iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….mata melek sekarang, lek boso enake jadi mudeng setelah negeri ini memiliki sirkuit bertaraf Internasional pasca Sentul di 1997 silam. Kenapa ? karena kita jadi tahu proses pengecatan sirkuit WSBK atau Motogp yang ternyata prosesnya termasuk cepat dan canggih. Seperti apa ? simak detilnya dibawah ini…

Seperti yang sampeyan tahu beberapa hari lalu Dorna sudah mengirim tim painting sirkuit yang memang khusus didatangkan sesuai dengan skill mereka. Dilalah cak, berkat Youtuber Lombok kita jadi tahu proces pengecatan yang tidak lagi tradisional. Namun mereka sudah menggunakan alat khusus seperti semacam painter car yakni boso enake gerobak yang sudah dibekali mesin penyemprot cat dengan tingkat semprotan yang bisa diatur…

Tim pertama kali akan memberikan tanda dengan benang yang ditarik. Benang ini sudah diatur sesuai ukuran yang dipatok. Mereka biasanya akan mengikuti garis drainase. Dari sana mereka tinggal menjalankan ” gerobak pengecat” dan harus berpatokan dari benang melalui stik alat yang sudah dipasang didepan. Proses ini juga nggak sembarangan cak karena tim kudu berjalan sesuai ritme. Terlalu cepat berjalan debit cak yang disemprot bisa terlalu tipis sedang terlalu lambat ketebalan juga berbeda. So…kudu pas. Mereka memang orang-orang yang sudah terlatih dan inilah kelebihan tim kerb painting Dorna yang biasa ngurusi trek Motogp ataupun WSBK….

iklan iwb
iklan iwb

Sebagai informasi cat yang digunakan adalah cat khusus. Cat ini harus water proof, tidak membuat licin trek dan aman pastinya. Sesuati dengan regulasi FIM tentang cat sirkuit bakap, berikut isi detilnya…

4.11.1 FIM Approved paint

The paint to be used for the white lines and the kerbs along the track, for the starting grid and for any other marking on the track, in the pit- lane and on the asphalt run-off areas must be approved by the CCR/FIM. The use of the CCR/FIM approved paint is recommended.

The CCR/FIM approved paints are the following:
DREW PAINTS, INC. 09NS-Series W/B Circuit Marking Paint
SWARCO LIMBOROUTE Circuit line WBP
COLORIFICIO SAMMARINESE Samoline Antiskid paint (8550.0500)
COLORIFICIO SAMMARINESE Samoline Starting Grid (white or black)

Circuits shall keep at the disposal of the Safety Officer, the FIM Inspector or the Jury President, the paint order forms and invoices, so that it can be proved at any time that the paints used are the FIM approved ones. The paint application method defined by the manufacturer shall be scrupulously followed. The approval procedure can be obtained from the CCR/FIM Administration.

Lebih kurang artinya sbb.

Cat yang akan digunakan untuk garis putih dan trotoar di sepanjang lintasan, untuk grid start dan untuk setiap marka lainnya di trek, di pit-lane dan pada daerah limpasan aspal harus disetujui oleh CCR/FIM. Penggunaan cat yang disetujui CCR/FIM adalah direkomendasikan. Cat yang disetujui CCR/FIM adalah sebagai berikut:

DREW PAINTS, INC. 09NS-Series W/B Circuit Marking Paint
SWARCO LIMBOROUTE Jalur sirkuit WBP
COLORIFICIO SAMMARINESE Samoline Cat anti slip (8550.0500)
COLORIFICIO SAMMARINESE Samoline Start Grid (putih atau hitam)

Yup..itulah sekilas tentang cat trek yang sekarang under progress sedang berjalan. Masalah cat wae menarik cak….kuwi belum lain-lainnya. Nah, untuk memberikan gambaran proses pengecatan sirkuit Mandalika IWB sudah lampirkan beberapa gambar dari tim Dorna sedang melakukan tugasnya. Canggih euy….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

26 COMMENTS

  1. Wah sayang banget kenapa TKA yang eksekusi, apa memang kita tidak punya tenaga profesional dibidang itu? atau memang sudah sepaket dengan pengerjaan proyek yang lainya.
    Costnya tinggi banget pasti

  2. Dorna emang nekat kasih ijin ke Indonesia mengingat masih banyaknya sarana n prasarana yg belum kelar perhari ini,biasanya sebuah negara baru di kasih ijin setidaknya setaun sebelum event di gelar dg catatan sarana prasarana dah beres 100%,artinya begitu pentingnya Indonesia buat Dorna seolah2 apapun yg terjadi Indonesia harus dapat kalender taun ini.

  3. Lebay, di indonesia udah banyak kali yang pake alat ini buat ngecat marka. Dari judul juga, judulnya kerb tapi yang dikasih liat ngecat marka luar -_- hadeh cak cak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here