iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…waktu di dunia ini memang sangat cepat berjalan. Begitupun usia motor yang menemani kita tidak terasa semuanya juga bertambah usia. Termasuk Suzuki Nex 2 yang IWB boyong pada tahun 2018 Silam. Motor yang IWB boyong karena terinspirasi dari adik ipar yang sudah Setia menggunakan Suzuki Hayate dan Skydrive. Motor yang tidak pernah masuk bengkel karena di usianya yang sudah renta, matic tsb hanya ganti oli mesin saja. Dan ini pun juga terjadi pada Suzuki Nex 2 IWB yang dari catatan pribadi hanya sekali masuk bengkel Suzuki karena servis gratis pertama. Selebihnya ? horaaa blasss. Terus gimana kondisi motor sekarang ??

Di usianya yang memasuki 3 tahun, NEX 2 IWB hanya sekali masuk bengkel karena Servis gratis pertama. Setelah itu tidak pernah sekalipun IWB ke bengkel atau service resmi karena jika kita bongkar secara teliti mesin sekarang memang tidak perlu sering ke bengkel. Dalam pandangan pribadi justru pemborosan jika kita servis rutin dilakukan setiap bulan. Kenapa ?

Karena motor injeksi sudah tidak memerlukan itu cak. Bolehlah di masa lalu dengan mesin karburator kita harus secara periodik nyervis motor ke bengkel untuk membersihkan mangkuk karbu. Namun dengan berpindahnya teknologi menggunakan pengabut bahan bakar injeksi sebenarnya servis ringan bisa sampeyan lakukan sendiri di rumah. Sebab core atau basis perawatan terpenting mesin injeksi hanyalah pada oli mesin serta filter udara. Dan memang itulah yang dilakukan mekanik ketika nyervis tunggangan sampeyan sekarang…

iklan iwb

Dengan kata lain tidak perlu risau jika bengkel jauh dari kediaman atau jarang ada. Sebab hanya dengan mengganti oli secara periodik setiap 2500 km sampai 4000 KM tergantung kualitas oli motor dipastikan bakal tetap awet. Yang kedua filter udara, monggo sampeyan bersihkan setiap minimal 2500 KM bersamaan dengan penggantian oli mesin. Tapi karena sekarang sudah model kertas maka sampeyan kudu ganti dengan yang baru. Itu pun bisa kita lakukan sendiri di rumah. Terus piye Jika injektor kotor ?

Ora usah mumet cak Karena sekarang sudah banyak bertebaran obat injector cleaner yang bisa kita campur dengan BBM. Tinggal beli di dealer resmi atau via online injector cleaner bisa sampeyan berikan tiap 10000-15000 km. Jadi kalau sampeyan mumet perkara dealer, IWB justru heran mengingat motor era modern sudah low maintenance. Bagaimana jika ada part yang rusak ? Tinggal beli online part motor apapun juga tersedia cak. Bengkel memang diperlukan tidak bisa kita pungkiri. Namun bukan berarti dengan minimnya bengkel membuat semuanya seperti kiamat. Intip saja IWB. Suzuki Nex 2 berusia 3 tahun tapi hanya sekali masuk bengkel selebihnya dikerjakan sendiri. Bukan rekayasa dan memang IWB alami sendiri…

Last….Suzuki Nex 2 adalah salah satu skutik yang sangat nyaman dimata IWB. Mesinnya sangat halus suspensi juga lembut termasuk good quality yang jempolan. Kelemahan matic Suzuki ini hanya satu yakni les power mengingat kubikasi yang cukup mungil. Tapi soal riding quality jujur di atas rata-rata. Belum lagi ketahanan semua sektor termasuk aki yang luar biasa mencengangkan. Lama tidak dipakai sekali colek langsung jreng. Kuwi sekilas pengalaman IWB terhadap motor Suzuki. Tiga tahun masuk bengkel hanya sekali ternyata motor juozz gandozz trengginas tidak ada masalah. Nah, kalau sampeyan sendiri piye cak…punya pengalaman dengan motor Suzuki ? monggo share opininya….(iwb)

45 COMMENTS

        • Nyang banyak banget bengkel resmi nya , ……….. wajib rutin serpis. Sering ditawari ganti daleman. Karena banyak yang mudah koplak.
          Itu cara strategi untuk tetap dapur ngebul. Ngidupin rayapnya. 78% mah tetap kurang. Kudu ngibul kibul ?????

        • Dri thn 2013 blm ganti busi blm pernah masuk bngkel..pling ganti ban..filter udara saya bersihin sendiri ini motr ajaib banjir gaas terus

  1. Jangan keras ditiru oleh kaum minyak jelantah dan kaum mending2!!!
    Beli (apapun itu) karena butuh bukan karena pingin….

  2. Gak beda sama 250RR dan Adv gua Cak , memanfaatkan servis gratisnya saja ….setelah itu semua dilakukan Dewe
    ?

  3. Saya punya Nex Gen 1 Th. 2013, baru ke bengkel bulan yg lalu… utk ganti vanbelt & shock belakang.. dipake tiap hari.. tarikan masih alus dan kencang… dua kali Cilacap – Tangerang PP. SUZUKI TOP …?

  4. Bener cak,dulu beli xride old cuma servis 1 aja sisanya aq hangusin …sekarang make aerox ya gitu juga,cukup servis 1 alias diganti oli selebihnya servis2-3-4 aq hangusin…intinya matic rutin ganti oli sama filter aja wes

  5. Kalau honbul sukanya ngibul, belum dipakai: sudah ngorok kaya helikopter, klotok2, riding position amburadul, kualitas mesin amburadul, desain acak2, muka penuh lampu seperti pasar kaget, baru pake dari dealer langsung pegel, bonceng bikin pegel.. Kapokmu kapan mbuuuull.. Ngibul terus.. Beha2nya aja yg budek ga mau tau..

  6. Kalo motor Honda minimal 3 bln sekali servis
    Dan yg bikin malesnya lagi pas servis di bengkel resmi ahass saat mekaniknya ngeluarin kalimat
    “Maaf mas bisa kesini sebentar”
    Rasanya jantung berdebar,perut mules kalo udah
    dengar kalimat berbahaya itu.
    ????

  7. Pantas pabrikan gak Madju.
    Beda sama motor honad,
    Tolong sama Tak ada yang bisa, produk honhon dibela dengan keras kepala. ??

  8. hanya dijelaskan usia lewat tahun pembuatan, coba juga ditampilkan sudah sejauh apa kilometer berjalan?

    saya juga ada moped 150cc, usianya 6 tahun, baru 2x ke bengkel resmi, karene kilometernya baru 1.000

  9. kalo saya CBR150 KPP, 7 tahun ke bengkel 84x cak.
    sultan mah mau servis sebulan sekali suka2 udelnya aja.
    dolar no problem, sing penting motore jozzz gandozzz selaluuuu

  10. Kalo gua sih satria fi tarikan mantap dan suara mesinnya alus udah 3 tahun. Sebelumnya r15 2 tahun suara mesin udah kasar tak tak tak

  11. Tulisan misi terpendam
    Memberangus risau konsumen yang takut beli motor juki karena bengkel resminya pada gulung tikar.

    ?

  12. Saya Juga Aliran males abisin buku service, pengalaman service Matic 125 ” sejuta umat ” di BERES, mulai dari mur body & cvt ilang ( kurang ), Pin Body patah, perpak cvt ga dipasang & ilang, sampe suruh ganti macem2 abis lumayan tetep aja penyakit kambuh lagi. Di bengkel biasa malah sembuh tuh si Pariyem. ( Pengalaman Pribadi ya, No Black Campaign )

  13. Memang joss kang Iwan, patokan ganti oli menurut saia yaitu jarak (km), tuk nexII dan address saia slalu ganti +-4000 km, filter oli dan oli gardan tiap +-8000 km sesuai buku petunjuk. Masih halus mesinnya dan yg pasti body2 ga pada bunyi coz getaran. Address udah 5 tahun 3 bulan (52.374 km) dan nexII udah 2 tahun 2 bulan (43.935 km).

  14. Kl saya mbit tiap hari masuk bengkel.. Cak

    Masuk pagi keluar sore,,????
    Wong, saya kerja di bengkel…. Hhhhhh

  15. Wah.. Ini ni contoh nga baik….. Makanya bengkel sijuki pd tutup… Konsumen nya nga pernah ke bengkel…. ???

  16. Punya skywave 2012 cak, ganti oli rutin aja, sekalinya ke bengkel , suku cadange wis ora ono cak… kudu akal2an nang bengkel umum… suzuki ki payah, cuma jualan ga mikirin suku cadang

Comments are closed.