Iwanbanaran.com – Cakkk…. Para pembalap Honda akhirnya bersuara tentang motor terbaru mereka di musim 2022. Seperti yang sampeyan tahu hasil tes pramusim MotoGP 2021 yang dilakukan pada bulan November kemarin menunjukkan motor terbaru Honda RC213V versi 2022 memiliki potensi yang sangat besar. Konfirmasi tersebut juga di lontarkan Nakagami yang mengaku merasakan perbedaan signifikan antara mesin RC213V versi 2021 vs 2022. ” Motor ini beda banget…” serunya….

Sekilas flash back masa lalu….setelah performa yang menjanjikan di Misano dan Jerez, prototipe MotoGP Honda yang direvisi secara radikal akan menghadapi tantangan baru saat menghadapi rivalnya di awal 2022 di Sepang Malaysia. Setelah dua musim yang sulit, diperparah oleh cederanya pebalap utamanya Marc Marquez, Honda telah membuat perubahan radikal pada RC213V-nya untuk MotoGP 2022. Salah satu prioritas utama modifikasi adalah peningkatan grip belakang….

Pengembangan tidak hanya fokus pada lap time, tetapi juga menurunkan tingkat risiko para pebalap Honda seperti Marc Marquez (22), Pol Espargaro (20) dan Alex Marquez (19) yang banyak mengalami crash musim kemarin….

iklan iwb

“Musim lalu kami benar-benar kesulitan mengenai traksi belakang. Dan celakanya, kami sudah mencoba banyak hal, tetapi masalah utama tidak hilang. Jadi kami berjuang keras saat menghadapi kualifikasi dan juga balapan panjang. Aku harus mengambil risiko ekstra. Dan sayangnya aku mengalami beberapa kecelakaan selama latihan dan balapan. Jadi memang benar-benar sulit…” seru Nakagami. Terus gimana dengan motor terbaru ? RC213V versi 2022 ?

“ Motor ini (RC213V 2022) sangat berbeda jauh. Motor baru mengalami peningkatan besar pada grip belakang dan juga performa mesin. Banyak bagian telah berubah, seperti yang kalian lihat dari luar. Kesan pertama sangat positif. Semua pembalap Honda mengatakan bahwa motor baru memiliki potensi yang baik….” tutur Nakagami. Dan ternyata komen Nakagami selaras dengan Pol Espargaro. Tapi Pol meminta Honda menambah horse power agar bisa jabanin power Ducati dilintasan lurus…

“Apa yang kami minta, seperti yang Taka katakan, grip belakang adalah sesuatu yang penting bagi kami semua. Tetapi Ducati sangat kuat di trek lurus, itu adalah kunci untuk menyalip, dan kunci mereka menang. Jadi jika kami ingin melakukan musim yang baik tahun ini, apalagi akan banyak pembalap Ducati musim ini, maka kami harus lebih kencang di trek lurus untuk mencoba bertarung dengan mereka, untuk mencoba mendapatkan posisi kembali, dan bahkan untuk bertahan melawan mereka….” tutur Pol via crash…

Sejauh ini, Honda baru mencoba di dua sirkuit, Misano dan kemudian Jerez. Trek yang relatif sempit dan berkelok-kelok….

“Motor baru jauh lebih baik daripada motor 2021, tetapi kami perlu menguji lebih banyak hal. Jerez hanya untuk memahami ke arah mana kita akan berjalan. Untungnya, Aku, Pol dan Alex, [menginginkan] arah yang sama. Ini sangat positif dan aku sangat senang mendengar komentar yang sama. Sekarang kami akan melakukan tes Malaysia dan Mandalika. Kondisi berbeda, tata letak berbeda, alokasi ban berbeda. Tes Jerez bagus tapi kami harus mulai dari nol di Sepang…” tukas Nakagami ditempat terpisah…

Espargaro juga percaya Malaysia akan menawarkan gambaran yang lebih akurat tentang bagaimana motor baru dibandingkan dengan prototipe 2022 lainnya….

“Motor baru memang lebih baik, tetapi masih terlalu dini untuk membicarakan seberapa jauh perkembangan yang kami lakukan. Kami perlu membawa motor di trek bersama dengan motor lain, dan melihat di mana kami berada. Kami bukan satu-satunya yang bermain di game ini, dan kami bukan satu-satunya yang memiliki motor baru di trek. Semua tim akan perusahaan melakukan peningkatan. Jadi seberapa bagus motor kami? Kita akan lihat dalam beberapa hari di Malaysia bersama dengan motor lainnya…” tutup Pol Espargaro…(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

23 COMMENTS

  1. Intinya kuatkan doa doa kita bang weibb. Kapanpun dimanapun. Doa akan kembali ke diri kita sendiri semua. Lancirrr Rizky bonus bonus berlimpah

  2. Terasi apa yang bikin jungkir balik……???
    Terasi ban belakang RC213v 2021…….hehehehe

    Semoga tahun ini bisa lebih baik lagi bisa bersaing dengan tim lain, gak jungkel2 lagi……..

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama