakan gelaran yang dikhususkan bagi tes rider, pembalap rookie (pemula), dan tim MotoGP yang termasuk sebagai pabrikan dengan hak konsesi seperti Aprilia. Dengan begitu, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales berkesempatan untuk menjajal RSGP 2022 lebih awal.

Pada mulanya cak, Shakedown Test hanya berlaku untuk tes rider pabrikan dan rider yang memang termasuk ke dalam pabrikan konsesi. Kemudian pada 2020 lalu, Dorna alias penyelenggara MotoGP merubah regulasi tersebut… “Mengingat perubahan baru-baru ini pada pembatasan tes di kelas ini (MotoGP), yang menghasilkan lebih sedikit pengujian, komisi memutuskan bahwa pembalap rookie MotoGP akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam uji coba tiga hari di Sepang,” tulis regulasi terbaru.

iklan iwb

Selain Shakedown Test, terdapat pula gelaran lainnya cak yang disebut tes resmi MotoGP. Kedua gelaran tersebut merupakan dua hal yang berbeda namun keduanya memiliki kesamaan karena berhubungan dengan sesi tes pramusim. Selama Shakedown Test berlangsung, tes rider memiliki peran penting dalam menguji motor baru dan mencoba menerapkan komponen baru yang dapat membuat motor makin kompetitif. Dari sini cak, tes rider hanya diberi waktu tiga hari dan kemudian pabrikan akan memeriksa apakah motor bermasalah atau tidak. Jika ditemukan komponen yang bermasalah, tes rider melakukan verifikasi dan mencoba memperbaikinya serta melakukan pengujian ulang.

Sedangkan untuk pembalap rookie MotoGP, Shakedown Test merupakan kesempatan untuk beradaptasi dengan motor barunya sehingga pada tes resmi telah mengantongi modal penting yang didapat pada Shakedown Test. Sementara itu kangbro, Tes resmi MotoGP merupakan proses persiapan bagi rider maupun tim agar lebih siap ketika musim baru bergulir. Pada gelaran ini, mereka menguji motor baru, mengumpulkan data telemetri, hingga melakukan simulasi balapan alias long run. Intinya cak, pada tes resmi MotoGP baik itu rider maupun tim berupaya mencari set-up terbaik sehingga mereka memiliki paket motor yang kuat dan kompetitif.

Last…tes resmi MotoGP menjadi wadah bagi pabrikan untuk memamerkan inovasi teknologi yang telah mereka buat. Misalnya saja Ducati, mereka terkenal selalu menelurkan inovasi baru khususnya pada perangkat elektronik maupun paket aerodinamika. Mungkin pada tes resmi musim ini kejutan terkait inovasi teknologi baru akan muncul kangmas entah itu dari pabrikan Ducati atau pabrikan lainnya. So…kita tunggu test shake down hari ini…..bakal seru ki karena baru hari ini Honda akan ikut akibat masalah logistik, gazzz (RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

7 COMMENTS

  1. Besok launching…hari ini udah ada pengiriman ke Jawa.
    Siap2 bocor penampakannya Cak
    Mueeeehehehehehee 😂

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama