iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Perlu sampeyan ketahui cak, pada 2023 nanti ajang balap motor listrik MotoE akan memakai motor Ducati. Pabrikan asal Italia tersebut resmi menggantikan Energica Ego yang akan berhenti pada akhir 2022 mendatang. Nah, baru-baru ini Ducati memamerkan prototipe motor balap listrik mereka dengan label Ducati V21L. Meski balapannya masih lama pakde, motor ini bukan merupakan versi final dan mereka akan terus melakukan penyempurnaan hingga layak digunakan untuk balapan. Lalu seperti apa sosoknya, simak detilnya dibawah ini…

Menilik dari segi desainnya cak, Ducati V21L mengadopsi desain yang terbilang rapi dan lumayan simpel. Hal ini sangat berbeda dengan prototipe Desmosedici (MotoGP) yang dibuat segarang mungkin dengan lekukan desain serba tajam. Perbedaan lainnya, Ducati V21L tidak memakai winglet maupun ram air namun sampeyan akan menemui lubang aerodinamis pada bagian samping panel body yang dibuat dengan desain seminimalis mungkin layaknya basic motorsport fairing.

Ducati tidak mengumbar spesifikasi teknis dari motor ini cak mengingat Ducati V21L hanya terendus saat ditunggangi oleh tes rider Ducati yakni Michelle Pirro yang pada saat ini mengetes motor ini di sirkuit Misano, San Marino. Namun dari beberapa gambar yang beredar pakde, terdapat komponen yang sudah tidak asing yang tersemat pada motor ini. Part yang tertanam diantaranya suspensi depan Upside down Ohlins, kaliper rem Brembo, pelk Marchesini, full fairing berbahan Carbon, dan yang menarik yakni swing arm model underbrace yang dipadukan dengan suspensi belakang yang berada dibawah swingarm. Selain itu, komponen lainnya seperti frame belum diketahui lebih lanjut apakah akan memakai tipe yang sama seperti Energica Ego. Tapi kemungkinan Ducati akan membenamkan rangka yang berbeda cak.

iklan iwb
iklan iwb

Last… Hingga saat ini pakde, Ducati masih terus mengembangkan prototipe listrik ini agar lebih sempurna ketika dipakai pada ajang MotoE. Selain itu, untuk pengembangannya sendiri mereka didukung oleh VW Group yang merupakan induk pabrikan mereka. Jadi, Ducati V21L belum termasuk versi final cak karena masih banyak pengembangan yang harus dilakukan seperti pengurangan bobot, hingga penggunaan software yang dapat meningkatkan performa motor. Yup, tentunya pada 2023 mendatang kita akan menyaksikan balapan motor listrik Ducati… (RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here