iklan iwb

Iwanbanaran.com – Sosoknya kumel karena sudah teronggok selama 3 tahun. Gudang yang sangat megah dan besar karena didalamnya berisi ratusan unit motor namun sang legendaris begitu nelangsa karena ditaruh dipojok. Apalagi dibeberapa area baut sudah mulai menguning akibat karat. Yup…itulah pemandangan disebuah dealer besar Yamaha Jabodetabek. IWB sampai heran, kenapa nggak coba di jual dengan diskon besar ? kenapa bisa sampai nggak laku ? apa yang terjadi pada sang legendaris ? kenapa Vixion gagal dipasaran ? semua pertanyaan tsb muncul dibenak IWB sebagai Blogger dan akhirnya kita bisa mendapatkan benang merah atas semuanya. Opo kuwwiii ??

Pasti sampeyan ora asing dengan motor sport 150cc yang satu ini, motor yang sempat menjadi raja di kelas 150cc dan populasi nya yang banyak di tanah air menjadikan motor ini sangat terkenal di Indonesia. Yup motor yang dimaksud yakni Yamaha Vixion, motor yang fenomenal karena diawal kelahirannya mendobrak pasar dengan teknologi pengabut bahan bakar injeksi di kala itu…

Dengan membawa ciri khas sasis Deltabox berwarna silver dan menganut headlamp bulat menjadikan motor ini sebagai rival berat untuk Honda Megapro. Spesifikasi mesinnya sendiri sangat istimewa cak, karena Yamaha membenamkan teknologi injeksi untuk generasi pertama ini dan membuat rivalnya kalah telak karena masih memakai sistem pembakaran Karburator serta mesin 2katup. Yup?dengan mesin SOHC 4 katup power Vixion kala itu sudah terkatrol cukup tinggi. Selain itu, sistem kelistrikan pun telah menganut sistem Direct Current (DC) yang dimana ketika kontak posisi on maka headlamp akan menyala dan itu menandakan bahwa arus listrik berasal dari aki langsung?

iklan iwb

Kemudian Vixion generasi ke dua menyusul pada tahun 2010, untuk generasi ke dua ini yamaha hanya melakukan facelift dan perubahan paling kentara yakni pada headlampnya yang dibuat meruncing agar memberikan kesan agresif. Sementara itu untuk dapur pacu nya sendiri tetap dibekali mesin 4 stroke SOHC 4 katup satu silinder Fuel injection berpendingin cairan dengan kubikasi 149,8cc. Dengan mesin yang diusungnya tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 11,1 kW di 8500 Rpm dan torsi sebesar 13,1 Nm di 7500 Rpm. Perlu sampeyan tahu bahwasanya untuk spesifikasi mesin ini sama alias sami mawon cak dengan Vixion generasi pertama?.

Setelah itu muncul Vixion generasi ke tiga di tahun 2012, motor ini merupakan All New cak alias versi terbaru baik itu dari desain maupun spesifikasi mesin. Dengan embel-embel New Vixion Lightning, motor ini dibekali dengan desain terbaru yang lebih sporty dan body lebih gambot. Ban makin besar dan kontak dipindah ketanki. Dengan spesifikasi mesin terbaru yakni dibenamkan mesin 4 stroke SOHC 4 katup satu silinder Fuel injection berpendingin cairan dengan kubikasi 149,8cc. Dengan mesin yang diusungnya tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 16,59 PS di 8500 Rpm dan torsi sebesar 14,5 Nm di 7500 Rpm??

Selanjutnya untuk menahan gempuran Honda CB150R, di tahun 2015 yamaha meluncurkan New Vixion generasi ke empat yang merupakan facelift dari generasi sebelumnya. Namun kali ini Yamaha mengubah embel-embel nama dari sebelumnya New Vixion Lightning (NVL) menjadi Yamaha New Vixion Advance (NVA). Vixion generasi ini tampil lebih keren dari sebelumnya dan sudah mendapat update fitur terbaru terutama dari speedometernya yang diklaim lebih jelas ketika dilihat baik itu siang maupun malam hari. Lalu untuk spesifikasi mesinnya sendiri masih sama cak dengan generasi ke tiga?..

Berikutnya di tahun 2017 Yamaha meluncurkan Vixion generasi ke lima. Untuk generasi ini Yamaha memberi label All New karena memang untuk mesin dan desain pun mengalami perubahan yang sangat signifikan. Selain itu, bahkan Yamaha merilis dua varian berbeda yakni All New Vixion dan All New Vixion R. Perbedaan yang menonjol dari kedua nya yakni dari sektor mesin, All New Vixion R dibekali dengan mesin terbaru dan merupakan basis dari YZF-R15 yakni dengan mengusung mesin 4 stroke SOHC 4 katup satu silinder Fuel injection VVA berpendingin cairan dengan kubikasi 155,1cc. Dengan mesin yang diusungnya tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 14,2 kW di 10000 Rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm di 8500 Rpm?

Sedangkan untuk Vixion tanpa embel-embel R dibekali dengan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya dan hanya mendapatkan update untuk sektor mesin yakni Assist & Slipper Clutch, lalu untuk transmisi pun masih 5 speed berbeda dengan Vixion R yang telah disematkan transmisi 6 speed. Namun sayangnya, Vixion generasi ke lima ini kurang mendapat sambutan yang meriah cak dari biker tanah air karena memang dari update desainnya kurang klik untuk pasar indonesia. Pasalnya, jika sampeyan perhatikan desain generasi sebelumnya justru dinilai lebih keren dan sporty dari generasi terbaru ini. Yup…itulah fakta yang bisa kita gali yakni desain !!

DIluar market 150cc yang memang sudah jauh mengecil, Vixion dinilai kurang greget soal desain. RND dipandang gagal membaca selera pasar tanah air yang semakin suka dengan desain agresif. Mulai dari buntut hingga muka atau headlamp…Vixion justru mengalami kemunduran yang seharusnya bisa segera diperbaiki. Lalu bentuk shroud memanjang serta menyatu dengan side casing sehingga membentuk pola ” mentimun” juga menjadi kritikan yang sering IWB dengar. Itulah kekuatan desain. Namun celakanya…kini Vixion seperti dianak tirikan sebab tidak ada pergerakan berarti pada sang kuda besi. Wiss sekarat cak sebenarnya. Kok iso ?

Lawong dealer Jabodetabek wae enggan nyetok cak. Mereka seperti trauma kejadian yang sama akan terulang yakni motor tidak terjual selama bertahun-tahun. Kan miris….ini fakta cak. Makanya jangan heran sekarang tidak semua dealer mau nyetok Vixion. Kini motorsport legendaris ini adalah salah satu produk yang dihindari dealer diluar Mio S yang dipandang sulit dijual. Oleh karena itu ada baiknya Yamaha segera berbenah fokus untuk melakukan langkah-langkah kongkret dengan facelift total misalnya? keburu makin tenggelam cak…

Dan ingat, RND Jepang harus sudi mendengarkan masukan lokal. Sebab suara mereka adalah asset yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Masukan yang bisa menjadi petunjuk penting jika ingin produknya sukses dipasaran. No ngeyel, karepe dewe tiwas njeblut kayak kasus Vixion….(iwb)

55 COMMENTS

      • Jangan Cak , yang Mangkrak 2 itu Bakal di DaurUlang buat dagangan berikutnya
        Mueeeehehehehehee ?

        • Tampaknya Hooooonda sudah selangkah lebih maju dari persaingan dalam perekrutan potensial dan bersiap untuk membidik Quaaaaatararo unutk berbaju Repchol Honyyhda pada 202____3 nanti. Rumor ini datang dari Sppppplanyol????

    • Honda Juara Dunia F1 ????

      Katanya Hnd menang jualan metik doang , trus yahama jualan yang mana ? Sport ? Yang 5 varian 150 nya cuma diladeni jualan CBR doang ?
      Mueeeehehehehehee ?

  1. Saya bisa merasakannya cak, saya bisa merasakan aura kasih dalam artikel ini.. semacam kekecewaan terhadap suatu entitas tapi tidak bisa disebutkan

    • Honda Juara Dunia F1 ????

      Betul Cak , kecewa karena Dagangan cuman ngejual spek Brosur ,spek Aslinya bikin hidup Susah Cak
      Mueeeehehehehehee ?

  2. Sebenernya model vixion terbaru ini terlihat modern dan mature, elegan
    tp krg cocok ama selera sini..

    Krg gagah.. dr buntut, headlamp, shroudnya..
    sayang padahal yamaha dlu berani desain2nya, menggebrak pasar..

    sekarang desain2nya melempem..
    konsep2nya bagus, tp realitanya krg greget
    dr mio s, xride baru, freego, mio gear

    gliran merk sayap desain2nya mnrut ane skrg bagus2
    dr maticnya, vario bs dual headlamp, led dgn drl pula
    cb150x
    dll

  3. Disain selera bapack2 yg mulai ditinggalkan Honda, justru diambil vixion 2017. Ya wasalam. Kasian pegawai SPBU yg modif motor ini…ingat kata si ngabidin

  4. Honda Juara Dunia F1?????

    Trus Fby sibuk nge BC doang dagangan yang bikin susah hidup kaga bisa dijual2in
    Mueeeehehehehehee ?

  5. Selain desain perhatikan juga harga, sekarang beberapa produk yamaha harganya terlalu pede diatas honda, ingat harga jual kembali yamaha jatuh. Brand image juga dipegang honda, jadi yamaha buat motor yg komplit, bagus dgn harga dibawah honda minimal sama dgn honda.

    • Benar gan…, Harga…, Coba saat ini R15M harganya…, Design sih bagus…, Apakah sebanding dgn harga? …

    • Yamama jual pabiyo ke hareche
      Tampaknya Hooooonda sudah selangkah lebih maju dari persaingan dalam perekrutan potensial dan bersiap untuk membidik Quaaaaatararo unutk berbaju Repchol Honyyhda pada 202____3 nanti. Rumor ini datang dari Sppppplanyol????

  6. buritannya jelek wak..diliat dr belakang….kaya bukan motor sport…
    malah bagusan buritannya mx 2019

  7. Panasin terus cak biar yamaha mau rombak total tuh Vixion sesuai selera orang indo gud looking yang penting yang penting mesin sama aja gak ada yang komen pens boy nya beda lagi pens boy merek lainnya kalau gak suntik mati aja kalau misalnya tuh motor hidup pasti sambat hora payu kasihan miris padahal dia legenda

  8. Tengkinya plastik, soulnya motor laki hilang.
    dan kebanyakan material plastik di motor.
    Coba kembalikan ke fungsi dasar motor adalah alat transportasi. Bikin sesederhana dan seringan mungkin seperti VIXION OLD, semua partnya efektif berguna, bukan hiasan semata.

  9. Mending Yamaha bikin inovasi baru lg aja. misalnya vixion punya bagasi yg lega. Kd motor sportnya bisa byk fungsi: buat gaya ok, turing ok, bawa barang jas ujan dll ok.
    Mantep kayaknya tuh.

  10. Tren nya lagi matic bongsor cak, motor sport cc nanggung sudah mulai di tinggalkan. Kl yamaha mau perang di matic aja. Terutama designernya cari yg tau selera pasar.

Comments are closed.