iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….kembali berdenyut cak….harapan yang pupus total seperti kembali mencuat. Isu ini IWB dapatkan dari beberapa narasumber bahwa ternyata PT SIS tidak berdiam diri. Mereka tahu sampeyan sangat menginginkan saluto datang ke Indonesia. Kondisi tersebut juga menjadi konsen Suzuki dan pada akhirnya…IWB mendapatkan update rumor yang perlu sampeyan tampung. Opo gerangan ? simak detil artikelnya dibawah ini…

Seperti yang kita semua tahu, Suzuki Saluto nongol diajang Taipei Motorshow 2019 Suzuki resmi merilis skutik yang digarap desainer Italia Alesandro Tartarini. Suzuki Saluto 125 resmi dirilis di Taiwan sebagai negara satu-satunya yang mendapatkan secara awal sang retro. Menggunakan mesin 1 silinder SOHC 2 katup dengan bore x stroke 52,5mm x 57.4mm serta kompresi rasio 10.3 : 1?.. motor Retro ini mampu memuntahkan tenaga hingga 9.26HP@7000 RPM dan torsi 10NM/6000RPM. Cukup baik cak…

Sementara bagian kaki-kaki motor ini dibekali dengan ban berukuran 100/90 depan dan belakang (ukuran sama) dengan ukuran ring pelk yang cukup imut yakni hanya 10 inch. Terus piye dengan kapasitas tanki ?

iklan iwb

Suzuki saluto 125 memiliki kapasitas tangki 5,5 liter dengan konsumsi BBM yang ternyata sangat irit.? sebagai informasi dalam pengetesan internal konsumsi BBM untuk perkotaan mencapai 46,49 km per liter. Kemudian pada testing dengan gas konstan kondisi lancar bisa tembus 62,21 km per liter. Dan pada kondisi normal motor ini sukses menembus 51,7 km per liter. Jadi memang iritttt. Yang menyenangkan lagi cak, Suzuki Saluto 125 sudah dibekali dengan shock breaker model dual dibagian belakang. Jadi pasti bantingannya mantap?..

Yang menjadi poin penting lain adalah?Suzuki Saluto 125 sudah dijejali kunci model keyless sehingga aman dari maling. Termasuk USB charger 5V2A, jok yang sudah dibekali spring return dan semua lampu full LED. Sayang tidak tergali Berapa kapasitas bagasi sang kuda besi. Tapi jika menilik profil kontur dari bentuk bagasi sepertinya cukup besar. Suzuki Saluto memiliki bobot sekitar 114 kg dengan wheelbase 1,250mm serta jarak Jok ke tanah mencapai 760 MM. Dengan spek tersebut motor ini pasti lincah dan dan nyaman…

Itulah sekilas refreshment tentang Saluto 125. Dan sontak cak…motor skutik Suzuki ini langsung menjadi pusat perhatian publik. Desainer Italia yang garap membuat feel nyawa dari Saluto 125 menjadi ganteng bener. Kita seperti bukan melihat desain Suzuki cak…kuwi intine. Tapi sayang sudah cukup lama kita ngepush PT SIS agar memasukkan ketanah air nampaknya sulit bener….

Konfirmasi ini dilayangkan pak Yohan Yahya (mantan GM Marketing PT SIS) ketika IWB melakukan teleconference.?Ada beberapa opsi yang sebenarnya ingin ditempuh mereka namun kesulitan utama adalah?.banderol cak. Karena untuk melokalkan sebuah produk tidak memungkinkan jika produk tersebut juga dibuat dinegara lain mengingat investasi pembuatan moulding dll nggak main-main. ??Jadi sebetulnya kalau sudah satu negara membuat model tertentu kita tidak akan membuat model itu karena secara otomatis juga kan jadi double cost di model yang sama?.” serunya saat itu. Dan pada puncaknya…semua kemudian menguap…

SMC seperti tidak memberikan restu karena ada beberapa poin yang membuat pihak prinsipel enggan. Namun kini yang terbaru harapan menyeruak. Gara-gara sepele ? karena motor ini sudah masuk Thailand. Lhooo apa hubungannya ?

Artinya sudah ada respon positif dari SMC…mereka mulai mengendor cak. Sebab sebelumnya mereka kekeuh tidak mau dengan alasan satu…dugaannya Saluto adalah garapan project Suzuki Taiwan yang memiliki saham 50:50. Itu adalah murni project Suzuki Taiwan sampai ide menggandeng desainer Italia. Yahhh…ibaratnya ada gengsi dikit cak, tapi kok sekarang wis mulai mencair. Terbukti Saluto masuk Thailand….dan ini bagus untuk Indonesia. So…ada harapan cak…

Last…PT SIS tidak patah semangat terus ngepush supaya mereka bisa memasarkan Saluto ke Indonesia. Walau tentu tantangannya tidak mudah karena jikapun mendapatkan ijin status CBU akan membuat mereka sulit memasang banderol alias diangka rendah. Yahhh…..kuwi analisanya cak. Tapi mending sampeyan tampung wae, dan kita tunggu update selanjutnya. Saluto ? setelah Thailand lalu Indonesia ? semoga saja cak….(iwb)

46 COMMENTS

  1. Ngapain pusing pusing mengharap saluto, udah ada yang lebih mantap si kymco like 150, barangnya udah jelas, kualitas nggak diragukan.
    Suzuki mah nggak punya arah. Gixxer 250 noh dibeli?

  2. Barang sudah bagus, nunggu apa lagi? Apa ga kasiah dealer yg sepi ??
    Kalau lama karena mau ganti mesin listrik sih gpp.

  3. udah gak percaya sama metode studi market nya suzuki deh, keluarannya selalu jauh dari mayoritas harapan pasar

  4. strategi honda yang bikin honda dibully sebagai pengekor justru lebih manjur. “wait and see”. di atas yg lain keluarin produk, gak langsung kebakar jenggot. pantau dulu, kalo laku, baru bikin yang lebih baik. kalo pasarnya sedikit, ngapain buat. liat aja tragedi mio yg langsung dibabat habis sama beat. dan zx250 4 silinder yang honda belum merasa perlu keluarin produk sejenis, karena kenyataan motor itu dikit yg lalu lalang di jalan

  5. Latest news. Latest news..!!! Hot Hot!..!!
    Mar is getting better n better cakkk
    Keep praying sobs

  6. Mantab suzuki… Garage n terrace rumah sudah ngeluh mulu minta ditambah collectie nya cakkk ?? ayo suzuki??

  7. selama para petinggi Suzuki masih menganggap selera konsumen Indonesia sama dengan selera India,
    maka selama itu pula produk Suzuki tidak akan laku di sini.

  8. jangan banyak berharap saluto dujual di indonesia, petinggi suzuki sadar, harganya akan mahal, ceruknya kecil, sehingga menyulitkan untuk jualan. dujual murah rugi, dijual mahal gak laku (pilih vespa)

  9. PLEASE…. KALO ADA PEJABAT SUZUKI BACA INI….. PLEASE INI MAH GW MAKSA…. SEGERA LAUNCHING GSXR250 DI INDONESIA….!!! DAN FACELIFT ALL NEW GSXR150….!!!

    #udahGituAja

  10. Lemot, sijuki milih negeri sono padahal di indo market dan demand nya GEDE tp ya begitu deh tau sendiri. Kalau gak aneh ya gak sijuki. Keburu penggemar tiarap di sapu H dan Y. Design cakep dan durability sijuki udh teruji so tinggal gas atau sijuki bangkrut dan mengkerut di indo. Semoga mereka mikirnya bener skrg ??

  11. blajar terus, ga lulus2…. padahal soal ujian nya cuma “1+1”, tapi ga brani2 jawab, ya ora sukses…

Comments are closed.