iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…Race Putaran ke lima belas MotoGP Austin, Amerika berakhir. Marc Marquez tak terbendung. Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia melengkapi podium. Yess…King of Austin tak terbendung cak, sadizzz !

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) meneruskan tren positif Ducati dengan manyapu bersih semua sesi hari Sabtu. Yupss cakkk, Bagnaia sabet Pole di trek Austin. Sebelumnya, rekan satu timnya, Jack Miller mengukuhkan diri sebagai yang tercepat pada Free Practice 3 dan Free Practice 4.

iklan iwb

Meski demikian, Pecco yang memiliki hasrat tinggi untuk mencetak Hattrick kemenangan harus mewaspadai The King Of Austin, Marc Marquez (Repsol Honda Team) yang juga memiliki kecepatan konstan disepanjang akhir pekan.

Selain itu Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) memiliki target untuk finish di depan Bagnaia agar margin poin kembali melebar agar lebih mulus meraih gelar juara dunia musim ini.

Lanjutt cakkkk…Race dimulai pukul 14.00 dan berlangsung selama 20 Laps. Front row ditempati Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo dan Marc Marquez….

Selepas start, Marc Marquez langsung memimpin disusul Fabio Quartararo, Frabcesco Bagnaia, Alex Rins dan Jorge Martin. Selang sesaat Alex Rins naik ke posisi tiga pasca mengovertake Francesco Bagnaia.

19 Laps To Go, Marc Marquez masuh memimpin ditempel ketat Fabio Quartararo dan Alex Rins. Beberapa saat kemudian Jorge Martin naik ke posisi empat menggusur Francesco Bagnaia. Tidak lama kemudian Takaaki Nakagami dlosor disector ketiga saat mengejar Francesco Bagnaia.

18 Laps To Go, Jorge Martin mencetak fastest lap dengan catatan waktu 2 menit 04.859 detik dan ia mencoba mendekati Alex Rins. Grup pertama kini diisi Marc Marquez, Fabio Quartararo, Alex Rins dan Jorge Martin. Francesco Bagnaia bertahan dilima besar.

17 Laps To Go, Jack Miller cetak fastest lap dengan catatan waktu 2 menit 04.631 detik. Jorge Martin rebut posisi ketiga dari Alex Rins di Straight line finish. Dan di rebut kembali oleh Alex Rins di tikungan pertama. Sementara itu Francesco Bagnaia mulai mendekati grup pertama.

16 Laps To Go, Johann Zarco dlosor di tikungan pertama dan ia mencoba bangkit untuk melanjutkan balapan Namun, pada akhirnya ia memilih kembali ke pit. Lima besar sejauh ini belum ada perubahan. Marc Marquez mencoba untuk membuat gap dari Fabio Quartararo dan keduanya kini terpaut 0.4 detik.

15 Laps To Go, Jorge Martin merebut posisi dua dari Fabio Quartararo di straight finish. Dan langsung dibalas Quartararo ditikungan pertama. Sementara itu Jack Miller ambil alih posisi lima dari Francesco Bagnaia.

14 Laps To Go, Marc Marquez mencetak fastest lap dengan catatan waktu 2 menit 04.629 detik. Dan kini ia mulai memperlebar gap dengan Fabio Quartararo menjadi 1.3 detik. Sementara Jorge Martin terus menempel ketat Quartararo.

13 Laps To Go, Marc Marquez kembali mencetak fastest lap dengan catatan waktu 2 menit 04.368 detik. Sementara itu Jack Miller mulai mendekati Jorge Martin untuk memperebutkan posisi ketiga. Lima besar masih belum juga ada perubahan cakkk.

12 Laps To Go, Marc Marquez kian perlebar gap dengan Fabio Quartararo menjadi 2.1 detik. Sementara itu Aleix Espargaro dlosor ditikungan 13 dan gagal melanjutkan balapan. Francesco Bagnaia mulai mendekati Alex Rins untuk memperebutkan posisi kelima.

11 Laps To Go, Marc Marquez mulai ngacir dengan gap 2.7 detik dari Fabio Quartararo. Jorge Martin, Jack Miller dan Alex Rins melengkapi lima besar. Tidak berlangsung lama, Francesco Bagnaia ambil alih posisi lima dari Alex Rins.

9 Laps To Go, Marc Marquez terus memperlebar gap dengan Fabio Quartararo menjadi 3.5 detik. Fabio Quar bertahan diposisi kedua dan memiliki gap 1.3 detik dari Jorge Martin yang berada diposisi ketiga.

8 Laps To Go, Francesco Bagnaia semakin dekat dengan Jack Miller untuk posisi empat dan beberapa saat kemudian, Pecco sukses mengovertake Jack Miller. Sementara itu Alex Rins mulai mengejar Jack Miller untuk memperebutkan posisi lima.

6 Laps To Go, Marc Marquez anteng diposisi pertama dengan gap 4.1 detik dari Fabio Quartararo. Sementara itu battle terjadi antara Jack Miller dan Alex Rins untuk perebutan posisi lima. Joan Mir ikut bergabung dengan kedua pembalap.

4 Laps To Go, Jorge Martin membuat kesalahan dan melebar, ia memotong jalur dan berpoyensi terkena Long lap penalti. Francesco Bagnaia mulai mendekat battlepun dimulai cakkk. Martin nampak berjuang keras dan mulai kehabisan ban.

3 Laps To Go, Jorge Martin diganjar long lap penalty. Tidak lama setelah itu Francesco merebut posisi ketiga dari Jorge Martin. Marc Marquez kian aman diposisi pertama. begitu pula dengan Fabio Quartararo yang sangat aman diposisi kedua.

Last Lap. Jorge Martin masih memburu posisi ketiga Francesco Bagnaia dan sejauh ini belum masuk long lap penalti. Martin harus berhati hati-hati jika tidak menjalani hukuman tersebut. Maka sanksi setelah balapan akan lebih berat kang bro. Dan Martin akhirnya melakukannya jelang finish yang membuatnya harus turun keposisi lima.

Hingga finish, Marc Marquez keluar sebagai pemenang diikuti Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, Alex Rins, Jorge Martin, Enea Bastianini, Joan Mir, Jack Miller, Brad Binder dan Pol Espargaro yang melengkapi sepuluh besar…..(RA Iwb)

 

AUSTIN MOTOGP, COTA – RACE RESULTS

1 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 41m 41.435s
2 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) +4.679s
3 Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21) +8.547s
4 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +11.098s
5 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)* +11.752s
6 Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)* +13.269s
7 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +13.406s
8 Jack Miller AUS Ducati Team (GP21) +14.722s
9 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) +15.832s
10 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V) +20.265s
11 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16) +23.055s
12 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V) +24.743s
13 Andrea Dovizioso ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +25.307s
14 Luca Marini ITA Sky VR46 Avintia Ducati (GP19)* +26.853s
15 Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +28.055s
16 Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16) +30.989s
17 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) +35.251s
18 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16) +42.239s
19 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1) +49.854s
Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) DNF
Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21) DNF

4 COMMENTS

Comments are closed.