iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…iki jiann namanya upper cut, ibarat petinju setelah Yamaha dihantam bogem mentah New CBR150 K45R dengan suspensi USD SFF BP… Sebuah suspensi yang lebih maju namun siapa menyangka pabrikan garputala balik memberikan serangan yang menghujam. Serangan upper cut yang membuat mata kita terbelalak walaupun ada beberapa kelemahan tapi semua ditutupi dengan fitur yang berlimpah. Yup… Setelah menunggu peluncuran resmi akhirnya pada artikel ini IWB bisa menyuguhkan sebuah spesifikasi lengkap?Yamaha New R15 V4 2022. Inilah detil yang bisa IWB jabarkan….

Hari ini secara resmi Yamaha India meluncurkan generasi terbaru R 15 dengan label R 15 V4. Generasi yang kita katakan sebagai sebuah generasi terupdate karena memiliki fitur yang melimpah. Yup….. Fitur yang akan membuat generasi sport fairing Yamaha ini naik kelas cak dimata para biker. Lhaaa piyeee..disaat Honda memberikan fitur juozz lewat SFF BP USD kini Yamaha menghantam dari sisi elektronik. Lhaaa piyeee….fiturnya termasuk mencengangkan untuk mesin 150cc. Dan inilah fitur yang bisa IWB jabarkan buat sampeyan semua…

  1. Y-Connect

Seperti tebakan IWB dimasa lalu pada akhirnya fitur koneksi handphone atau disebut Yamaha sebagai Y Connect akhirnya diturunkan pada R15. Fitur ini memungkinkan Biker untuk mengetahui SMS dan email masuk, telp masuk dan juga level status baterei HP via speedometer (selama HP terkoneksi dengan spidometer motor via bluetooth)

iklan iwb

2. Riding mode (2 opsi)

Beda dengan motor biasanya, R15 dibekali dengan opsi dua riding mode yakni track dan street mode. Yang menarik cak… Dua opsi riding mode ini tidak mengatur ledakan tenaga namun lebih kepada opsi display dimana Track mode akan memuat informasi latest lap time dan fastest lap time. Jadi untuk track oriented cak..

Sementara untuk Street mode maka display speedometer akan memuat informasi tentang averaga penggunaan BBM, average speed, coolant temperature serta battery indicator.

3.?Quick Shifter

Fitur tanpa tarik kopling pada saat shifting ini hadir pada varian tertinggi R15M serta racing blue

4. Traction control

Untuk meningkatkan safety R15 generasi terbaru juga diberikan fitur traksi kontrol yang bisa di aktif dan non aktifkan

5. Dual Channel ABS

Perangkat rem juga lebih mumpuni karena R15 terbaru sudah dibekali pengereman ABS dual channel. Sebenarnya tidak mengejutkan karena generasi sebelumnya di India juga sudah ABS cak..

Itu beberapa fitur terbaru pada generasi New R15 versi 4. Sayang sekali…. Di balik melimpahnya fitur Yamaha justru harus rela merelakan ledakan tenaga R 15 terbaru ini dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Yup…. Tenaga mesin VVA 155 dikebiri turun nyaris 1 PS dari sebelumnya 19,3 PS menjadi 18,4 PS. Bahkan torsi juga mengalami penurunan dari sebelumnya14,7 NM menjadi 14,2Nm. Hal ini akibat aturan emisi gas buang BS6 India yang makin ketat. Termasuk bobot yang melar menjadi 141kg. Yahhh plus minus pastinya cak…

Last….Yamaha India menjual new R15 V4 diangka termurah 172,800 rupe atau setara dengan 33 jutaan untuk versi standart non QC. Sementara untuk versi R15M dan Monster energy dijual diangka 179.800 rupe atau setara 34,7 jutaan. Sebagai gambaran berikut beberapa foto jelas new R15 V4 dari versi standart dan R15M. Piyeee masuk oraaa kieee (iwb)

Spesifikasi Yamaha New R15 V4

Engine type Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve
Displacement 155 CC
Bore & stroke 58.0 mm ? 58.7 mm
Compression ratio 11.6 : 1
Maximum horse power 13.5kW(18.4PS)/10000 RPM
Starting system type Electric starter
Transmission type Constant mesh, 6-speed
Clutch type Wet, multiple-disc
Fuel system Fuel injection
Maximum torque 14.2 Nm (1.4 kgfm) @7,500 RPM
Overall Length 1,990 mm
Overall Width 725 mm
Overall Height 1,135 mm
Seat height 815 mm
Wheel base 1,325 mm
Minimum ground clearance 170 mm
Kerb Weight
(with oil & a full fuel tank) 142 kg
Fuel tank capacity 11 L
Frame type Deltabox
Front suspension system Telescopic upside Down Fork (USD Fork)
Rear suspension system Linked-Type Monocross Suspension
Brake type (Front) Disc brake (282 mm)
Brake type (Rear) Disc brake (220 mm)
Tyre size (front) 100/80-17M/C 52P – Tubeless
Tyre size (rear) 140/70R17M/C 66H – Radial Tubeless
Inner tube (diameter of front fork) 37.0 mm
ABS Dual channel

Battery 12V, 4.0Ah
Headlight Bi-functional LED (Class D)
Position light LED
Brake/tail light LED
Speedometer Digital
Tachometer Digital
Fuel meter Digital
Side stand engine cut-off switch Equipped
Dual horn Equipped
Gear position indicator Equipped
Fuel consumption indicator Equipped
Shift timing light Equipped
VVA indicator Equipped
Clock Digital,auto adjust with smartphone connectivity
VVA Equipped
Riding Modes Track Mode / Street Mode
Y-Connect (Smartphone Bluetooth Connectivity) Equipped
Traction control system Equipped
Quick shifter(up-shift) Equipped

4 COMMENTS

Comments are closed.