iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….. Sampeyan semua sudah tahu bahwa Yamaha India secara resmi Yamaha India telah meluncurkan generasi terbaru R15 dengan label Version 4. Banyak fitur baru yang di cangkokan pada generasi paling fresh tersebut. Yamaha terlihat berusaha keras supaya motor mereka mampu menggedor kelahiran Honda CBR150 R. Dan memang cak… Upaya mereka sepertinya diapresiasi lewat banyak komen yang lumayan positif atas generasi terbaru R15 walaupun power masih menjadi kekuatiran tersendiri akibat penyunatan yang hampir mencapai 1 PS. Tidak hanya kuwi pakde…tahukah sampeyan ternyata Yamaha Indonesia diduga pusing dengan harganya new R15 V4 ? lhoo maksude piyeee ??

Seperti yang kita semua tahu, Yamaha India meluncurkan generasi terbaru R 15 dengan label R 15 V4. Generasi yang kita katakan sebagai sebuah generasi terupdate karena memiliki fitur yang melimpah. Yup….. Fitur yang akan membuat generasi sport fairing Yamaha ini naik kelas cak dimata para biker. Lhaaa piyeee..disaat Honda memberikan fitur juozz lewat SFF BP USD kini Yamaha menghantam dari sisi elektronik. Fiturnya termasuk mencengangkan untuk mesin 150cc. Untuk merefresh berikut beberapa fitur andalan new R15 V4…

  1. Y – Connect

IWB dimasa lalu pada akhirnya fitur koneksi handphone atau disebut Yamaha sebagai Y Connect akhirnya diturunkan pada R15. Fitur ini memungkinkan Biker untuk mengetahui SMS dan email masuk, telp masuk dan juga level status baterei HP via speedometer (selama HP terkoneksi dengan spidometer motor via bluetooth)

iklan iwb
iklan iwb

2. Riding mode display

R15 dibekali dengan opsi dua riding mode yakni track dan street mode. Yang menarik cak… Dua opsi riding mode ini tidak mengatur ledakan tenaga namun lebih kepada opsi display dimana Track mode akan memuat informasi latest lap time dan fastest lap time. Jadi untuk track oriented cak..

Sementara untuk Street mode maka display speedometer akan memuat informasi tentang averaga penggunaan BBM, average speed, coolant temperature serta battery indicator.

3. Quick Shifter

Fitur tanpa tarik tarik kopling pada saat shifting ini hadir pada varian tertinggi R15M serta racing blue

4. Traction control

Untuk meningkatkan safety R15 generasi terbaru juga diberikan fitur traksi kontrol yang bisa di aktif dan non aktifkan

5. Dua channel ABS

Perangkat rem juga lebih mumpuni karena R15 terbaru sudah dibekali pengereman ABS dual channel. Sebenarnya tidak mengejutkan karena generasi sebelumnya di India juga sudah ABS cak..

Itu beberapa fitur terbaru pada generasi New R15 versi 4. Sayang sekali…. Di balik melimpahnya fitur Yamaha justru harus rela merelakan ledakan tenaga R 15 terbaru ini dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Yup…. Tenaga mesin VVA 155 dikebiri turun nyaris 1 PS dari sebelumnya 19,3 PS menjadi 18,4 PS. Bahkan torsi juga mengalami penurunan dari sebelumnya14,7 NM menjadi 14,2Nm. Hal ini akibat aturan emisi gas buang BS6 India yang makin ketat. Termasuk bobot yang melar menjadi 141kg. Yahhh plus minus pastinya cak. Terus gimana soal banderol motor ini ?

Yamaha India menjual new R15 V4 diangka termurah 172,800 rupe atau setara dengan 33 jutaan untuk versi standart non QC (quick Shifter) ABS. Sementara untuk versi R15M dan Monster energy dijual diangka 179.800 rupe atau setara 34,7 jutaan. Itu adalah harga di India,…..sekali lagi harga tersebut berlaku di negeri Bollywood yang memang dari sejarahnya motor mereka selalu lebih murah dibandingkan dengan Indonesia. Nahh… Untuk Indonesia pricing akan menjadi tantangan tersendiri sebab dari beberapa rumor yang masuk ke newsroom IWB, Yamaha Indonesia disinyalir lumayan pusing untuk mematok harga generasi terbaru….

Yup…. Dari kasak-kusuk yang masuk, tidak mungkin Banderol R15 V4 akan dipatok sama dengan R15 V3. Sebagai gambaran, harga R15 V3 non ABS sekarang saja sudah tembus di angka 37 jutaan. Catat cak….itu adalah harga non ABS. Padahal di India untuk versi ABS hanya dijual 33 jutaan. Dan dari beberapa isu, harga R15 V4 nanti berpotensi naik dari 1 hingga 4 jutaan dibandingkan harga sekarang. Ini artinya untuk versi standart R15 V4 terbuka dipatok antara 38 hingga tiga 39 jutaan. Kuwi versi standart, piyee dengan varian M ?

Dari beberapa isu yang masuk untuk varian R15M terbuka akan dipasang di angka 41 hingga 42 jutaan. Nahhh…kuwi yang rada moncrot. Jika isu terbukti, ini berarti Yamaha akan memasang banderol R15 menjadi produk termahal dimarket sport 150cc fairing. Yahhh…the most expensive in the market cak. Sekarang saja CBR 150R ABS dipatok diangka 40,3 jutaan. Lebih mahal 1-2 jutaan dari itu ? wis kayak motor 250 beneran kieee pricingnya kalau bener….

Last….Suka atau tidak, pabrikan harus sadar bahwa ini adalah kelas 150 cc. Oleh karena itu perlu adanya pertimbangan yang komprehensif serta akurat dengan tidak melepaskan positioning market itu sendiri bahwa ini adalah 150cc segmen. Honda sendiri sekarang mematok CBR150R termurah diangka 36,3 juta disaat Yamaha menjual R15 V3 diangka 37,4 jutaan. Jadi memang sudah lebih mahal 1 jutaan cak. So….apakah dengan kehadiran new R15 V4 maka banderol motor sport fairing Yamaha ini juga akan masuk kelevel berbeda? semoga saja tidak cak. Btw… Kalo menurut sampeyan sendiri berapa bandrol ideal yang harus dipasang oleh Yamaha Indonesia pada new R15 V4 ? moggo berikan berikan opini dan komennya supaya bisa dibaca oleh pabrikan…gazzz cakk ! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

6 COMMENTS

  1. Mau di make up seperti apapun 150cc 2 silinder ya cuma gitu2 aja tarikanya..apa lagi tenaga turun bobot naik..hadeh.. mending ambil 250cc 2 silinder tenaga kerasa beda…kalo 250 1silinder sama ga enaknya…

  2. Body cukup bagus. Power turun? Lhah kan karena regulasi? Saya kirakompetitor juga melakukan hal yang sama. Ga bedanya dulu ada CATALIC CONVERTER pada mufler yang membuat tenaga jadi tersunat.

  3. Kalau tdk bisa lbh murah, samakan aja harganya dgn pesaing, jgn lbh. Secara branding merk H lebih daripada Y. Kecuali mau bikin ky merk K yg umumnya pelopor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here