iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..hingga detik ini IWB masih mencoba menggali pergerakan Yamaha Vixion. Motor luar biasa dimasa lalu namun seakan berhenti dari hingar bingar persaingan sport 150cc tanah air. Bahkan kendati Honda sudah merilis new CB150R dengan suspensi USD….YIMM seperti tidak merespon. Yang menjadi pertanyaan, benarkah ini adalah real strategi mereka atau sebenarnya semuanya sekedar kamuflase dimana mereka aslinya memiliki hidden agenda yang disembunyikan. Agenda dengan tujuan memberikan kejutan untuk sampeyan semua nanti ? dan inilah hasil investigasi paling update IWB….

Vixion generasi pertama lahir di tahun 2007. Dan siapa menyangka nama tersebut akhirnya booming. Kenapa ? sebab Yamaha memasang benchmark baru dikelas sport 150cc. kelas yang stagnan dengan gebrakan dan inovasi, namun Yamaha tahun itu memang luar biasa. Dengan membawa ciri khas sasis Deltabox berwarna silver dan menganut headlamp bulat menjadikan motor ini sebagai rival berat untuk Honda Megapro. Spesifikasi mesinnya sendiri sangat istimewa cak, karena Yamaha membenamkan teknologi injeksi untuk generasi pertama ini dan membuat rivalnya kalah telak karena masih memakai sistem pembakaran Karburator serta mesin 2katup….

Yup…dengan mesin SOHC 4 katup power Vixion kala itu sudah terkatrol cukup tinggi. Selain itu, sistem kelistrikan pun telah menganut sistem Direct Current (DC) yang dimana ketika kontak posisi on maka headlamp akan menyala dan itu menandakan bahwa arus listrik berasal dari aki langsung. Kemudian Vixion generasi ke dua menyusul pada tahun 2010, untuk generasi ke dua ini yamaha hanya melakukan facelift dan perubahan paling kentara yakni pada headlampnya yang dibuat meruncing agar memberikan kesan agresif….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Sementara itu untuk dapur pacu nya sendiri tetap dibekali mesin 4 stroke SOHC 4 katup satu silinder Fuel injection berpendingin cairan dengan kubikasi 149,8cc. Dengan mesin yang diusungnya tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 11,1 kW di 8500 Rpm dan torsi sebesar 13,1 Nm di 7500 Rpm. Perlu sampeyan tahu bahwasannya untuk spesifikasi mesin ini sama alias sami mawon cak dengan Vixion generasi pertama….

Setelah itu muncul Vixion generasi ke tiga di tahun 2012, motor ini merupakan All New cak alias versi terbaru baik itu dari desain maupun spesifikasi mesin. Dengan embel-embel New Vixion Lightning, motor ini dibekali dengan desain terbaru yang lebih sporty dan body lebih gambot. Ban makin besar dan kontak dipindah ketanki. Dengan spesifikasi mesin terbaru yakni dibenamkan mesin 4 stroke SOHC 4 katup satu silinder Fuel injection berpendingin cairan dengan kubikasi 149,8cc. Dengan mesin yang diusungnya tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 16,59 PS di 8500 Rpm dan torsi sebesar 14,5 Nm di 7500 Rpm……

Selanjutnya untuk menahan gempuran Honda CB150R, di tahun 2015 yamaha meluncurkan New Vixion generasi ke empat yang merupakan facelift dari generasi sebelumnya. Namun kali ini Yamaha mengubah embel-embel nama dari sebelumnya New Vixion Lightning (NVL) menjadi Yamaha New Vixion Advance (NVA). Vixion generasi ini tampil lebih keren dari sebelumnya dan sudah mendapat update fitur terbaru terutama dari speedometernya yang diklaim lebih jelas ketika dilihat baik itu siang maupun malam hari. Lalu untuk spesifikasi mesinnya sendiri masih sama cak dengan generasi ke tiga…

Berikutnya di tahun 2017 Yamaha meluncurkan Vixion generasi ke lima. Untuk generasi ini Yamaha memberi label All New karena memang untuk mesin dan desain pun mengalami perubahan yang sangat signifikan. Selain itu, bahkan Yamaha merilis dua varian berbeda yakni All New Vixion dan All New Vixion R. Perbedaan yang menonjol dari kedua nya yakni dari sektor mesin, All New Vixion R dibekali dengan mesin terbaru dan merupakan basis dari YZF-R15 yakni dengan mengusung mesin 4 stroke SOHC 4 katup satu silinder Fuel injection VVA berpendingin cairan dengan kubikasi 155,1cc. Dengan mesin yang diusungnya tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 14,2 kW di 10000 Rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm di 8500 Rpm…

Sedangkan untuk Vixion tanpa embel-embel R dibekali dengan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya dan hanya mendapatkan update untuk sektor mesin yakni Assist & Slipper Clutch, lalu untuk transmisi pun masih 5 speed berbeda dengan Vixion R yang telah disematkan transmisi 6 speed. Namun sayangnya, Vixion generasi ke lima ini kurang mendapat sambutan yang meriah cak dari biker tanah air karena memang dari update desainnya kurang klik untuk pasar indonesia. Pasalnya, jika sampeyan perhatikan desain generasi sebelumnya justru dinilai lebih keren dan sporty dari generasi terbaru ini. Itulah sekilas sejarah Vixion sang legendaris….

Kini sejak dirilis pada last gen ditahun 2017, Vixy tidak pernah lagi disentuh. Padahal umur sudah menginjak tahun keempat dan semua menunggu pergerakan Yamaha. Sayang….indikasi sangat kuat bahwa Yamaha sepertinya enggan melakukan apapun pada Vixion semakin membuat kita penasaran, benarkah setragis itu nasibnya ? walau market jauh menurun kenapa nggak ada effort dari Yamaha untuk mengurus sang Vixy ? benarkah semua hanya kamuflase dan mereka akan melakukan gebrakan mengejutkan nanti ?

Untuk yang terakhir…sangat disayangkan IWB tidak mengendus sama sekali pergerakannya. Investigasipun IWB rapatkan ke para post-post vendor pendukung pabrikan garputala…minus cak. Project Vixion nihil. Bahkan ditahun 2021 ketika bulan Agustus akan usai…trennya tetap anyep bin garing. Weladalahhhhh….bener-bener nggak dilirik pabrikan cak. IWB sendiri cukup heran karena dimasa lalu Yamaha terkenal sebagai pabrikan yang agresif dan penuh keberanian bahkan di market yang sulitpun mereka akan berjuang. Namun semangat tersebut sepertinya sudah mulai luntur….

Tidak puas dari sana, IWB coba mengulik informasi dari owner dealer Yamaha SBW teman IWB yakni Koh Steven. Ternyata jawabannya sesuai dengan kondisi lapangan. ” Emboh kangmase….kok kayaknya nggak ada ya. Sejauh ini sih nggak dengar sama sekali perihal new Vixion….” cetusnya yakin. Yup..itulah kabar terbaru dari Vixion. Jadi artikel ini sekaligus menjawab pertanyaan sampeyan yang banyak masuk kenewsroom IWB perihal Vixion. Jadi hingga detik ini tren Vixion terbaru negatif cak. Jangan banyak berharap jika tahun ini dan kita terawang lagi tahun depan. Semoga ada keajaiban…semoga saja….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!