iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Sirkuit Mandalika telah sukses menggelar balap WSBK pada akhir pekan lalu. Seri terakhir WSBK tersebut dijuarai oleh Jonathan Rea (Kawasaki Racing) dan untuk gelar juara dunia berhasil direbut oleh Toprak Razgatlioglu (PATA Yamaha). Namun dilain hal kangbro, pasti sampeyan semua belum mengetahui arti kata Mandalika yang menjadi nama sirkuit internasional kebanggaan kita ini. Dalam KBBI, istilah Mandalika diartikan sebagai sebutan untuk orang yang berpangkat…

Arti kata tersebut bisa saja diadaptasi dari kisah-kisah kerajaan. Dan menurut berbagai sumber artikel ilmiah Mandalika merupakan nama yang diambil dari kisah lokal kota Lombok. Dalam kisah tersebut cak, Mandalika adalah gadis keturunan bangsawan, yakni gadis yang menjadi putri dari pasangan suami istri raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting. Hingga menginjak dewasa Mandalika menjadi seorang gadis cantik dan memiliki aura yang mempesona. Dengan begitu, ia menjadi idola dan dilirik oleh para pangeran dari berbagai kerajaan yang berbeda.

Bahkan sejumlah pangeran juga mendatangi Mandalika dan berani untuk mempersuntingnya. Ternyata hal ini membuat Mandalika gusar cak karena jika ia menerima salah satu pangeran yang melamarnya justru Mandalika khawatir akan terjadi konflik antar kerajaan karena kecemburuan yang terjadi.

iklan iwb
iklan iwb

Sekian waktu berlalu, kemudian Mandalika mengumpulkan seluruh pangeran dari berbagai kerajaan yang memang bersiap untuk melamarnya. Saat itu, ia dikawal prajurit kemudian datang menghampiri para pangeran yang telah datang tersebut. Lalu Mandalika berdiri diatas batu yang berada ditepian tebing laut dan menghadap ke para pangeran seraya mengucapkan bahwa dirinya menerima seluruh lamaran dari para pangeran tersebut.

Namun ironisnya cak, setelah ia berujar menerima seluruh lamaran justru hal yang tidak terduga terjadi. Dari atas batu yang dipijak, Mandalika tiba-tiba melompat dan menceburkan diri ke laut. Seluruh pangeran terkejut kemudian mereka dan rakyat yang hadir berupaya mencari tubuh Mandalika di laut. Sayangnya, usaha tersebut tidak membuahkan hasil dan Mandalika tidak ditemukan sehingga menjadi misteri hingga sekarang.

Legenda menyebutkan setelah mereka mencari Mandalika ternyata muncul segerombol cacing berwarna-warni dan masyarakat meyakini bahwa cacing tersebut merupakan jelmaan Putri Mandalika. Yup di era sekarang cak, Mandalika tentunya sudah menjadi sirkuit yang indah tempat berjuangnya para rider untuk merebut kemenangan. Seperti namanya, Sirkuit Mandalika juga sukses menyajikan view yang cantik dan mempesona…(RA iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

12 COMMENTS

  1. Sekali kesana cak , belum ada sirkuit MotoGP….tapi ada sirkuit jalan rayanya . Memang indah. 1 yang kurang menurut saya , harusnya ada contur berbukit yang dipakai…jadi ada naik turunnya sirkuit tsb . Mirip portugal punya , dijamin semakin indah dan menantang 😂

  2. Tr46is persiss VR46 Lejen Melempem yang tidak bisa ditauladani sama sekali oleh para rider muda n para rookie.
    Skill sebatas tendangan goib sepang 2015. Hanya RCV yang bisa menirukannya dengan sepak lurus pemutus tulang humerus bikin alien pasang selang infus jerez 2020
    Kuoplokkk hoeekkkk hoeekkkk hoeekkkk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here