iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Mantan pembalap MotoGP sekaligus rival Valentino Rossi di masa lalu, Max Biaggi baru-baru ini sukses memecahkan rekor terbaru dengan menggunakan motor listrik. Juara dunia enam kali itu menggeber motor listrik besutan Venturi Group dengan speed lebih dari 400 km/jam. Max Biaggi bersama rekan-rekannya melakukan pemecahan rekor ini di landasan pacu John F. Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat dan berhasil mencetak top speed mencapai 455,737 km/jam. Dengan begitu cak, Gildo Pastor selaku Presiden Ventury Group mengaku senang dengan pencapaian tersebut mengingat mereka telah berusaha keras untuk membangun motor listrik dengan performa tinggi tersebut…

“Dalam waktu kurang dari setahun kami berhasil menurunkan bobot motor sekaligus meningkatkan performa dan stabilitasnya. Setelah rekor yang kami buat pada November 2020 di kelas lebih dari 300 kilogram, rekor baru ini merupakan penghargaan besar lainnya bagi Venturi Group, untuk Max Biaggi, dan untuk mitra kami yang berharga, Saft, Michelin, dan Mercedes. Aku senang bahwa pengalaman yang diperoleh dari proyek ini akan membantu meningkatkan eko-mobilitas” ujar Gildo Pastor via roadandtrack.

Perlu sampeyan ketahui, sebelumnya Venturi telah mencetak rekor kecepatan pada November 2020 yang pada saat itu motornya mampu meraih top speed hingga 366,94 km/jam. Pengukuran dilakukan dalam waktu 2 jam, dan dengan menggunakan flying start dengan jarak lebih dari 1 km dalam satu arah kemudian balik lagi. Dalam rekor terbaru ini cak, Max Biaggi menggunakan motor Voxan yang dikenal sudah mencetak sebanyak 21 rekor dunia.

iklan iwb
iklan iwb

Last… Motor listrik Voxan ini tentunya berbeda dari motor pada umumnya mengingat motor ini dibuat dengan bentuk khusus untuk dipacu dalam kecepatan tinggi. Doi menggeber Venturi Voxan Wattman yang menganut wheelbase panjang namun tidak dilengkapi rem depan yang memang ditujukan untuk mencegah flashover. Untuk mengurangi kecepatan dari motor, biker menggunakan rem belakang dan engine brake cak. Yup, rekor ini tentu berkat kekuatan motor penggeraknya yang mampu memuntahkan daya maksimal hingga 447,1 PS dan torsi maksimum diangka 1.360 Nm. Tentu bukan hal yang mustahil cak motor berbobot 296 kg itu sanggup melesat hingga 455,737 km/jam…(RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

17 COMMENTS

  1. Mantap…. Senior yang laik ditauladani oleh riders muda dan para rookie masa kini dan masa depan nichhh……
    Yaa saya yakin dan percaya

  2. The King Emperor Roma Italian is coming backkk….. Ready to attackkkk…….. No fear no worry
    Yaa saya yakin dan percaya

  3. Dengan adanya rekor ini, rekor Biaggi bertambah lagi. Era GP500 Biaggi pemegang rekor top speed tertinggi sepanjang masa 318km/jam dengan Yamaha YZR500

  4. Mantab wak Biaggi. Mari kita share keahlian kita kepada kawula muda pecinta kekencangan and speed anthusiasts di seantero Indonesia Raya tercinta ini

  5. Om Biaggi nGedascolt bingitz dah euiyy
    Apa kaaagh…….. di tempat tidur juga masih joshanggos? Berapa punya bini beliau?

  6. gini aja
    Bisa gak venturi bikin sepeda motor ber BBM bensin, sekelas hayabusa/H2R
    kalo cuma motor powerbank , pabrikan ecek ecek iso gawe cak

  7. Dari pd ngelantur gw bagi sedikit pengetahuan.
    Hukum kekekalan energi berbunyi energi tdk dpt diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya bs pindah dari satu bentuk ke bentuk yg lain.

    Motor listrik sumber energinya dari baterai. Seperti baterai HP di-charge dari listrik. Listrik di Indonesia kan sumber pembangkitnya dari gas, minyak bumi, dan batu bara.
    Kalau kita isi baterai motor listrik 100 joule, berarti minyak yg dipakai pembangkit listrik utk ngisi baterai sebesar 100 joule jg. Jadi sama aja bohong dong. Memang iya. Klo gitu knp minyak 100 joule nya ga dipakai utk mesin biasa? Itulah anehnya. Malah kadang2 utk ngisi baterai 100 joule, minyak yg dibutuhkan bisa 110 joule krn ada yg hilang di tengah jalan.

    Motor listrik baru bisa berguna jika pembangkit listrik utk ngisi baterai berasal dr matahari atau angin (renewable energy).
    Motor listrik baru msk akal jika diaplikasikan pd negara2 spt Swedia, Prancis, Turki, Finlandia, dll yg pembangkit listriknya byk yg dr matahari dan angin (th 2025 >50%)
    Lah Indonesia ga serius membangun energi terbarukan, ya motor listrik sama aja bohong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here