iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… dalam kejuaraan balap manapun kecepatan alias top speed memang menjadi faktor utama termasuk dalam kejuaraan MotoGP. Sepanjang digelarnya MotoGP ada beberapa top speed yang sudah tercatat dalam sejarah dan kecepatan paling tinggi saat ini diraih dengan angka 362,4 km/jam yang tercatat pada 2019 lalu. Dan istimewanya, rekor ini belum terpecahkan hingga sekarang cak…

Jika dirunut dari sejarah, top speed tertinggi berhasil diraih oleh Dani Pedrosa pada tahun 2009 yang berhasil menggeber motor hingga 349,3 km/jam yang pada saat itu menggunakan motor Honda. Kemudian top speed yang dicatatkan Dani terpecahkan oleh Andrea Iannone yang pada saat itu menggunakan motor Ducati dan berhasil meraih top speed dengan perbedaan yang sangat tipis dengan Pedrosa yakni 349,6 km/jam. Lalu pada tahun 2015 Marc Marquez sempat merebut rekor top speed namun sayangnya harus terpecahkan oleh Iannone yang berhasil meraih top speed 354,9 km/jam di sirkuit Mugello.

Sejak saat itu Ducati mulai mendominasi soal top speed di lintasan sirkuit. Dan pada 2018 Andrea Dovizioso berhasil mematahkan rekor sebelumnya dengan kecepatan 350 km/jam. Kemudian rekor kembali terpecahkan oleh Ducati melalui pembalapnya, Johann Zarco yang memperkuat Pramac Ducati dan berhasil meraih top speed diangka 362,4 km/jam. Nah hingga saat ini rekor yang diraih Zarco belum terpecahkan oleh pembalap manapun dan ini membuktikan bahwa motor prototipe MotoGP semakin kencang dibanding dengan masa lalu.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Soal ini ternyata pembalap Repsol Honda, Marc Marquez cukup kuatir karena kian hari kecepatan motor MotoGP semakin meningkat. Dan menurutnya, jika rekor top speed makin meningkat maka akan semakin berbahaya ketika balapan.

” Motor Motogp sekarang memiliki aerodinamika yang sangat baik ditambah perangkat holeshot yang membuat motor makin mudah meraih top speed. Semua ini memastikan kecepatan tertinggi yang sangat tinggi. Untuk ke depan, kami sudah bekerjasama dengan semua produsen untuk menemukan jalan. Karena jika kecepatan semakin meningkat, zona run-off di semua rute menjadi terlalu kecil dan ini harus menjadi fokus dimasa depan..,” ujar Marc Marquez. So…raja top speed ?? masih dipegang Ducati cak…..ora kaget euy (iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!