iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Perlu sampeyan ketahui, Pada 2020 lalu di gelaran China International Motorcycle Trade Exhibition (CIMA) yang ke-18. CFMoto meluncurkan motor baru mereka dengan label CFMoto 1250TR-G Grand Tourer. Yup motor ini mengusung genre big bike touring sehingga memiliki dimensi yang besar dan gambot. Selain akan dijual ke khalayak publik, CFMoto juga menargetkan motor ini sebagai pemasok untuk kendaraan polisi dan pihak keamanan Tiongkok. Namun sayangnya kangmas, pada tahun lalu 1250TR-G Grand Tourer gagal masuk ke ranah produksi akibat pandemi global…

Namun beberapa waktu lalu cak, pada ajang gelaran CIMA 2021 CFMoto akhirnya secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan kembali motor ini kepada publik. Nah CFMoto sengaja memproduksi motor ini karena mereka memiliki tujuan tersendiri yakni untuk menantang motor kompetitornya seperti BMW R1250RT dan Honda Gold Wing. Selain itu, motor ini memiliki kesan mewah cak khususnya pada bagian dashboard karena sudah dibekali dengan panel speedometer full digital.

Untuk desainnya sendiri, motor ini memang mirip dengan BMW R1250RT. Meski demikian, CFMoto 1250TR-G Grand Tourer sudah dibekali komponen dan fitur berspesifikasi tinggi. Ternyata cak, CFMoto bermitra alias bekerja sama dengan KTM. Dengan begitu, beberapa komponen dari KTM sudah tersemat di motor touring ini. Beberapa komponen tersebut yakni suspensi WP, dan untuk mesin memakai KTM LC8 yang digunakan pada 1290 Super Duke. Pada bagian Mesin mengadopsi konfigurasi paralel-twin 75⁰V yang mampu memuntahkan tenaga hingga 140 Hp dan torsi maksimal diangka 120 Nm.

iklan iwb
iklan iwb

Last… Untuk mengimbangi mesin berperforma tinggi ini cak, CFMoto 1250TR-G Grand Tourer dibekali sistem pengereman radial dari Brembo yang sudah dilengkapi teknologi ABS dari vendor Bosch. Bukan cuma itu kangbro, bagian suspensi WP ini juga bisa diatur secara elektronik sesuai dengan selera biker, lalu pada bagian roda memakai pelk multipalang yang dikombinasikan dengan ban Pirelli. Sementara untuk banderolnya sendiri, CFMoto 1250TR-G dibanderol dengan harga 99.980 yuan atau jika dirupiahkan sekitar 221 jutaan. Harga tersebut lebih murah cak jika dibandingkan dengan BMW R1250RT yang dibanderol 130.586 yuan atau sekitar 288 jutaan….(RA iwb)

CFMOTO 1250TR-G SPECIFICATIONS

ENGINE
TYPE Liquid-cooled, DOHC, eight-valve V-twin
CAPACITY 1279cc
BORE & STROKE 108 x 69.8mm
COMPRESSION RATIO 12.5:1
FUEL SYSTEM Bosch EFI

PERFORMANCE
POWER 105kW (140hp) at 8500rpm
TORQUE 120Nm at 7000rpm

TRANSMISSION
TYPE Six-speed
CLUTCH Wet, multi-plate, slipper function
FINAL DRIVE Chain

CHASSIS & RUNNING GEAR
FRAME Tubular-steel diamond frame employing engine as stressed member
FRONT SUSPENSION Semi-active WP fork with electronically adjustable damping
REAR SUSPENSION Semi-active WP monoshock, with electronically adjustable preload and damping
FRONT BRAKES Twin 320mm floating discs with four-piston Brembo calipers, Bosch cornering ABS and traction control
REAR BRAKE 240mm disc with twin-piston caliper, Bosch cornering ABS and traction control

WHEELS & TYRES
WHEELS 17 x 3.5-inch (f), 17 x 6.0-inch (r), cast aluminium
TYRES 120/70 ZR17 (f), 190/55 ZR17 (r)

DIMENSIONS & CAPACITIES
WEIGHT 300kg
SEAT HEIGHT 820mm
WHEELBASE 1482mm
FUEL CAPACITY 22.7L

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

9 COMMENTS

  1. Gua heran ampe skr, pemberian speaker gitu apalagi speaker dgn kualitas bagus dan ternama apa ga mubazir ya, klo pas jalan kan suara speaker terdistori sama berisik suara disekitar, walaupun speakernya punya kualitas baik tetep aja ga bs dapet suara jernih kek kita dengerin headset, peruntukan utamanya speaker itu apakah dimainkan pas motor jalan atau pas parkir sih?

    • jawabannya ada di gambar terakhir. Dipakai ketika sedang di jalanan sepi. Atau juga ketika sampai ke basecamp , atau rehat sejenak ngopi di pinggir jalan: buka kompor, buka matras, masak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here