iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….mumet ndaseeeee tenan wissss. Lhaaa piyee disaat kita yakin bahwa spyshot sebelumnya yang beredar di India adalah New R15V4, dilalah justru kini bocor dokumen rahasia yang membuat kita terbelalak. Yupp…dokumen rahasia yang mengungkap konfirmasi produk baru dengan label R15M, sebuah kode yang sebelumnya sempat IWB endus akan hadir para new R25 namun justru malah sekarang diturunkan pada R15. Dan membuat IWB terkejut, disaat yang sama beredar sosok penampakan R15 yang diduga mengusung label M…termasuk power yang membuat IWB terbelalak. Lhoo nyapooo ? intip detilnya dibawah ini….

Sepertinya Yamaha memang sedang menyiapkan hidden agenda pada gacoan motor sport fairing 150cc andalannya. Setelah sebelumnya kita berhasil mendapatkan spyshoot yang sangat jelas terhadap sosok yang diduga R15 dengan basis desain pengembangan nyomot dari kakaknya yakni Yamaha R7. Mulai dari lampu kemudian suspensi yang sudah menganut USD, beberapa perombakan yang juga menyentuh di bagian fairing samping….. membuat banyak spekulasi bermunculan. Uniknya beberapa media India sendiri percaya bahwa spyhoot berpotensi sebagai calon New R25 versi 3. Sementara IWB tetap percaya bahwa itu adalah R15. Lhooo kok yakin ?

Tetap yakin pakde. Patokan kita simple yakni disk depan yang masih menganut model reguler belum Floating. Ora mungkin diskbrake R25 malah turun kasta….simpel to. Dan sepertinya tebakan IWB sudah mengarah pada jalur yang benar. Karena kini setelah hampir 1 bulan berlalu, yang terbaru kita dikejutkan oleh bocornya sebuah dokumen yang sangat penting. Dokumen ini penting karena memuat registrasi yang dilakukan oleh Yamaha pada Departemen transportasi India di Delhi. Dokumen ini membuat Geger karena disitu kita lihat secara jelas bahwa Yamaha ternyata melakukan registrasi pada varian terbaru sosok yang disebut sebagai R15M…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yup…Nomor registrasi terdaftar tanggal 12 Agustus 2021 dengan nomor F. DC/OPS/Tpt/2021/223/74240…Yamaha mendaftarkan sebuah model varian terbaru R15. Registrasi dilakukan oleh Yamaha India yang berpusat di industrial area A3, Noida Dadri Road, Surajpur. Produk yang didaftarkan bernama R15M…. dengan dimensi serta spesifikasi yang sangat mirip R15 versi 3. Bahkan dari keterangan Gaadiwaadi…. motor ini juga sudah dibekali dengan assist slipper clutch. Kubikasi mesin tertera 155 cc dan memang secara akurasi surat tersebut dikatakan sahih. Iki ediannn cakkk…

Sayang sekali ada satu yang membuat IWB bengong dan terbelalak yakni ketika melihat ledakan power yang ternyata justru tidak sebesar yang kita kira. Mengusung kode M Entah kenapa justru ledakan tenaga lebih kecil dibandingkan dengan versi 3. Lhoooo piyeee ikii ??? kuwi sing mumet dan IWB sulit paham cak. Dalam dokumen yang bocor tersebut sampeyan pasti bisa membaca muntahan tenaga disebut diangka 13,5 KW 10000 RPM. Ini artinya jika kita konversi maka jatuhnya hanya sekitar 18,3 PS. So…tenaga R15M turun 1 PS dibandingkan dengan versi 3. Lhoooo kok malah turun ?

Masih misteri. Jadi mending kita pantau saja perkembangan update terbaru dari India nanti. Hot-nya, di saat yang sama Gaadi juga sukses mendapatkan gambar terbaru bocoran sosok yang disebut sebagai R15M. Sosok yang sangat mirip dengan beberapa spyshot sebelumnya. Dan diduga inilah motor yang disebut sebagai new R15M yang siap dirilis di pasar India. Jika data dan dokumen tersebut akurat secara power ini berarti perombakan hanya menyentuh di area desain atau kosmetik luar. Bisa saja penurunan power karena aturan emisi gas buang yang lebih ketat akibat standart level BS-VI yang mulai diberlakukan di India….

Last…IWB tidak pernah menyangka kode M yang sempet IWB endus akan dicangkokkan namanya pada R25…. justru dialihkan pada R15. R25M yang sempet tertangkap Radar IWB akan digunakan Yamaha pada calon R25 4 silinder kemudian dibekukan karena alasan market serta kondisi…. ternyata tetap digunakan huruf tersebut Namun pada adik R25 yakni R15M. Hanya saja IWB masih cukup sulit mengerti…. Kenapa dengan kode yang cukup keren di bagian belakang justru membuat power nya malah turun. Terlepas alasan ketatnya emisi gas buang namun seharusnya ada beberapa gebrakan yang setidaknya mempertahankan power yang sudah ada yakni 19,3PS atau malah lebih besar. Btw…. semua memang belum final dan Mari kita pantau saja perkembangan Yamaha R15M yang sosok mukanya memang sangar banget. Seruuuu euy…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!