iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… jangan pernah remehkan motor klasik, mungkin itu yang ingin ditekankan Kawasaki. Sebab klasikpun bisa menjadi cadazzz, ngono kiro-kiro. Lhaa piyee cak…..yang terbaru Kawasaki baru saja meluncurkan gacoan klasiknya dengan label Z900RS SE versi 2022. Sesuai dengan namanya SE atau special edition, Z900RS SE ini mendapat update tambahan komponen kelas wahid Ohlins dan Brembo. Dan yang paling menarik pakde….Z900RS SE ini semua dilabur serba kuningggggg….pelaburan warna baru yang konon kabarnya skema warna ini mengambil inspirasi dari Z900 jadul. Yup seperti apa sosoknya, simak, detilnya dibawah ini…

Kawasaki baru saja meluncurkan Z900RS SE 2022. Motor ini mengadopsi gaya retro yang memang diadaptasi dari Z1 generasi awal yang meluncur pada tahun 1970an. Sesuai dengan namanya yang menyandang SE, Kawasaki menjejali part wahid seperti Brembo untuk perangkat rem serta Ohlins untuk suspensinya. Depan belakang Ohlins dengan tipe monoshock S46 yang terkenal akurat dan presisi dalam meredam kondisi jalanan bervariasi. Kemudian untuk perangkat remnya adalah Brembo M4.32 radial monoblock…

Tidak hanya itu walau master silinder masih menggunakan bawaannya yakni Nissin namun Kawasaki mengurangi diamater silinder dari 19,1mm menjadi 17,5mm. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja agar lebih akurat. Btw rotor rem sudah berganti Brembo termasuk kabel rem yang menggunakan material rajutan stainless. Dan versi SE ini dilengkapi dengan livery yang nyokot bin gigit tenan cak. Disebut yellow ball color, warna ini terinpirasi dari generasi lawas Kawasaki Z1 yang diluncurkan tahun 1971. Hasilnya? serbaaaa kuningggg…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yup….pabrikan Kawasaki membenamkan kembali fascia desain jadul dan pelaburan warna seperti motor lawas Z1 yang dirilis tahun 70an dengan mengkombinasikan garis desain berwarna hitam dan kuning. Namun untuk versi 2021 agak sedikit berbeda cak karena Kawasaki melakukan pelaburan warna baru yang mengambil basis dari versi terakhir Kawasaki 900 Super Four. Nah menilik dari sisi sejarah, Kawasaki Z1 generasi pertama meluncur di Amerika Serikat dengan mengusung warna oranye (candy) dan coklat….

Selain itu motor ini dijuluki sebagai “Fireball” oleh banyak penggemar Kawasaki terutama untuk unitnya yang berwarna kuning (candy) dan hijau yang pada saat itu dipasarkan di Eropa dan Inggris. Sementara untuk warna hitam dan kuning disebut yellow ball color. Lalu pada masanya cak, Kawasaki Z1 menjadi motor paling kompetitif di kelas Modern Classic karena pada saat itu motor ini terbilang mewah karena dibekali dengan skema warna two tone yang bersifat warm (hangat)…..

Jika dirunut cak, Kawasaki selalu mengambil inspirasi untuk Z900RS dari Z1. Semisal, dari Z900RS 2018 mengambil basis dari Z1 1973, lalu untuk update tahun 2020 mengambil basis dari Z1 1974. Sedangkan versi terbaru yakni Z900RS untuk tahun 2022 memakai skema warna dari Z1 1975 yang dikenal dengan julukan “blue gem beetle”. Meskipun selalu mengambil inspirasi dari Z1, tapi setelah tahun 1975 Kawasaki Z1 telah berganti platform menjadi Z900 hingga sekarang. Dan sekarang yang versi SE ini Kawasaki mengambil inspirasi dari Z1 Yellow ball lansiran 1972…..

Last… Z900RS SE dibekali dengan mesin yang powerfull. Kawasaki membenamkan mesin 4 silinder segaris DOHC 16 katup berpendingin cairan dengan kubikasi 948cc yang mampu memuntahkan tenaga hingga 107.5 Hp di 8500 rpm dan torsi maksimal diangka 95 Nm di 6500 Rpm. Nah perlu sampeyan tahu Z900RS SE versi 2022 masih menggunakan mesin yang sama dan hanya mendapat komponen yang lebih wahid plus warna special kuning dan hitam. Motor ini dirilis di Eropa dengan estimasi distribusi Oktober 2021. Sayang belum diketahui berapa banderol yang akan dipasang Kawi. Namun jika mengintip speknya….Z900RS SE ini pasti lebih mahal dari standartnya yang dipasang diangka 11.499 USD atau jika dirupiahkan sekitar 163 jutaan. Z900RS SE ? bisa jadi diatas 200 jutaan cak…kita tunggu saja….(RA iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!