iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….ini bakal sangat menarik cak, IWB sendiri cukup terkejut ketika membongkar data yang dirilis asphaltrubber perihal lap time dan top speed Vinales saat Motogp Austria. Pembalap yang membela Yamaha cukup lama ini mendapatkan hukuman suspend dari pabrikan karena dianggap berpotensi merusak M1 dan membayakan rider. Official announcement ini juga menyebut data telemetri sebagai acuan analisa. Dan yang menarik adalah….setelah kita membongkar catatan lap time dan top speed M1 Vinales memang ada yang aneh cak. Simak detilnya berikut ini…

Masalah internal antara Yamaha dan Maverick Vinales nampaknya berdampak serius dan bertambah parah pasca putaran pembuka Pada paruh musim kedua Redbull Ring I, Austria. The Top Gun memang dilanda apes dalam balapan cakkk, meskipun pada start pertama doi bisa bertarung untuk melaju kebarisan depan. Namun saat menjelang start kedua, motor The Top Gun tiba tiba mati. Dan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan, setiap pembalap yang mengalami masalah seperti ini harus menjalani start dari pit. Hal tersebut sepertinya membuat Vinales frustasi….

Puncak masalah adalah tindakan ayah Maverick yakni Angel Vinales yang menarik dukungan mereka ke Yamaha dikelas WSSP300. Dari sanalah masalah makin panas karena Yamaha akhirnya mempelajari data telemetri YZR M1 Vinales. Data ini memberikan konfirmasi tindakan yang dianggap tidak wajar. Semua tertuang dalam surat suspend yang dirilis Yamaha pada Vinales….

iklan iwb
iklan iwb

” Yamaha dengan menyesal mengumumkan bahwa masuknya Maverick Vinales untuk balapan di MotoGP Austria akhir pekan ini telah ditarik oleh tim Monster Energy Yamaha MotoGP. Absennya ini menyusul penangguhan pembalap oleh Yamaha karena Pengoperasian motor yang tidak teratur Dan tidak dapat dijelaskan oleh pembalap selama balapan MotoGP Styria akhir pekan lalu. Keputusan Yamaha mengikuti analisis mendalam tentang telemetri dan data selama beberapa hari terakhir..

” Kesimpulan Yamaha adalah bahwa tindakan pembalap dapat berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin sepeda YZR-M1 miliknya yang dapat menyebabkan risiko serius bagi pembalap itu sendiri dan mungkin membahayakan semua pembalap lain di balapan MotoGP,”

Dari surat pengumuman tersebut Yamaha memang tidak menjabarkan gamblang apa yang dimaksudkan dari Pengoperasian motor yang tidak teratur. Namun setelah digali lebih jauh ternyata memang ada yang aneh dengan data lap time serta top speed Yamaha M1 Vinales. Dari data yang dirilis Motogp (klik disini), kalau kita rekap sampeyan bakal menemukan perbedaan lap time yang cukup signifikan pada lap 24 hingga 27. Disana untuk pertama kalinya Vinales masuk mode angka 1 menit 30.320 detik. Yang lebih parah masuk lap 25, top speed M1 Vinales anjlok….

Jika sebelumnya bisa bermain diatas 300km/jam pada lap tersebut M1 hanya nangkring diangka 274,1 km/jam. Ini sangat mengejutkan cak karena sirkuit Styria cukup panjang. Dan terpuruknya top speed terjaga hingga lap 26 dan 27 dimana M1 hanya menorehkan top speed diangka 287,2km/jam sebelum Vinales memutuskan mundur. So…apa yang terjadi ? kenapa begitu lemot? apakah ini ada hubungannya dengan keluhan Vinales yang mengatakan mesinnya bermasalah ada bunyi-bunyian aneh ?

Setelah restart, mesin kurang responsif seperti saat kualifikasi. Setiap kali aku mencoba berakselerasi, aku mendengar suara-suara aneh. Makin lama makin buruk dan aku rasa lebih baik aku menyerah. Aku masuk pit dan saat itu aku pikir motor seperti tanpa oli. Namun yang aneh setelah dicek semua baik-baik saja. Entahlah…” serunya saat itu dengan kesal. Tapi kalau dari beberapa testimoni fotografer dilokasi tidak cak…

Dari testimoni mereka selama 2 atau 3 lap pada lintasan lurus Vinales seperti menahan gear 5 terlalu lama. Doi baru memasukkan gear 6 ketika sudah mendekati tikungan. Jadi dari analisa…secara normal, anjloknya top speed hingga 30 km/jam lebih dikarenakan kesengajaan menahan gear 5 lebih lama dari biasanya. Jelas ini mencengangkan. Sayang hingga detik ini belum ada konfirmasi perihal anjloknya top speed dan lap time M1 Vinales dari Yamaha. Mereka bungkam enggan memberikan statement sehingga asumsi berjalan liar. Sedang Vinales masih kekeuh engine doi bermasalah. Emboh mana yang bener kieee…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here