iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….inilah asyiknya kalau berteman dengan bikers dan pecinta motor dengan hobby yang sama. Ketika ada motor baru pasti bawaannya penasaran. Seperti yang dirasakan cak Irwan Gilkun alias owner dari Roadride Channel. Ketika tahu ada New CB150R dimarkas IWB doi langsung bertanya…” Cak IWB boleh jajal Cibinya nggak…” serunya via Whatsap. Singkat cerita doi datang kerumah, IWB kawal dan hasil akhir….doi kaget dan geleng-geleng cak. ” Wahh, ini sih parah….asli ! ” serunya membuat IWB tertawa. Emang apa yang dirasakan Irwan ?

Irwan yang memiliki IG @gilakunters ini datang nunggang Ninja 250 FI itemnya. Jiann semangat cak kayaknya padahal cuaca lumayan panas. Menggunakan riding gear lengkap, teman yang IWB kenal cukup lama dan sering review motor juga ini langsung turun dari motornya untuk melihat new CB150R terbaru…

Wah aslinya lebih cakep ya ketimbang digambar. Perasaan motor 150cc sekarang makin keren aja. Makin padat...” celotehnya sambil memutari Cibi anyar dari Honda ini. “ Piye wan…apik oraaa ? ” pancing IWB. Yup…IWB suka mancing pendapat orang lain karena desain soal selera. Bisa aja IWB katakan cakep, orang lain bilang jelek. ” Menurut gua sih cakep ya, kerenan aslinya ketimbang dari gambar. Wahh ini suspensinya bikin ganteng.…” tukasnya terus melototin Cibi….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Singkat cerita, kitapun berangkat untuk memberikan kesempatan Irwan jajal Cibi terbaru ini cak. Dari rumah IWB sudah tukar posisi….judule ngawal. Irwan langsung nunggang Cibi sedang IWB nunggang Ninja 250 itemnya. Yang IWB heran, dijalanan Irwan ngilang mulu cak. Asyemm tenan. Jalanan padat IWB ditinggalin terus sampai IWB heran…ini orang ngapain ya naik motor kayak dikejar maling. Sruntulan tenan. Beberapa kali jalur yang IWB rasa sulit masuk doi masukin. Pede dan ya….memang beda motor. Mungkin karena IWB nunggang sport fairing sedang Irwan naked 150cc yang ringan. Feelnya beda…

Kitapun akhirnya tiba dijalan raya. Irwan langsung betot gas dan sepertinya ingin merasakan tiap jengkal reaksi engine serta handling. Dari low hingga high speed IWB cuma ngintil dibelakangnya cak. Jalanan juga bervariasi…ada polisi tidur, speed trap, jalanan bumpy serta jalanan lurus panjang. Sebagai bikers sekaligus reviewers yang memiliki banyak motor dari banyak brand yakni KTM, Yamaha, Suzuki, Honda dan Kawasaki….Irwan adalah pecinta motor sejati cak. Oraaa ono judule fansboy. Terbukti motornya Aerox (Yamaha), CBR600RR dan CBR150 Karbu (Honda), KTM 790, Ninja 250 dan masih banyak lagi lainnya. Singkat cerita doi sudah minggir dijalanan dan IWB samperin. ” Piye wan ? ” tanya IWB penasaran…

Enak ya, ini motor enak. Yang parah suspensinya. Ayunannya solid, minim bottoming walaupun menghantam jalanan buruk serta polisi tidur. Belakang juga enak…..wah parah ini motor…nurut banget” serunya sambil geleng-geleng. Berarti feeling Irwan tajam. ” Boleh nggak tukar sama suspensi Ninja gua…” seru Irwan tertawa sambil terus geleng-geleng kepala. ” Gimana dengan mesin ? ” tanya IWB mencoba untuk cross cek silang mencocokan rasa. ” Mesin enak, menurut gua responsif banget dan halus. Bawaannya pengen muntir gas mulu. Kalau atasnya dibilang getar nggak juga…getaran RPM atasnya masih wajar. Yang paling terasa transmisinya. Nggak ada bletaknya sama sekali….

” Irwan berceloteh dijalanan pasca jajal new CB150R….”

” Shifting less effort, empuk dan ringan banget. Asli ini motor enak…” tukasnya lagi. Ealahhh pantesan dari tadi sruntulan mulu. Lawong pengen betot mulu cak. ” Handlingnya ringan dan nurut banget, waahh parah ini motor…” tambah Irwan lagi terus memuji New CB150R. Sik-sik…dari tadi muji thok, terus kelemahannya apa dimata Irwan ? “ Gua belum nemu kalau kelemahannya masih bingung. Emang berapa ini harganya Wan…” tanya Irwan ke IWB. “ Untuk SE dijual 30,6 jutaan…kalau standart 29 jutaan..” jawab IWB. “ Terus Vixion berapa ya sekarang ? lupa gua…” tanyanya lagi. Kita pun ngecek Google untuk ngecek banderol Vixy…

Disana tertera harga resmi Vixi standart diangka 28,195 juta sedang Vixion R diangka 31,880 juta. Irwan termenung. ” Wah….harga Cibi berarti bagus banget yah….” tukas Irwan. Yup….Cibi memang istimewa cak. Dibandingkan dengan sport 150cc Honda masa lalu jelas kelahiran new Cibi ini improve luar biasa dari semua sektor. Bahkan dibandingkan dengan kompetitor, Cibi seperti naik level. Sayangnya…Cibi terbaru ini lahir diera yang salah. Era dimana para bikers sekarang lagi gandrung skutik bukan sport. Karena IWB yakin jika motor ini lahir 7 tahun lalu, responnya pasti meledak luar biasa. Paket yang lengkap dan nyaris sulit untuk mengkritik ketika menilik banderol dipasang hanya 29 jutaan sudah suspensi USD SFF BP ketika kompetitornya dengan spek dibawahnya dipasang diangka 28 jutaan. Apalagi jika dibeli terpisah sampeyan bisa merogoh kocek hingga nyaris 4,5 jutaan hanya untuk suspensi USD….

Last….kompetisi sekarang memang terasa pincang karena Honda terus berusaha memberikan yang terbaik sementara kompetitornya seperti melempar bendera putih dikelas ini. Ini yang nggak asyik cak. Karena tanpa persaingan pasti pengembangan juga tidak akan sekencang biasanya. Dan dengan kelahiran new Cibi ini Honda seperti ingin menunjukkan….koyok ngene lho buat motor 150cc ki, balance semua sisi namun banderol tetap bersahabat. Sebuah kondisi yang sulit diikuti kompetitor karena the power of mass pro Honda memang tidak ada lawannya. Lhaaa piyeee cak, suspensi SFF BP perangkat yang identik dengan yang dipakai Kawasaki Ninja ZX25R, malah dicangkokkan pada sport 150cc..opo ora kenthir jal. Yamaha mau ngikuti dengan USD big piston ? tantangannya adalah banderol…kuwi yang jelas membuat pabrikan garputala mumet. So…new CB150R ? semoga Yamaha ada gebrakan dengan Vixion biar nggak pincang cak, semoga saja…. (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!