iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkkk….Benelli kembali unjuk gigi cakkk. Pabrikan Italia yang sekarang sudah dikontrol penuh pabrikan Cina Qianjiang tersebut kembali menggebrak dunia lewat lahirnya generasi paling fresh Benelli Tornado 252R. Motor ini digadang-gadang akan menjadi penantang pabrikan Jepang seperti CBR250RR, R25 dan Ninja 250 FI !!! mesin dua silinder yang dijual cukup miring yakni 50 jutaan. Nahh seperti apa sosoknya ? intip detilnya dibawah ini….

Pabrikan Italia yang sudah diakuisisi pabrikan Tiongkok qianjiang memang sangat agresif di dunia. Mereka banyak menelurkan produk dari berbagai segmen dan yang terbaru kali ini mereka ingin menantang eksistensi pabrikan Jepang lewat produk paling fresh yakni Benelli Tornado 252 R. Sesuai dengan namanya motor ini memiliki kubikasi murni diangka 250cc. Generasi ini resmi diluncurkan pada tanggal 29 agustus 2021 kemarin jadi memang benar-benar masih baru dengan beberapa Sisi plus yang memang membuat motor ini semakin garang….

Untuk desain basis platform serta mesin sebenarnya merupakan downgrade dari Tornado 302R. Kubikasi berbeda tersebut untuk memasuki pasar potensial yang masih mengidolakan kubikasi seperempat liter. Untuk itulah lahir Benelli Tornado 252 R yang dari desain memang termasuk galak. Monggo sampeyan perhatikan saja bagaimana motor ini memiliki DRL sipit di bagian kiri kanan. Kekuatan yang membuat motor ini keren adalah sektor tersebut. Tidak hanya itu Benelli tornado 252 R juga sudah dijejali suspensi Upside Down. Sementara seluruh penerangan tidak lagi menggunakan bohlam biasa namun all LED…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Hanya saja beda dengan kakaknya Tornado 302 R, maka speedometer versi 250 cc tersebut menganut speedometer LCD biasa bukan TFT full color. Kelebihan motor ini sudah dijejali USB plug charging termasuk koneksi dengan handphone. Untuk frame sesuai dengan basis kakaknya maka rangka masih mengandalkan model tubular termasuk swing armya cak. Untuk velg cukup keren Karena sudah mengadopsi model palang Y….. hingga buritan juga memiliki desain ala-ala Italia tulen. Pastinya karena walaupun dikontrol penuh oleh Cina tapi merk Benelli sebagai warisan leluhur Italia tetap dipertahankan. Pertanyaannya Bagaimana dari sisi dapur pacu?

Nah ini yang memang kurang menggembirakan. Karena walaupun auranya sudah begitu garang, Benelli Tornado 252 R ini menggunakan kode engine BJ261MM-D yang menurut IWB Masih less power. Terbukti walaupun sudah menganut kubikasi mesin 249 cc dua silinder DOHC 8 katup….. Benelli Tornado 252 hanya mampu memuntahkan tenaga hingga 25,7 pada 8500 RPM serta torsi di angka 24,1 nm pada 6500 RPM. Ini belum termasuk bobotnya yang cukup berat yakni 177 kg dan jelas motor racikan Benelli ini bukan lawan Honda CBR250RR ataupun Ninja250 serta R25…

Last.. Benelli 252R ini memiliki kapasitas tangki hingga 14 L. Untuk kaki-kaki Benelli mencangkokkan ukuran 110/70 ring 17 depan dan 140/70 ring 17 belakang. Motor ini ditawarkan dalam beberapa varian warna yakni merah, biru serta hijau. Benelli menjual Tornado 252 R di angka 57 jutaan rupiah Off The Road Cina. Kita belum tahu apakah motor ini akan diekspor ke Indonesia? Sementara ini memang belum ada informasi apapun. Tapi dari pengalaman masa lalu Benelli sepertinya tidak terlalu fokus untuk pasar Indonesia akibat kompetisi di segmen ini begitu luar biasa. So…. logis jika mereka mungkin lebih akan membidik pasar seperti Malaysia contohnya. So…. Benelli Tornado 252 R ? Intip beberapa fotonya di bawah ini….piyee garang ora cakkk ? (Iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!