iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Pabrikan asal Inggris, Chrighton Motorcycles baru-baru ini meluncurkan motor terbaru mereka dengan label Crighton CR700W. Menariknya cak, motor ini mengusung mesin rotari berkapasitas 690cc. Perlu sampeyan ketahui, mesin rotari memang sangat langka untuk diaplikasikan baik itu untuk mobil ataupun motor. Terakhir kali mesin jenis ini eksis yakni saat tertanam pada Mazda RX-8 yang sudah disuntik mati pada tahun 2012 lalu. Lalu seperti apa sosok Crighton CR700W? simak detilnya dibawah ini…

Mesin rotari memang sangat langka cak namun konfigurasi mesin unik ini dihidupkan kembali oleh Brian Crighton yang dibangun untuk ditanamkan pada sportbike CR700W… “Dalam banyak hal, CR700W merupakan pencapaian akhir dari karirku. Dikembangkan dengan insiyur utamaku yang luar biasa yaitu Shamoon Qurashi. Kami mampu membangun sebuah motor balap yang ringkas dengan mesin yang luar biasa” ujar Brian Crighton.

Sebagai informasi, Brian Crighton bukanlah nama yang asing di segmen roda dua, doi merupakan juara tiga kali di kelas 50cc dan sekaligus seorang insinyur. Ia juga termasuk yang mempelopori pembangunan mesin Wankel twin-motor di motor balap era 1980-an. Ketika itu, Brian menjadi insiyur teknisi di Norton, doi mengambil basis mesin dari Norton Commander berkubikasi 588cc yang telah di tuning ulang olehnya.

iklan iwb
iklan iwb

Kemudian diakhir tahun ini kangbro, Brian memberikan kejutan yakni dengan meluncurkan sportbike hasil kerja sama dengan Rotron Power dan lahirlah CR700W. Motor ini dibekali dengan mesin Wenkel yang mengadopsi 2 rotor berkubikasi 690cc yang mampu memuntahkan tenaga hingga 223 Hp di 10.500 Rpm dan torsi maksimal diangka 142 Nm pada 9.500 Rpm. Tenaga tersebut tersalur melalui transmisi manual 6 percepatan yang dirancang sebagai modul terpisah dari mesin untuk memudahkan pengaturan….

Last….untuk banderolnya, Crighton CR700W dijual sangat mahal yakni dengan tembus EUR85.000 atau sekitar 1,4 miliar. Selain itu cak, motor ini hanya tersedia 25 unit saja untuk seluruh dunia dan soal pembeliannya biker bisa memilih konfigurasi kaki-kaki yang diinginkan apakah dari platform Bitubo atau Ohlins. Artinya motor ini memang custom atau diracik sesuai pesanan alias hand made. Crighton CR700W ? masih puyeng, siapa yang akan beli yo cak ? (RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

9 COMMENTS

  1. Pertamax kah?
    Mantapp..ni motor punya power cukup untuk ngelawan motor wsbk. Torquenya ganas lebih besar daripada 4-inline 1000cc pd umumnya (sebanding kyk H2R yg supercharger) Soal bobot, yakin dari tampilannya pasti sangat ringan juga.

  2. Thn 70 an Suzuki RE5 pakek mesin rotary,
    Di atas kertas lebih Besar dari kompetitor ,
    Tapi pas di adu malah kalah sama Honda dan Yamaha dgn mesin Piston..

    Uda Makan bensi + Oli lebih boros , umurnya cuma sanggup 2 tahun Uda di stop Krn sepi peminat , habis itu Suzuki Balik lagi ke Piston 😌😌

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here