iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…Jian ono ono wae kiee, menjelang balapan perdana World Superbike Mandalika, Indonesia. Baru baru ini publik digemparkan sebuah Video yang memperlihatkan seorang tim dari MGPA (Mandalika Grand Prix Association) membuka Box berisi motor Ducati Panigale V4R milik Michael Rinaldi yang musim ini membela Aruba.IT Ducati Team. Apakah ini diperbolehkan???

Logistik World Superbike telah tiba di lombok dan diangkut menggunakan dua pesawat kargo dengan keberangkatan dua kali yakni pada hari Senin dan Selasa kemarin. Dan Pesawat kargo jumbo Boeing 777 Freighter milik maskapai Qatar Airways ini pertama kali leading pada Senin sekitar pukul 23.01 WITA yang bermuatan kargo sebanyak 217 koli dengan berat 68.022 kilogram.

Setelah tiba, box yang berisi motor dan perlengkapan balapan segera diangkut oleh kontainer menuju sirkuit Mandalika cakk. Namun tidak lama setelah box berdatangan, kejadian yang tidak terdugapun terjadi. Kejadian yang bikin gempar ini secara bertahap diketahui oleh publik dan semuanya berawal dari sebuah instagram story milik akun @dwilalu08 beberapa waktu yang lalu dimana dalam video tersebut memperlihatkan seorang tim dari MGPA lengkap dengan id card membuka box motor Michael Rinaldi yang baru mendarat di sirkuit Mandalika.

iklan iwb
iklan iwb

Banyak pihak yang langsung memberikan kritikan pedas mengenai kelakuan ‘lancang’ dari seorang tim dari MGPA tersebut cakkk. Karena secara regulasi yang diperbolehkan membuka box tersebut adalah pihak bea cukai dan juga tim World Superbike masing masing. Hal ini tentu menyita banyak komentar negatif dari publik karena kejelasan informasi yang didapatkan masih simpang siur apakah kejadian tersebut legal atau justru ilegal.

Namun yang cukup jelas adalah, bahwa tim MGPA yang membuka peti tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Eksekutif World Superbike, Gregorio Lavila memastikan bahwa pihak yang terlibat telah dipecat. Behhh…

“Kami sangat menyesal, kejadian ini di luar kendali kami. Karyawan itu sudah dipecat.” ucap Lavila dengan singkat seperti yang dilansir oleh Speedweek.

Sementara itu, Video lainnya yang juga bikin gempar dimana akun Youtube ‘Soul Kuta Lombok’ juga melakukan hal serupa, dengan kondisi box telah terbuka, ia mengutak atik gass dan juga tuas rem motor dari Michael Rinaldi. Setelah beberapa saat video tersebut langsung di privasi oleh sang pemilik akun.

Ia juga mengklarifikasi jika box telah terbuka Saat ia mengambil Video tersebut dan ia menambahkan jika box telah di unboxing oleh bea cukai.

“Motor diunboxing oleh pihak bea cukai untuk mengecek kelengkapan dokumen. Saya salah telah memvideokan proses pengecekan… terima kasih telah mengingatkan dan memberi pelajaran yang sangat berharga dalam hidupku. Saya memang tidak tahu sama sekali ini tidak boleh dipublikasikan. Video langsung saya privasikan beberapa jam setelah diuload.” jelas pemilik akun Soul Kuta Lombok

Sementara itu, pihak Bea Cukai Mataram mengatakan jika pembukaan box kargo yang berisi motor Ducati tersebut telah dilakukan sesuai undang undang yang berlaku dan dengan kehadiran personel Bea Cukai di lokasi.

Beberapa poin yang disampaikan oleh pihak Humas Bea Cukai Mataram kepada Kompas.com diantaranya seperti dibawah ini cakkk.

1. Pemeriksaan fisik atas barang impor dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan
2. 2. Dalam melakukan pemeriksaan fisik barang impor dan ekspor, pejabat Bea dan Cukai selalu didampingi/disaksikan oleh importir atau kuasa pemilik barang atau pihak lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.
3. 3. Importir atau kuasanya menyiapkan barang untuk diperiksa, mengeluarkan kemasan di bawah pengawasan pejabat Bea dan Cukai, dan membuka kemasan yang akan diperiksa.

“Perlu kami jelaskan bahwa dokumentasi di medsos sebagai bagian dari edukasi dan bentuk tanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas, serta kami upayakan tidak mengandung informasi yang sensitif,” tulis pernyataan resmi Humas Bea Cukai Mataram kepada Kompas.com mengenai video-video yang diunggah akun instagram @beacukaimataram selama proses penurunan logistik WSBK.

Pihak Bea Cukai Mataram menekankan video unboxing lain yang ramai di media sosial bukan milik mereka.

“Sementara itu, dokumentasi lain yang beredar bukan diproduksi oleh Bea Cukai,” lanjut pihak mereka yang diwakili oleh Dimas Pratama, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Mataram. Apapun itu cak, dilapangan yang mengetahui memang petugas disana. Dan IWB sarankan, teman-teman Youtuber atau Vlogger disana agar lebih hati-hati karena nama Indonesia dipertaruhkan disini..

Yup…dibukanya motor Ducati WSBK langsung menjadi pembicaraan media asing. Protes beat dilakukan Karena seluruh komponen yang nyantol dalam motor balap bersifat very confidential. Jadi haram cak hukumnya sampeyan megang motor balap kelas dunia seperti WSBK atau Motogp kecuali orang berwenang. Lawong IWB wae pernah mendapatkan akses ke paddock HRC dan Suzuki, diijinkan foto bareng RC213V serta GSX-RR namun dengan penegasan…” Do no touch the bike” jangan sentuh motornya. Nyentuh wae ora bisa….

Yahh mungkin teman-teman disana baru tau cak. Makanya sekarang kita ingatkan biar lebih hati-hati. So…teman-teman di Lombok yang ada dilokasi, yuk jaga nama baik Indonesia untuk bisa lebih hati-hati karena mata dunia sedang melihat Indonesia sekarang. Stop juga hujat pelaku karena toh doi sudah minta maaf. Dan menurut IWB walau salah besar namun mereka hanya faktor ketidak tahuan dan IWB rasa setelah kejadian ini teman-teman yang disana pasti juga akan jauhh lebih hati-hati. So…suksesnya WSBK dan Motogp di Mandalika, Gooo merah putih !! (CB iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

27 COMMENTS

  1. Manusia tidak lepas dari salah/hilap, mungkin karena ketidak tahuannya dia melakukan itu, baik disengaja atau tidak, atau merasa bagian dari kerja di lingkungan Sirkuit Mandalika. setelah beliau meminta maaf, bahkan kabarnya di pecat dari pekerjaannya, setidaknya kita tidak usah ikut ikutan memojokannya.

    • masih was2 dgn oknum2 yg punya drone, krn inilah yg paling susah dipantau, bisa dr mana saja menerbangkannya ….angin d tepi laut susah ditebak, kadang bs tiba2 kenceng, drone mini pasti rawan

  2. Yg unboxing itu punya keluarga, anak, isteri, orang tua. Makanya gua setuju, stop menghujat.
    Indonesia kebiasaan menghakimi orang. Coba dia yg gk sengaja melakukan kesalahan, terus dihujat. Emang enak…

    • Bukan orangnya di hujat……tapi pribadi & adab yg unboxing yg harus di benahi dengan kata lain berpikir dulu sebelum bertindak

      • Sirkuit dan kelengkapan belum siap 100% langsung hajat besar.. ibarat baru lahir langsung disuruh lari…

        Biasanya sih sirkuit sudah rampung.. (track, paddock, pit, race control dll untuk balapan) bangunan utamanya.. baru tahun kemudian, mengadakan level balapan internasional…

  3. Kalau ane sih mending objektif saja.. Siapapun pasti tidak suka kalau barang pribadinya dipegang2/diutak atik oleh orang lain tanpa seizin atau sepengetahuan yg empunya apalagi ini barang seharga miliaran.. Lebih baik diproses secara hukum saja pelaku2 nya yg terlibat, apalagi kalau nanti setelah diperiksa ada kecacatan yg terjadi pada barang, kalau sanksi sosial berupa hujatan / pemecatan saja dirasa belum cukup memuaskan dahaga netizen yg gampang panasan… Wkwkwk

  4. Ini semua gara-gara youtube,insta kawan-kawannya, jadi otaknya yg buka dan kawan-kawannya sudah di cuci sehingga isinya hanya buru-buru kejar konten, konten dan konten isinya, bikin malu 1 negara.

  5. Yang jadi pertanyaan, kenapa harus ada “Pemeriksaan fisik atas barang impor dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan”
    Ini kan motor balap untuk event, kenapa bea cukai harus ikut campur.
    Kalo menurut saya biarlah pihak pembalap yang melakukan pemeriksaan.

  6. Gitu lah kalo mentalnya mental orang baru kenal sosmed. Dikit2 share, pamerrr biar orang2 pd tau dia pernah pegang motor WSBK. Pojokin aja biar kena sanksi sosial yg luar biasa. Sangat berpotensi merugikan Indonesia soalnya.

  7. Paling tidak orang tahu Ducati ikut wsbk karena yg dibahas selama ini yamaha(toprak) dan kawasaki(rea) tingga ngondah sebenernya ikut apa kagak sih??????

  8. Memang itu perbuatan salah. Tapi jangan hanya salahkan satu orang. Manajemen secara keseluruhan juga ikut bersalah. Karena tidak memberi info dan edukasi pada pegawainya.

  9. Jujur saya malu, tapi untuk teman2 di luar panitia pelaksana wajar kalau tidak tahu apa yg boleh dan tidak untuk di lakukan di sekitar unit balap, nama nya akses informasi orang beda2, tapi harus nya, pihak pelaksana sudah harus JAUH LEBIH TAU apa yg boleh dan tidak dan memberi peringatan bagi yg TIDAK TAU.. foto bersama unit motor apalagi menyentuh itu sudah SALAH BESAR walau tidak dipublikasikan sekalipun… klo kata org sunda itu culanguk, barang bukan milik nya di geratak2,, sy pribadi pun bakal marah klo milik pribadi saya di utak atik orang lain yg ga saya kenal apalagi tim balap profesional kelas dunia.. ya itu perumpanaan gampang nya saja..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here