iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caaakkkkk…..sepertinya persaingan dikelas skutik 150cc tidak lagi bisa santai. Karena seperti yang sampeyan semua tahu AHM disinyalir sudah menyiapkan generasi terbaru Vario 150 yang nantinya akan seperti PCX160 yakni mengusung mesin 160cc 4 katup. Dan hingga sekarang radar IWB terus memantau pergerakannya. Beberapa poin berhasil IWB dapatkan walau masih sekedar terawangan. Dan yang terbaru IWB menemukan ada yang aneh dengan kelistrikannya cak…yup, ada perbedaan mencolok dibandingkan gen sekarang. Hmmm…opo yooo ikiiii ???

Dalam artikel sebelumnya sampeyan pasti sudah tahu bahwa IWB telah pastikan pergerakan Astra Honda motor yang tidak akan berhenti pada new PCX 160. Namun dari Trawangan pribadi generasi dibawahnya yakni Honda Vario juga bakal mengikuti langkah serupa. Sudah pernah kita bahas pula di mana basis engine generasi Vario terbaru nantinya akan mengusung mesin 160 cc empat katup sehingga label Vario 150 berubah menjadi Vario 160. Prediksi ini semakin mengerucut dengan hadirnya sebuah kode project yang cukup misterius. Kode projek yang sementara ini kita sebut sebagai calon New Vario 160 yakni K2S*…..

Proyek ini memang sudah jalan, setidaknya itulah dari Trawangan IWB. Benar tidaknya tentu hanya pabrikan yang tahu karena semua yang IWB tuturkan hanyalah berdasarkan hasil Trawangan mata batin (haiyahhh) 😛. Trial terus berjalan walau sedikit tersendat karena adanya aturan PPKM. Tapi yang pasti seiring berjalannya waktu IWB terus mencoba untuk menggali sejauh mana perkembangan saat ini. Nah…. Ditengah proses investigasi project K2S* tersebut, jujur IWB lumayan terkejut karena menemukan adanya Siluet beberapa poin yang berbeda dibandingkan dengan generasi sekarang. Opo kuwiii ??

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yang pertama adalah soal kaki-kaki. Entah benar atau tidak tapi dari Trawangan terbaru, IWB menemukan adanya perbedaan pada bagian shape velg. Shapenya berubah dengan arah kombinasi yang berada ditengah-tengah antara Vario 150 serta PCX 160. Good…jika terawangan IWB bener, Honda selalu konsisten mengganti design velg bersamaan dengan produk baru. Yang IWB kaget lebar Velg juga beda cak…wwwahhh lebih gede cak. Dengan keputusan velg yang lebih lebar seharusnya ukuran ban juga lebih gede. Inilah yang mendasari IWB untuk mengerahkan ajian lumpuh dan serat jiwa sedang setan Mantili sekuat tenaga😂 (hasyem suwe-suwe kok lebay to cak). Hasilnya ?

Jika tidak salah menerawang ban disinyalir juga lebih gede mengikuti ukuran velg. Emang piro ukurane ? Dari Trawangan yang IWB lakukan Honda Vario 160 diduga menggunakan ban depan berukuran 100 serta 120 belakang. Weks…seriusaannn kieee? emboh cak, benar tidaknya IWB nggak ngerti. Tapi itulah yang IWB dapatkan sementara ini. Dan jika benar ini berarti terjadi peningkatan ukuran dari sebelumnya 80 depan serta 100 belakang. Mantaappp kalau beneran berarti Vario 160 bakal makin gambot. IWB juga menemukan K2S* ternyata menggunakan frame yang berbeda. Setidaknya dengan mesin baru memang logikanya pasti rangka akan disesuaikan. Hanya itu ?

Ora cak…..di artikel terbaru ini IWB juga menemukan ECU yang berbeda dibandingkan old gen. Soal ini jelas dong…karena semua beda alias all new, mesin baru dan perangkat baru pastinya kelistrikan berbeda. Eittt…tapi bukan itu yang IWB ingin garis bawahi cak. Namun kelistrikan disini adalah hadirnya sosok sensor yang IWB sendiri cukup terkejut. Jadi ngene cak…IWB menemukan adanya sensor ABS pada project K2S*. Waaahhhhh tenane iki ??? kuwiii yang IWB juga garuk-garuk. Mosok sih Vario 160 nanti ada versi ABS-nya. Kalau benerrrr ini berarti AHM ingin menarik kelas Vario160 sedikit lebih premium dibandingkan posisi sekarang. Dengan kata lain Vario 160 nanti mengisi segmen kosong antara Vario 125 dan PCX 160. Kuwiiii prediksi IWB sementara…

Last….terawangan ini belum tentu akurat karena semua memang hanya berupa terawangan. Bisa saja IWB miss target…horaaa ngerti cak. Tapi apapun itu, sebenarnya jika IWB boleh urun rembug…AHM mungkin kudu mempertimbangkan penamaan baru pada K2S alias jangan Vario. Sebab jika targetnya ingin menghajar Aerox 155, nama Vario sudah kadung menjadi produk yang terkenal bandel namun cenderung umum digunakan berbagai kalangan sehingga anak muda yang ingin style dll cenderung menghindari. Kasus ini seperti bebek GTR yang menggunakan label Supra. Coba saja diawal mengusung nama New Honda Blade 150R, pasti beda cak. So…untuk kasus K2S, pakai saja nama New Airblade 160…pasti top responnya. Dan IWB yakin dengan desain keren menggunakan label Airblade 160 pasar Aerox akan terpecah. Btw iki hanya opini pribadi…..kurang dan lebihnya mohon dimaafkan, iki hanya pemikiran wong ndeso. So…new Vario 160 ? IWB mengendus ada versi ABS….emboh bener opo ora sampeyan tampung wae, hotttt !! (iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!