iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…merinding cak, asli IWB bungah ora ketulungan setelah akhirnya balapan motor kelas dunia menjamah Indonesia. So…lupakan dulu kisruh WADA dan sekarang mari perhatian kita fokuskan pada hiruk hiruk suasana persiapan Race pertama yakni Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). Betul cak, balap IATC sebagai pembuka akan digelar tanggal 12-14 November 2021 dan tahukah sampeyan, motor-motor balap Honda NSF250R sudah mulai berdatangan di Mandalika. Wihh juozzzz !!!

Konfirmasi ini dilayangkan IG resmi Mandalika yang memuat caption menarik. Disana tertuang kalimat sbb….

” Motor motor IATC ( Idemitsu Asia Talent Cup) sudah tiba di Indonesia, ternyata merekalah yang pertama akan mencicipi aspal sirkuit Mandalika, sudah ngga sabar menunggu aksi aksi pembalap pembalap junior ini menekan gas sampai pool di sirkuit kebanggan Indonesia 12 -14 November 2021 dan ini adalah kali pertama event ini digelar di tanah air .. yang jelas nyali mereka ngga kalah dengan pembalap WorldSBK atau MotoGP yang ketiga event dikelola oleh Dorna Sport…” serunya….

iklan iwb
iklan iwb

Sebagai informasi, motor-motor ini dikirim via peti kemas dan terbungkus rapi dengan plastik. Honda NSF250R memang menjadi motor yang dipilih IATC sebagai motor penjenjangan. Karena didunia hanya NSF250R yang dipandang cocok. Mesin kecil, ringan dan powerfull. Engine ini pengembangan khusus cak. Jantung Honda NSF250R memiliki diplacement 249cc DOHC satu silinder. Klep terbuat dari titanium dengan tujuan mengurangi gesekan, tahan terhadap pressure dan suhu berlebih akibat rpm tinggi…

Untuk menjaga engine tetap kompak terpusat pada satu titik massa maka konstruksi silinder dibuat pada kemiringan 15derajat. Tidak hanya itu….kepala serta dinding silinder dilapisi nikel silikon. Fungsinya sekali lagi untuk reduce friction dan meningkatkan keawetan mesin. Shaft balancing ditempatkan sedemikian rupa pada crankshaft sehingga bisa membantu kekuatan mesin dan konsentrasi massa. Efeknya….rotary maksimal permenit mencapai 14ribu, output tenaga tembus 35,5kw/13,000rpm (setara dengan 47,5hp). Opo ora edan!!! 😯 . Terus gimana dengan sasis?..

Basic casing dan sasis NSF250R sebenarnya sama dengan RS125. Tapi frame dan swing arm dikonfigurasi ulang menyesuaikan karakter mesin 4tak. Begitu pula struktur suspensi….dasarnya identik dengan RS125. HRC tidak mau membuang ciri khas kestabilan motor Honda ketika mengerem seperti yang sudah dimiliki RS125. Lewat pemilihan sasis serta part ringan yang disematkan pada NSF250, berat kosong sikuda besi bener-bener enteng yakni hanya 84kg….(walah masih berat motor bebek 😯 ). Wis..sampeyan bisa bayangkan sendiri power to weight rasio output tenaga real NSF250R. Nggak heran saat IWB nanya Gerry Salim sebagai rider yang pernah geber NSF250RW doi mengatakan…

” Top speed sekitar 220-235km/jam….” serunya. Sadizzzz to. Btw….ini artinya balap Mandalika tahun 2021 disambangi IATC dan WSBK masing-masing tanggal 12-14 November serta World Super Bike (WSBK) pada 19-21 November. Diluar motor, tim dari Wika juga sedang berjuang keras membangun bangunan sistem modular. Mereka kebut cak siang malam….

Perangkat Pit Building Modular yang diproduksi oleh WIKA MODULAR asli Indonesia sudah hadir di Sirkuit Pertamina Mandalika saat ini, Material Modular yang akan digunakan untuk mendirikan Pit Modular ini sebagian sudah tiba dengan truk – truk yang mengangkut peralatan tersebut dari pabriknya di Jakarta. Pit Modular ini mempunyai sistem bongkar pasang yang lebih efisien, praktis dan cepat .

Pit Building ini dalam perencananya dibangun sebanyak 50 ruang pit yang masing – masing ruang pit nya itu mempunyai lebar sebesar 5,24 meter dengan panjang 18,34 meter yang di dalamnya sudah termasuk Instalasi mekanikal dan elektrikal komplit sesuai yang dipersyaratkan, Pit Building ini terdiri dari dua lantai dimana dibagian bawahnya itu adalah pit yang digunakan oleh pembalap , teknisi ,dan kru , sedangkan di lantai atas dipergunakan untuk VIP, VVIP, Media Room serta provider penyedia telekomunikasi – Internet, juga para sponsor dan perlu diketahui pembangunan Pit Building ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendirikannya…” seru MGPA….

Last…selain motor balap serta pembangunan bangunan modular, tim dari Dorna sudah datang. Mereka adalah tim pengecatan kerb dan juga lintasan yang akan digunakan. Ediann baru tahu lho mereka punya tim khusus untuk itu. ” Cat dan warna yang digores dilintasan sirkuit ini tentu saja tidak hanya sebagai penanda tapi juga dapat memparcantik sirkuit … Tim Painting dan washing yang akan membuat perbedaan dengan sirkuit lainnya di dunia telah tiba, tim ini yang bertugas untuk mengoreskan warna – warna indah segera memulai aksinya… , kira – kira ornamen apa yang akan mereka buat untuk sirkuit kebanggaan Indonesia ?” seru MPGA via IG. So..goo merah putihh !! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here