iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Hari kedua putaran ke tiga belas MotoGP Aragon, Spanyol usai dan Francesco Bagnaia Keluar sebagai Pole Position. Ducati 1-2. Terus kemana Marc Marquez ?

Tiga pabrikan berbeda berkuasa pada ketiga sesi Free Practice 1 hingga Free Practice 3. Honda, Ducati dan Yamaha. Mereka sangat kuat tidak hanya ketiga pabrikan cakkk, Aprilia dan Suzuki juga telah menunjukkan kecepatannya sejak hari pertama di trek Aragon yang memiliki panjang 5.1 kilometer tersebut.

Sejauh ini Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) adalah satu satunya pembalap yang mempunyai konsistensi dari segi lap time dan juga race pace atau kecepatan balapan. Hal tersebut masih belum dimiliki oleh pembalap lain yang saat ini hanya baik dalam beberapa lap saja. Selain itu Squad Ducati dan Suzuki nampak memiliki kecepatan yang baik meskipun tidak sekonsisten Quartararo.

iklan iwb

Lanjut cakkkk, sebelum Qualifying dimulai. Akan berlangsung sesi Free Practice 4 dimana pada kesempatan kali ini para pembalap akan mencari set up final untuk Qualifying dan juga mencoba melakukan sedikit long run guna mengetahui seberapa maksimal kecepatan balapan yang bisa mereka lakukan. Sesi ini dimulai pukul 13.30 hingga 14.00 waktu setempat..

Johann Zarco langsung memimpin dengan catatan waktu 1 menit 49.529 detim disusul Joan Mir dan Alex Marquez. Selang sesaat Jack Miller memimpin sesi dengan catatan waktu 1 meniy 49.101 detik disusul Johann Zarco, Alex Rins, Joan Mir dan Iker Lecuona. Satu lap kemudian Aleix Espargaro naik ke posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 48.626 detik.

Dua puluh tiga menit waktu tersisa, Aleix Espargaro masih memimpin diikuti Marc Marquez, Johann Zarco, Joan Mir dan Jack Miller. Satu lap kemudian Marc Marquez ambil alih posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 48.487 detik. Jack Miller, Johann Zarco, Aleix Espargaro dan Joan Mir melengkapi lima besar sementara.

Delapan belas menit waktu tersisa, Marc Marquez perbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 48.142 detik. Francesco Bagnaia, Jack Miller, Joan Mir dan Johann Zarco melengkapi lima besar. Sementara itu para pembalap mulai masuk pit guna Mengganti ban untuk perbandingan…

Sepuluh menit waktu tersisa, Marc Marquez belum tergoyahkan diikuti Francesco Bagnaia, Jack Miller, Pol Espargaro dan Joan Mir. Tiga menit kemudian Jorge Martin naik ke posisi empat menggeser Pol Espargaro.

Lima menit waktu tersisa, lima besar ditempati Marc Marquez, Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo, Jack Miller dan Jorge Martin. Satu menit kemudian giliran Enea Bastianini yang naik keposisi tiga. Satu lap kemudian Enea Bastinini naik keposisi dua.

Hingga finish, Marc Marquez (Repsol Honda Team) keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 48.116 detik

Posisi kedua ditempati Enea Bastianini (Avintia Esponsorama) dengan catatan waktu 1 menit 48.264 detik

Posisi ketiga ditempati Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) dengan catatan waktu 1 menit 48.299 detik.

Posisi keempat ditempati Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dengan catatan waktu 1 menit 48.413 detik

Melengkapi lima besar Jack Miller (Ducati Lenovo Team) dengan catatan waktu 1 menit 48.446 detik.

Kemudian sesi berlanjut ke Qualifying 1, sebanyak 12 pembalap yang gagal lolos dalam 10 besar kombinasi final akan memperebutkan dua tiket untuk melaju ke Qualifying 2 cakk. Sesi ini dimulai pukul 14.10 hingga 14.25 waktu setempat.

Selepas flying lap, Alex Rins langsung memimpin dengan catatan waktu 1 menit 50.593 detik disusul Alex Marquez, Maverick Vinales, Iker Lecuona dan Jake Dixon. Dua menit kemudian Johann Zarco ambil alih posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 47.327 detik diikuti Brad Binder, Luca Marini, Valentino Rossi dan Miguel Oliveira.

Tujuh menit waktu tersisa, Johann Zarco masih memimpin disusul Brad Binder, Alex Rins, Luca Marini dan Cal Crutchlow. Sementara itu dipertengahan sesi ini para pembalap bergegas ke pit untuk mengganti ban agar mulus saat melakukan time attack diakhir sesi.

Tiga menit waktu tersisa, para pembalap mulai melakukan time attack. Maverick Vinales naik ke posisi tiga. Tidak lama kemudian Danilo Petrucci naik dua. Detik detik terakhir Johann Zarco pertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 47.293 detik.

Hingga finish, Johann Zarco (Pramac Racing Team) keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 47.293 detik dan Brad Binder (Redbull KTM Factory) menempati posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 47.344 detik. Mereka akan melanjutkan perjuangan di Qualifying 2 sesaat lagi cakkkk..

Sesi final akhirnya tiba dimana 12 pembalap akan bertarung memperebutkan pole position di depan publik Spanyol. Qualifying 2 dimulai pukul 14.35 hingga 14.50 waktu setempat…

Setelah flying lap, Enea Bastianini langsung memimpin dengan catatan 1 menit 47.578 detik disusul Takaaki Nakagami dan Marc Marquez. Selang sesaat Francesco Bagnaia ambil posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 46.908 detik. Satu lap kemudian Jorge Martin rebut posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 46.878 detik.

Tujuh menit waktu tersisa, Fabio Quartararo ambil alih posisi pertama dengan cagayan waktu 1 menit 46.726 detik disusul Jorge Martin, Francesco Bagnaia, Jack Miller dan Marc Marquez melengkapi lima besar sementara. Kemudian dipertengahan sesi ini para pembalap mulai masuk pit untuk mengganti ban agar lebih maksimal dalam time attack cakkk..

Tiga menit waktu tersisa, para pembalap telah berada dalam trek dan siap untuk melakukan time attack pakdee..Satu menit kemudian Francesco Bagnaia ambil alih posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 46.322 detik. Yang menandai lap rekor baru sirkuit Aragon sejauh ini. Satu menit waktu tersisa seluruh pembalap mulai mempush motor sampai bendera finish berkibar..

Hingga waktu Q2 berakhir, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) keluar sebagai pole position dengan catatan waktu 1 menit 46.322 detik

Posisi kedua ditempati Jack Miller (Ducati Lenovo Team) dengan catatan waktu 1 menit 46.669 detik.

Posisi ketiga ditempati Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dengan catatan waktu 1 menit 46.719 detik.

Posisi keempat ditempati Marc Marquez (Repsol Honda Team) dengan catatan waktu 1 menit 46.736 detik

Dan melengkapi lima besar adalah Jorge Martin (Pramac Racing Team) dengan catatan waktu 1 menit 46.878 detik….(CB iwb)

ARAGON MOTOGP, MOTORLAND – FULL QUALIFYING RESULTS

1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)
2 Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)
3 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
4 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
5 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)
6 Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
7 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
8 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
9 Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)
10 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)
11 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
12 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
13 Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)
14 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
15 Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha (YZR-M1)
16 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)
17 Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)
18 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
19 Maverick Vi?ales SPA Aprilia Gresini (RS-GP)
20 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
21 Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
22 Jake Dixon GBR Petronas Yamaha (YZR-M1)

3 COMMENTS

Comments are closed.