iklan iwb

Iwanbanaran.com – Mengerutkan dahi cak….diawal Gixxer 250 ABS dirilis PT SIS dengan banderol 49 juta OTR Jakarta, IWB awalnya berpikir….wah kok berani banget Suzuki mengingat Kawasaki saja kudu memberikan promo RR Mono dengan banderol terakhir diangka 37 jutaan. Tapi memang harus kita maklumi itu adalah harga terbaik yang diberikan Suzuki mengingat status Gixxer 250 adalah import. Yang artinya ada komponen pajak dibebankan pada Gixxer 250. Tapi dilalah seluruh mindset berubah cak. Ketika Yamaha dengan berani menggebrak pasar fairing sport 150cc termahal diangka 44,1 juta. WOww nyarisss mendekati harga baru Gixxer 250. Yang menjadi pertanyaan….Suzuki Gixxer 250SF ABS vs R15 V4 ABS…pilih mana ?? ini jawaban IWB !!

Pembahasan tentang Suzuki Gixxer 250SF ABS vs R15 V4 ABS cukup panas karena fansboy…atau haters…atau entah buzzer IWB nggak tahu memang sangat reaktif. Tapi IWB sendiri tidak perduli karena semua yang IWB tulis berdasarkan logika….feeling dan perasaan selaku Blogger tuwo. Blogger yang menjadi acuan sampeyan semua sehingga memang kudu dibeberkan dengan gamblang dan netral. Ora usah ewuh pakewuh sebab Iwanbanaran besar karena support sampeyan….bukan pabrikan. Makanya kalau ada Blogger berpikir bisa besar karena pro pabrikan…kuwiii bodo kuadrat….

Pro-lah pada followermu maka sampeyan akan besar. Sebaliknya…sampeyan bakal makin anjlok ketika melakukan black campaign…menjelekkan produk dengan harapan pabrikan yang dibela akan menggelontorkan dana atau support sampeyan, pemikiran yang pekok cak……dan pasti sampeyan finish. IWB pastikan sampeyan akan nyungsep karena sebagai Blogger sampeyan ora ono nilainya. Ora percoyo ? itung saja berapa Blogger bertumbangan karena kebodohan mereka sendiri. Dari Blogger sesepuh sampai Blogger “piyik” yang sebenarnya bukan Blogger tapi ngaku Blogger menjadi contoh sahih. So..menulislah apa adanya karena setiap jengkal tulisan kita berat pertanggung jawabannya buat para followers. Acuan lhooo…referensi ikiiii….bener hora. Kembali ketema..

iklan iwb

Suzuki menjual Gixxer 250 diangka 49 juta OTR Jakarta, ingat cak…harga ini Gixxer sudah ABS pula, jadi ini adalah versi antilock brake system. Dan jujur cak….awalnya IWB juga berpikir, wah mahal juga kieee 1 silinder 250cc dijual 49 juta karena disana juga ada RR Mono yang dijual Kawasaki menjadi hanya 37 jutaan dari sebelumnya 44 juta akibat potongan harga. Walau jujur keduanya beda pendekatan. Kalau Gixxer 250, sampeyan nongkrong diatasnya terasa tebal dan juga rileks. Mesin sih sama dimana ledakan tenaganya berada diangka 27PS namun ergonomi riding…sensasi diatasnya beda jauh. Fairing semi turing vs Racy bungkuk tenan. Kuwi pikiran IWB…

Namun semua mindset mahal tsb berubah ketika lahir new R15V4 yang menawarkan banyak fitur. Yup…Yamaha menawarkan produk fresh dengan basis desain R7. IWB sendiri cukup exciting sehingga Iwanbanaran salah satu blogger dan Youtuber yang mengabarkan new R15 V4 Indonesia secara intens. Dan singkat cerita….jederrrrrr, R15 V4 dijual diangka termurah 38,9 juta dan 44,1 juta. Sebuah harga yang menurut IWB fantastis luar biasa sebab sudah menabrak angka teritori 250cc…teritori mesin seperempat liter. Keberanian dan rasa pede luar biasa mungkin karena fitur traction control, ABS, Quick Shifter Up dan Y-connect. Mesin ? Tetap 155cc dengan power 19,3PS. Yang menjadi pertanyaan, dengan range harga yang sudah mepet….Suzuki Gixxer 250SF ABS vs R15 V4 ABS…pilih mana ?? ini jawaban IWB !!

Dengan harga yang hanya beda 5 jutaan, IWB harus akui mindset banderol Suzuki Gixxer 250SF ABS mahal jadi berubah. Walaupun mungkin kalah fitur seperti suspensi, swing arm, traction control, quick shifter (up only)….motor Suzuki ini langsung melejit berkat hadirnya R15 V4 versi WGP. Kenapa ? kubikasi, built quality dan power tidak bisa dibohongi cak. Kalau soal model IWB serahkan kesampeyan semua karena memang desain muka R15 V4 ini fresh banget. Selain itu jika sampeyan tipe biker suka fitur, monggo pilih R15 V4 sebab ini adalah standart baru mesin 150cc yang harus kita apresiasi. Lhaa terus kenapa IWB nggak tertarik dengan fiturnya ?

Bukannya nggak tertarik namun pricing serta kegunaan dijalanan nanti cak. IWB tahu betul kenapa fitur-fitur moge tsb lahir. Seperti QS dan TC….history awal sebenarnya diciptakan untuk meredam ledakan tenaga moge yang memang liar supaya lebih safety dan terkontrol. Namun pada mesin kecil ? apa yang diredam ?! lawong gas dipuntir mentok wae mung mringis?. Jujur cak…justru malah kurang nyaman. IWB wae kalau berkendara nunggang ZX25R mode KTRC (Kawasaki traction Control) selalu IWB matikan dan Riding mode diseting full Power karena jika tidak tarikan motor terasa lelet. Kuwi mesin dengan power 45PS, gimana dengan mesin 19,3PS ? sampeyan bayangin waelah…

Tapi kelebihan R15M yang harus menjadi pertimbangan sampeyan adalah hadirnya ABS…kuwi yang paling penting. Hanya saja jika pertanyaannya, Suzuki Gixxer 250SF ABS vs R15M V4 ABS…pilih mana ?? sampeyan sudah paham jawaban IWB. Jika saja banderol R15M bisa ditekan lagi mungkin lain cerita. Yup…kalau sampeyan menyukai fitur (karena sepertinya Yamaha memang menjual fitur divarian ini) diluar ledakan tenaga, monggo sampeyan pilih R15M. Semua pilihan masing-masing. Simpelnya nampang doang nunggang R15M, tenaga Gixxer 250. Karena IMHO beda 5 juta sampeyan sudah mendapatkan mesin 250cc power 27ps. Justru kalau saran pribadi mending sampeyan ngambil R15V4 versi standart kuwi lebih worthed cak…yang 38,9 jutaan kangbro….

Buat nampang sudah oke dan harga masih reasonable. Sementara jika pada range R15M khususnya WGP version IMHO mending ambil Gixxer 250SF yang sudah jelas performa dan built qualitynya khas Suzuki. Kira-kira demikian. Iki opini pribadi, nggak setuju monggo mawon. IWB sendiri cukup kuatir dengan keberanian pabrikan yang sudah merambah makin jauh meninggalkan angka 40 jutaan untuk mesin 150cc…dimasa depan akan terus naik dan naik jika respon kita para bikers mendukung, percayalah banderol akan terus digeser. Diluar fitur yang memang harus kita apresiasi suka atau tidak pricing para pabrikan disegmen ini sudah cukup mengerikan…

Last….mungkin akan ada komen komparasi ini terasa bias dan tidak apple to aple, kok mesin 150cc vs 250cc. Tapi ingat cak….bukan kita yang membuat bias, justru pabrikanlah yang membuatnya bias karena berani mematok harga produknya masuk teritori 250cc. Jadi walau beda segmen, wajar jika kita sandingkan keduanya. Pricing yang masuk kelas 250cc membuat kita harus membandingkan secara cermat…lawong banderolnya mepet pakde. Kuwi gambarannya. Sebagai pungkasan IWB lampirkan tes performa antara R15M vs Gixxer 250 dari negeri Bollywood dibawah. Nahh…kalau sampeyan sendiri piye cak, pilih Gixxer 250SF atau R15M WGP jika memiliki uang 50 juta? monggo berikan opininya….(iwb)

79 COMMENTS

  1. Secara power to weight ratio nya beda2 tipis antar keduanya, R15M dengan 5jt lbh murah bisa upgrade bore up kit brt 63mm buat nyaingin si gixxer, simpelnya R15 buat orang yang suka sport fairing yg racy banget posisi duduknya sementara gixxer lbh ke sport touring yg torsinya enak dari rpm bawah

  2. Yang nggak bisa bohong mesin CC besar itu suara lebih ngebas dan torsi lebih gede.

    Torsi lebih gede ini hubungannya dng fun to ride. Di kecepatan medium si CC besar rpmnya nggak teriak shg jd fun to ride bisa menikmati perjalanan.

Comments are closed.