iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….Pasca putaran ke lima belas MotoGP Austin, Amerika. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) semakin diatas angin, doi sangat dekat dengan gelar juara dunia musim 2021. Margin poin bertambah. Bakalan ngotot diseri berikutnya???

Hasil balapan Austin sejatinya tidak mempengaruhi posisi lima besar dalam klasemen sementara cakkk, namun jumlah poin terus berubah. Fabio Quartararo masih menjadi sorotan atas performa epicnya musim ini yang benar benar menunjukkan konsistensinya dengan rajin meraih poin sejak seri perdana Losail, Qatar hingga Austin tanpa DNF sekalipun.

Yupss pakdee, El Diablo adalah satu satunya pembalap yang berhasil mencetak rekor ‘terkonsisten’ musim ini dan catatan tersebut tidak dimiliki oleh pembalap lainnya. Sejauh ini doi telah mengumpulkan 5 kemenangan dan 10 podium secara keseluruhan. Quartararo kini memiliki 254 poin, unggul 52 poin dari pesaing terkuatnya Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) yang mengumpulkan 202 poin.

iklan iwb

Dengan tiga balapan tersisa…maka tiga pekan mendatang pada putaran ke enam belas MotoGP Emillia Romagna [Misano], San Marino Akan menjadi first ‘Match Poin’ antara Quartararo dan Bagnaia. Skenario termudahnya adalah..Quartararo hanya perlu finish di depan Bagnaia untuk mengunci gelar juara dunia perdananya di ajang MotoGP.

Skenario kedua, Quartararo boleh finish di belakang Bagnaia dengan catatan keduanya hanya berselisih 2 poin (contoh Bagnaia finish diposisi empat dan Quartararo finish di posisi lima). Yupss cakk jika demikian maka margin poin akan menjadi 50, angka tersebut juga sudah cukup bagi Quartararo untuk meraih gelar juara dunia karena unggul jumlah kemenangan.

Lanjut penghuni klasemen ketiga, Yakni Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) doi memang bernasib kurang mujur pada beberapa balapan terakhir kang broo sehingga ia semakin tertinggal dalam klasemen. Mir kini bertahan dengan catatan 5 podium tanpa kemenangan sekalipun Dan meraih 175 poin.

Posisi keempat ditempati Jack Miller (Ducati Lenovo Team), sama halnya dengan Mir. Miller memang telah memenangkan balapan sebanyak dua kali. Namun tidak konsistennya musim ini membuatnya juga tertinggal jauh dari puncak klasemen cakkk. Miller kini mengumpulkan 149 poin.

Melengkapi lima besar klasemen adalah Johann Zarco (Pramac Racing Team). Crash pada balapan Austin memaksanya harus turun satu posisi dan bertahan dengan 141 poin. Namun secara matematis Zarco masih bisa bergabung dalam persaingan perebutan gelar Runner Up musim ini kang bro…

Sementara itu, dengan kemenangan Marc Marquez (Repsol Honda Team) di Austin. Membuatnya naik ke posisi tujuh dalam klasemen sementara dengan raihan 117 poin cakkk. So…dengan sodoran angka klasemen sementara Motogp diatas jelas gelar title juara dunia Motogp didepan mata Yamaha, kita lihat saja sepak terjang Fabio nanti cak….(CB iwb)

KLASEMEN SEMENTARA MOTOGP SETELAH SERI AUSTIN – AMERIKA

1.Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 254 poin
2.Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) – 202 poin
3.Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) – 175 poin
4.Jack Miller (Ducati Lenovo Team) – 149 poin
5.Johann Zarco (Pramac Racing Team) – 141 poin
6.Brad Binder (Red Bull KTM Factory) – 131 poin
7.Marc Marquez (Repsol Honda Team) – 117 poin
8.Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) – 104 poin
9.Maverick Vinales (Aprilia Racing Team Gresini) – 98 poin
10.Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory) – 92 poin
11.Jorge Martin (Pramac Racing Team) – 82 poin
12.Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) – 81 poin
13.Enea Bastianini (Avintia Esponsorama) – 71 poin
14.Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) – 70 poin
15.Pol Espargaro (Repsol Honda Team) – 70 poin
16.Alex Marquez (LCR Honda Castrol) – 54 poin
17.Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) – 40 poin
18.Iker Lecuona (Tech3 KTM Factory) – 38 poin
19.Danilo Petrucci (Tech3 KTM Factory) – 37 poin
20.Luca Marini (Sky VR46 Avintia) – 30 poin
21.Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) – 29 poin
22.Stefan Bradl (Team Honda HRC) – 13 poin
23.Michele Pirro (Ducati Lenovo Team) – 8 poin
24.Dani Pedrosa (Redbull KTM Factory) – 6 poin
25.Lorenzo Savadori (Aprilia Racing Team Gresini) – 4 poin
26.Andrea Dovizioso (Petronas Yamaha SRT) – 3 Poin
27.Tito Rabat (Pramac Racing Team) – 1 poin
28.Cal Crutchlow (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 0 Poin
29.Garrett Gerloff (Petronas Yamaha SRT) – 0 Poin
30.Jake Dixon (Petronas Yamaha SRT) – 0 Poin