iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….suka atau tidak Motogp Sepang saat ini menjadi favorit orang-orang Indonesia. Dari ujung ke ujung kalau IWB ke Sepang pastinya ketemunya Wong Indonesia. Kenapa demikian ? karena jiwa racing wong Indonesia ki emang tinggi cak…luarrr biasaaa pokok e. Nahhh….dan tidak bisa dipungkiri selama ini setiap Motogp race Malaysia Indonesia menjadi penyumbang terbesar soal penonton dari luar Malaysia. Itulah kenapa tidak heran dengan kehadiran Mandalika circuit ternyata membuat Malaysia kuatir bahwa Sepang akan sepi. Nahhh, gimana caranya biar penonton tetap terjaga ? dari sini IWB baru ngeh…eaalahhh ngono tooo….

Sepang, kalau kita membahas sirkuit ini memang luar biasa. Bahkan Sepang IWB sebut sebagai the best Circuit Asia Tenggara. Besar, fasilitas lengkap…..sirkuit bagus dan terletak diperbukitan sawit yang memang cukup panas. Kelebihan sirkuit Sepang adalah jalan akses ke sana yang juga mantap tenan. Tol besar dan teratur sehingga mayoritas penonton Indonesia menyukainya. Apalagi tiket pesawat dari Indonesia ke Malaysia tergolong murah. Tidak heran Sepang Race selalu penuh oleh orang-orang Indonesia. Namun suka atau tidak Mandalika akan memecah konsentrasi penonton di Sepang jika tidak dikelola dengan baik…

Hal ini diungkapkan Razlan Razali ketika Mandalika mulai mencuat di 2019. Sebagai pejabat tinggi sirkuit Sepang, Razlan mengakui beberapa sirkuit Asia tenggara akan menjadi ancaman nyata buat Sepang Motogp termasuk Mandalika. Sebab selama ini Sepang memiliki jumlah penonton luar biasa dari beberapa negara tetangga. Itulah kenapa menurut Razlan, mereka meminta Dorna agar bisa mengatur jadwal supaya Sepang tidak sepi penonton…

iklan iwb
iklan iwb

“ Carmelo [Ezpeleta] dan Dorna telah memberi tahuku sebelumnya balapan mana yang akan datang di Asia. Aku katakan padanya tidak masalah jika Indonesia menggelar Motogp, termasuk Thailand. Dan dia juga berbicara padaku sepertinya dimasa depan Vietnam bisa saja masuk. Ini bagus untuk olahraga balap. Kami perlu mendukung upaya apa pun yang dilakukan untuk memastikan bahwa MotoGP tetap digandrungi..

” Namun Kami ingin Sepang tetap masuk dalam kalender kedua dari belakang karena kami melindungi fans yang suka di Malaysia. Mereka bisa nonton ke Thailand, Indonesia, Vietnam atau ke mana pun di dunia. Tapi jangan sampai mereka tidak menonton di Malaysia….” seru Razlan. Dari sini bisa kita analisa cak, sepertinya memang sangat aneh jadwal Indonesia Motogp masuk diawal musim. Karena dari flownya pun terkesan melenceng mengingat Asia biasanya masuk akhir musim…

Karena jalur logistik dan flightnya pas…dari Jepang, Thailand, Australia dan Malaysia (tinggal dibolak balik). Sedang Indonesia yang notabene satu jalur fligt malah melenceng di awal musim atau tepatnya setelah Qatar alias 20 Maret 2022. Kok mau-maunya Dorna wira-wiri dengan jarak Indonesia Qatar kemudian balik Eropa berjarak ribuan kilometer. Kenapa dibikin ribet ? Dari sini IWB baru ngeh, sepertinya jadwal ini disengaja untuk melindungi penonton Sepang Malaysia. Kenapa ? sebab jika kalender Motogp Sepang vs Mandalika dalam bulan yang sama dipastikan penonton Indonesia akan lebih memilih Mandalika mengingat momen race tidak banyak perbedaan. Ini beda jika dipecah awal dan akhir musim….

Lawong awal musim masih belum hot alias warming up dan akhir musim biasanya adalah penentuan juara dunia. So…penonton tidak akan terpecah alias tetap nonton Sepang sebab beda moment dengan Mandalika. Artinya yang sebelumnya nonton Mandalika GP, terbuka tetap nonton Sepang GP karena moment beda tersebut. Waahh ini sih smart cak, pinter juga yak. Makanya nggak dibarengin dalam bulan yang sama….

Last….IWB melihat Dorna berusaha melindungi masing-masing teritori terutama Malaysia yang jelas gagal mendapatkan penonton WSBK sehingga balap WSBK mundur dari Sepang. Sedang Indonesia selama ini memang menjadi penyumbang terbesar penonton di negeri jiran khususnya Motogp. WSBK ? sejauh ini sih seneng tapi nggak segandrung Motogp sehingga extra effort untuk pergi kenegeri tetangga masih standart. Sedang Motogp ? dijabanin cak. Namun kalau dinegeri sendiri ? tetap digas walau WSBK sekalipun. Terbukti hingga detik ini berita dishare….tiket WSBK sudah terjual hingga 15 ribu dari 20 ribu yang diberikan pemerintah. Malaysia kuatir Mandalika akan membuat sepi penonton Motogp Sepang ?? kalau setingannya gini sih emang ampuh…jiann pinter tenan hehehe (iwb)

Jadwal MotoGP 2022

6 Maret: Losail Circuit / MotoGP Qatar
20 Maret: Mandalika Street Circuit / MotoGP Indonesia
3 April: Termas de Rio Hondo / MotoGP Argentina
10 April: Circuit of the Americas / MotoGP Amerika Serikat
24 April: Portimao / MotoGP Portugal
1 Mei: Jerez / MotoGP Spanyol
15 Mei: Le Mans / MotoGP Prancis
29 Mei: Mugello / MotoGP Italia
5 Juni: Catalunya / MotoGP Catalunya
19 Juni: Sachsenring / MotoGP Jerman
26 Juni: Assen / MotoGP Belanda
10 Juli: KymiRing / MotoGP Finlandia
7 Agustus: Silverstone / MotoGP Inggris
21 Agustus: Red Bull Ring / MotoGP Austria
4 September: Misano / MotoGP San Marino
18 September: MotorLand Aragon / MotoGP Aragon
25 September: Motegi / MotoGP Jepang
2 Oktober: Buriram / MotoGP Thailand
16 Oktober: Phillip Island / MotoGP Australia
23 Oktober: Sepang / MotoGP Malaysia
6 November: Valencia / MotoGP Valencia

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

15 COMMENTS

  1. Sudah benar itu lek, dari qatar ke Indonesia lanjut ke timur menuju amerika dan baru ke eropa lalu ke asia lagi, tapi nanti klo di Asia tenggara ada tambahan lagi Thailand dan vietnam agak ribet juga ngaturnya

  2. Mandalika bakal menjadi anak emas dorna/FIM buat menggelar event balap internasional mengingat potensinya yg sangat besar minimal buat menaikkan rating siaran,asal jgn ada penonton indo yg bar2 bikin malu.

  3. I see ngono toh lek, bisa dibayangkan bangun sirkuit segede pulau trs penontonnya upin ipin sama jarjit doang 😂😂😂

  4. Kemungkinan seri pembuka mandalika sbgai ujicoba dorna kl rame bukan tdk mungkin akan jadi seri finale atau sbgai pengganti sepang yg sepi peminat SBK & F1. Tp smua kembali ke pemerintah kl akomodasi dan biaya2 lain lebih murah drpd k Sepang bukan tdk mgkn seri Mandalika bs lebih ramai penonton dr seri Valencia

  5. Ke sepang cuma nonton kebun sawit cak,, di Indonesia, bisa jalan jalan ke Lombok, bahkan deket ke Lost Paradise, Bali. Atau bisa sekalian juga ke Raja Ampat atau Bunaken. Istilah nya, waktu musim dingin di Eropa atau Amerika, orang luar juga bisa sekalian liburan ke negeri Tropis macem Indonesia. Apalagi view Mandalika itu emang wow banget. Apalagi nanti kalau udah agak hijau. nikmat mana lagi yang kau dustakan?
    tinggal para sponsor, pejabat sama pegawai aja yang kudu pinter mengemas IKLAN GP Mandalika.

  6. Tapi ada kesan lain dengan rute Qatar-Indonesia-Eropa. Ini semacam ngasih kesan yang kuat bahwa Indonesia jadi bener2 penting. Direla-relain jalur muter jauh ( ongkos, tenaga lebih besar ) demi promosikan Mandalika. Kesan nya seperti diistimewakan.
    Lha kalo emang gak penting yo mending Indonesia dikumpulin bareng Asia tenggara. Jadinya gak “wah”. Cuma jadi batu loncatan atau ampiran saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here