iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Menuju akhir tahun 2021, superbike besutan pabrikan sayap mengepak baru saja meluncur untuk merayakan hari jadi ke-100 tahun salah satu sirkuit yang berlokasi di Eropa. Motor tersebut dilabeli Honda CBR1000RR-R SPA 100th Anniversary dan motor ini sebenarnya digarap khusus oleh DG Sport untuk merayakan 100th Anniversary Circuit de Spa-Francorchamps yang merupakan sirkuit balap ikonik di Belgia. Motor ini dibangun untuk penggunaan track only cak, dan beberapa komponen mahal juga sudah tersemat pada superbike ini. Penasaran sosoknya, simak detilnya dibawah ini…

Dari segi tampilannya cak, sekilas Honda CBR1000RR-R SPA 100th Anniversary terlihat seperti motor versi produksi masal. Namun semua part yang dibutuhkan untuk penggunaan jalan raya telah dilengserkan cak. Dengan begitu, motor ini sudah tidak menggunakan sistem pencahayaan, spion, dan spakbor belakang beserta braket plat nomor. Sebagai bentuk penyempurnaan, motor ini dipercayakan kepada Mario Kupper yang merupakan seorang spesialis motor balap agar Honda CBR1000RR-R SPA menjadi motor balap yang sempurna.

Pada area kaki-kaki, motor ini dibekali dengan suspensi depan Showa BPF 43mm yang dikombinasikan dengan monoshock belakang Ohlins TTX. Sistem pengereman ABS juga dilepas, dan untuk selang rem dan master rem memakai produk dari Corsacorta. Selain itu, Mario Kupper mesin standar motor ini dengan sistem tuning dari HRC. Kemudian untuk knalpot dipercayakan kepada brand Arrow dan sistem pembuangan ini juga berkontribusi untuk mengurangi bobot dan menambah tenaga mesin. Lalu, pada bagian roda memakai ban slick dari Dunlop dan untuk melindungi mesin memakai engine guard dari GBRacing supaya mengimbangi performa di trek dan juga melindungi bagian mesin motor.

iklan iwb
iklan iwb

Last… Sayangnya cak, pihak yang berkonstribusi dalam memodifikasi Honda CBR1000RR-R SPA 100th Anniversary belum menyinggung soal banderol dari motor ini. Namun yang pasti, tentunya motor yang diperuntukkan untuk penggunaan track only ini memakan biaya yang besar kangbro mengingat komponen racing yang dibenamkan juga tidak murah. Sebagai informasi, Honda CBR1000RR-R standar dijual dengan banderol USD28.500 atau jika dirupiahkan sekitar 405 jutaan untuk market Amerika Serikat. Sedangkan untuk market tanah air banderolnya membengkak menjadi 1,1 miliar….(RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

24 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here