iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….gegerrr tenan wissss, akhirnya kita dikejutkan oleh gebrakan Yamaha atas spyshot terbaru New YZF R15 V4. Oalaahh….pantesssss wae di tanah air anye[ karena ternyata pengembangan generasi terbaru Yamaha new R15 justru dilakukan di negeri Bollywood. Fakta ini tergali dari beberapa jepretan dari biker India Abhinav Bhatt. Dan fix cak…lampunya plek dengan YamahaYZF R7. Waaaahhh gileee !!!

Jepretan yang membongkar sosok dari new R15 V4 di India jujur cukup mengejutkan IWB karena generasi ke tiga pengembangan dilakukan di Indonesia namun siapa menyangka untuk generasi keempat tidak cak. Ternyata terjadi pergeseran strategi Yamaha yang mana sepertinya melihat market India lebih potensial dibandingkan dengan Indonesia…mungkin ngono pakde. Analisa ini lahir karena siapa menyangka justru penampakan R15 versi 4 malah nongol di India…bukan disini cak. Nah kembali ke soal Spyshot..

Dari spyshot terbaru yang dirilis Abhinav Bhatt, kita bisa melihat detilnya ternyata banyak yang berbeda. Saat IWB amati secara seksama perbedaan muncul dibeberapa area seperti fender belakang, side fairing, silincer knalpot dan juga lampu depan. Yup….yang paling kental adalah headlamp cak. Tapi kita akan bahas pelan-pelan dari belakang dulu…

iklan iwb

Untuk area stoplamp…sekilas kita melihat tidak banyak yang berubah disana. Masih model LED vertikal dengan casing cembung bolong khas R series. Tapi ketika mata kita menjelajah di area Fender belakang barulah di sana kita menemukan sedikit ada perbedaan khususnya di Pangkal Fender. Beda dengan versi sekarang shape design generasi keempat ini lebih melebar. Kemudian lekukan di bagian casing bawah jok juga sedikit berubah. Sayang sekali gambar yang dirilis tidak terlalu bagus sehingga cukup sulit bagi kita untuk menganalisa termasuk hadirnya penutup stiker….

Kemudian untuk knalpot ternyata juga tidak sama dibandingkan dengan generasi versi 3. Untuk Spyshot R15 versi 4 ini sampeyan akan menemukan silencer yang cenderung lebih kecil. Bentuk end cup muffler juga direvisi. Termasuk hadirnya cover protector knalpot dari ujung ke Pangkal….. dan ukurannya lumayan gede. Perbedaan lain juga kita lihat di bagian side fairing. Monggo sampean pelototi secara seksama guratan crankcase engine hingga ke atas. Tarikannya beda cak. Dan dari sekian fakta yang sangat mencolok tentu saja adalah area headlamp…

Yup…. bisa kita konfirmasikan bahwa lampu depan sudah menganut model projie. Tentu saja keputusan ini cukup mengejutkan dan tidak pernah masuk dalam analisa karena fokus kita selama ini lebih kepada Yamaha R25. Dilalah ternyata Yamaha memutuskan untuk mencangkokkan headlamp ini terlebih dahulu pada generasi keempat dari R15. Dan Tentu saja shapenya sangat identik dengan kakaknya Yamaha YZF R 7. New R15 versi 4 ini sampeyan akan menemukan hadirnya alis DRL di bagian kiri-kanan. Jadi untuk lampu utama tidak lagi dikiri kanan melainkan nyantol di area Tengah Ram air…..

Last…. tidak tergali Bagaimana sektor dapur pacu. Namun dari beberapa referensi India sepertinya mesin masih sama dengan generasi sekarang. Artinya perbedaan knalpot hanya untuk mengakomodasi emisi gas buang yang makin ketat di negeri Bollywood. Apapun itu perkembangan dari Yamaha R15 versi 4 di India ini memang patut kita tunggu. Walaupun publik di sana lumayan kecewa karena versi spyshot masih mengadopsi suspensi teleskopik bukan Upside Down seperti tanah air namun yang jelas desain tersebut disinyalir juga akan menjadi basis facelift untuk tanah air. So…new R15 V4 ? Piyeee cakk…makinnn juozzz kieee koyoneee (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!