iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Selain GSX-S1000 yang hadir dengan livery barunya, Suzuki juga meluncurkan Katana versi 2022 yang menjadi salah satu moge Suzuki yang dirilis pada ajang EICMA 2021. Moge retro modern besutan Suzuki ini menganut tampilan baru dengan warna biru doff alias matte blue dan juga mendapat update pada sektor elektronik serta mendapat update pada area mesin yang di mana sudah memenuhi aturan emisi gas buang Euro5. Lalu seperti apa sosoknya, simak detilnya dibawah ini…

Untuk tampilannya cak, kompetitor CB1000R ini masih menganut desain yang sama sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 lalu. Perlu sampeyan ketahu, Suzuki Katana merupakan moge retro modern lansiran Suzuki yang terinspirasi dari motor legendaris Suzuki yang terkenal pada era 80-an. Kesan retro sangat kentara mengingat motor ini mengadopsi headlamp dan buritan belakang dengan stoplamp yang berdesain klasik. Kemudian desain ini dihadirkan dengan menggunakan basis Suzuki GSX-S1000. Dengan begitu, mesin, frame, hingga kaki-kakinya sama dengan GSX-S1000 cak.

Pada area mesinnya kangbro, Suzuki Katana dibekali dengan mesin 4 stroke 4 silinder segaris DOHC 6 speed berkubikasi 998cc dengan sistem pendinginan cairan. Motor ini mengalami peningkatan tenaga cak yakni sekitar 2 PS dari sebelumnya 150 PS menjadi 152 PS di 10000 Rpm. Lalu untuk torsinya sendiri juga meningkat 2 Nm dari sebelumnya 106 Nm menjadi 108 Nm di 9500 Rpm. Tentunya dengan peningkatan power tersebut, konsumsi bahan bakar Katana juga menjadi sedikit lebih boros dari yang awalnya 18,9 km/liter menjadi 16,4 km/liter. Bukan hanya pada area mesin yang dirombak oleh Suzuki, namun mereka juga mengganti katalitik konverter agar lolos uji emisi Euro5.

iklan iwb
iklan iwb

Last… Meskipun mengusung tampilan motor klasik, namun untuk fitur yang tersemat justru sudah modern cak yakni mengusung headlamp LED, panel speedometer full digital, fitur elektronik ride by wire dengan 3 pilihan riding mode SDMS, 5 mode traction control, dan yang terakhir fitur quick shifter. Suzuki hanya menyediakan dua pilihan warna yakni Matte stellar blue dan grey. Sementara untuk banderolnya sendiri, Suzuki Katana versi 2022 dibanderol 14.190 Euro atau jika dirupiahkan sekitar 227 jutaan. So…new Katana 1000 2022 ? mungkinkah ada versi 150cc cak ?? sejauh ini memang negatif cak, tapi nggak tahu masa depan. Kalau menurut sampeyan sendiri piyee cak ? yes opo ora?….(RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

15 COMMENTS

    • desain model begini klo mesin kecil jelek, krn yg bikin keren adlh keseluruhan paket frame, mesin, ban , dll ….klo 150cc malah dikira modifan RXZ lawas 🤣

  1. Juossssss guwandhuooosssssss sekali pokoknya neh tunggangan harus kebeli.
    Garage n terrace rumah masih ada space kosong neh beibb

  2. Lebih keren ini daripada gsx bandit, tinggal rombak body, klo sasis masih bisa pakai gsx bandit
    Ayolah suzuki inovasi naked bike 150 cc jangan berhenti di gsx bandit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here