iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Perlu sampeyan ketahui, sebagai persiapan jelang MotoGP 2022. Jalan Bypass BIL-Mandalika dengan total 17,36 km dibangun untuk memudahkan akses dan menghemat waktu ketika menuju Sirkuit Mandalika. Nah baru-baru ini cak, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya melanjutkan penataan koridor Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL). Nantinya jalan ini akan menjadi akses dari bandara hingga Sirkuit Mandalika cak…

Basuki Hadimuljono selaku Menteri PUPR mengungkapkan bahwa Jalan Bypass BIL-Mandalika akan ditata dengan lebih baik sehingga lebih ramah lingkungan. Upaya ini akan dilakukan melalui kegiatan penghijauan dari penataan koridor jalan, bahu jalan, drainase, dan termasuk frontage-nya. Seperti yang diutarakannya, dengan penataan tersebut diharapkan jalan Bypass BIL-Mandalika bisa menjadi contoh jalan nasional… “Kami akan coba untuk Bypass BIL-Mandalika sepanjang 17 km ditata agar menjadi percontohan jalan nasional. Perbanyak tanaman di median dan rumput di bahu jalan agar lebih hijau dari sekarang. Penghijauan bisa dilakukan dengan pohon atau tanaman bunga untuk beautifikasi sehingga lebih terlihat lembut. Kita harus lebih baik dan harus detail betul pada finishing. Kita punya sumber dayanya” ujar Basuki Hadimuljono selaku Menteri PUPR.

Sebelumnya pakde, Jalan Bypass BIL-Mandalika telah digunakan untuk mendukung kelancaran ajang Superbike yang digelar pada November 2021 lalu. Keberadaan jalan ini juga sangat bermanfaat cak mengingat dapat mengurangi waktu tempuh dari Bandara menuju Sirkuit Mandalika menjadi hanya 15 menit dari sebelumnya harus menempuh waktu sekitar 45 menit. Kemudian Menteri Basuki juga menekankan pengerjaan tebing yang terdapat pada 14 bukit agar meminimalisir resiko longsor. Sementara untuk tebing dengan tata letak bebatuan yang dibiarkan alami akan diberi label jenis-jenis batuan dan penjelasan mekanika batuan. Sehingga hal ini dapat menjadi lokasi edukasi untuk masyarakat cak.

iklan iwb
iklan iwb

Selain Jalan Bypass BIL-Mandalika cak, Kementerian PUPR juga akan melakukan pembaruan dan pelebaran ruas jalan Kuta – Kruak sepanjang 5,3 km. Pengerjaan pelebaran ruas jalan akan dilakukan bertahap dengan menambah 4 lajur yang dilengkapi median jalan beserta penataannya. Pengerjaan ini ditargetkan selesai pada Maret 2022 mendatang. Selain itu kangbro, Menteri Basuki juga berencana membuat sistem drainase baru agar tidak banjir… “Yang tidak kalah penting adalah drainase untuk pengendali banjir. Kami tidak ingin memisahkan sistem drainase di dalam sirkuit dengan di luar, sehingga kami siapkan juga desain sistem drainase-nya agar tidak banjir” tutup Basuki Hadimuljono selaku Menteri PUPR….(RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

10 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here