iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…koyone jiann mumet cak dengan kondisi para rider di Silverstone. Kenapa ? karena para pembalap penantang Fabio begitu “suffering” soal ban depan. Terbukti setelah Pecco yang begitu kecewa dan marah pada Michelin, giliran Joan Mir mengungkapkan rasa bingung terhadap performa ban saat race Silverstone. Pembalap Suzuki ini mengaku sulit sekali mendapatkan grip setelah memasuki lap ke 11 dan semakin parah ketika masuk lap 16. “ Aku punya masalah dengan ban….” seru Mir. Waaahhh…

Seperti yang kita semua tahu, Pecco berang karena performa ban depan lunak yang tidak sesuai harapan. Doi terus turun dan lebih lambat 1-2 detik tiap lapnya. Kondisi ini tidak berlaku pada Fabio yang tetap ngacir sampai lap akhir. Awalnya kita berpikir, bisa saja karena karakter masih Ducati V4 yang lebih beringas dibandingkan Yamaha M1 inline 4 sehingga ban lebih boros. Namun yang menarik ternyata Joan Mir juga “suffering” menggunakan ban yang sama dengan Fabio. Konfirmasi ini dilayangkan Mir yang harus menelan pil pahit yakni finish ke 9 dengan jarak lebih dari 16 detik dibandingkan Fabio disaat doi sedang bertempur untuk mempertahankan titel juara dunia. Terus sebenarnya apa yang terjadi ???

” Entahlah….feelingku sangat bagus di beberapa lap awal. Aku berada di posisi yang bagus untuk paruh kedua balapan. Tapi kemudian aku punya masalah dengan ban depan, akibatnya aku langsung kehilangan sekitar tiga detik dalam lima lap terakhir. Kita harus melihat apa masalahnya. Aku tidak mengerti….” ungkap Mir via Speedweek bingung. Menurut Mir, kini kondisinya makin sulit mengingat gap Fabio yang luar biasa jauh dari klasemen poin rider….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

” Titel juara dunia sekarang seperti di luar jangkauan. Oke, jangan katakan itu sampai musim selesai. Tapi hari Minggu di Silverstone sangat mengecewakanku. Aku berharap bisa lebih dekat dan kami akan lebih sering naik podium tahun ini. Tapi kami beberapa kali hanya bisa finish keempat. Sejujurnya, aku tidak terlalu optimis sebelum race Silverstone. Tapi jujur…yang terjadi kemarin sangat aneh….

” Sesuatu yang belum pernah terjadi dan membingungkanku. Kita harus ngecek secara teliti setelah kejadian ini. Aku telah memasang ban tipe soft. Tapi aku tidak tahu apakah ini masalahnya ? aku rasa bukan karena pemenangnya (Fabio) juga menggunakan ban depan ini dan aku juga sudah sering menggunakannya sebelumnya. Kami membutuhkan lebih banyak informasi. Kami harus bekerja dengan tenang…” seru Mir lagi. Diluar kekecewaannya…Mir mengungkapkan rasa senangnya karena Suzuki sukses menempatkan Alex Rins diposisi kedua….

” Aku senang untuk tim dan Alex (Rins). Dia menunjukkan apa yang tidak bisa aku tunjukkan. Ini juga merupakan informasi yang baik bagi kami. Bagus, dia pakai ban depan medium (Ban depan Alex Rins medium sedang Mir soft). Aku punya masalah dengan rem dan terus-menerus disalip. Alex kuat di area ini….” tukas Mir. Kalau kita lihat dari lap time, Mir memang terus terpuruk saat memasuki lap ke 11 dan yang lebih parah mulai 16. Pembalap Suzuki yang berjuang untuk mempertahankan gelar ini hanya mampu menorehkan lap time kisaran 2 menit 2-3 detik dari sebelumnya 2 menitan….(iwb)

Lap time Joan Mir Silverstone 

 

Hasil MotoGP Silverstone / GB:
1. Fabio Quartararo, Yamaha, 20 lap dalam 40: 20.579 menit
2. Alex Rins, Suzuki, +2.663 detik
3. Aleix Espargaró, Aprilia, +4.105
4. Jack Miller, Ducati, +4.254
5. Pol Espargaró, Honda, + 8.462
6. Brad Binder, KTM, +12.189
7. Iker Lecuona, KTM, +13.560
8. Alex Márquez, Honda, +14.044
9. Joan Mir, Suzuki, +16.226
10. Danilo Petrucci, KTM, +16.287
11. Johann Zarco , Ducati, +16.339
12. Enea Bastianini, Ducati, +17.696
13. Takaaki Nakagami, Honda, +18.285
14. Pecco Bagnaia, Ducati, +20.913
15. Luca Marini, Ducati, +21.018
16. Miguel Oliveira, KTM, +22.022
17. Cal Crutchlow, Yamaha, +23.232
18. Valentino Rossi, Yamaha, +29.758
19. Jake Dixon, Yamaha, +50.845
– Jorge Martin, Ducati, 19 lap ke belakang
– Marc Márquez, Honda, lap pertama belum selesai

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!