iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….kenthirrr njaran tenan. Lhaaa piyee, baru saja kita membahas perihal melejitnya penjualan Piere Mobility, dilalah kemarin mereka mau bikin kejutan dengan melakukan peluncuran motor balap RC 8C yang dijual terbatas. Motor ini begitu istimewa karena semua komponen merupakan part premium pilihan yang disebut sebagai Ready to Race. Dan tercatat secara official pada 20 Juli 2021…KTM RC 8C dirilis di dunia dengan Bobot yang luar biasa ringan. Bahkan motor berkubikasi 889 cc ini seringan motor 150 cc. Gilaaaaa !!!

KTM memang terkenal di dunia racing cak. Pabrikan yang menguasai ajang penggaruk tanah ataupun RELI Paris Dakar tersebut sedang pada puncak ambisinya menguasai dunia racing. Terbukti di ajang motoGP mereka juga semakin Mentereng. Ambisi mereka untuk tajam tidak hanya di dunia balap penggaruk tanah namun juga di aspal mereka tunjukkan dengan peluncuran sebuah hasil karya luar biasa di dunia racing. Produk ini disebut sebagai KTM RC 8C…..

Untuk mewujudkan ambisi tersebut KTM menggandeng Kramer Motorcycle. Kramer Motorcycle sendiri cukup terkenal dengan kemampuan mereka untuk meracik motor sendiri. Awal munculnya Kramer ini mulai tahun 2009. Berawal dari hobi pada tahun 2014 perusahaan Kramer Motorcycle akhirnya berdiri. Hasil karya pertama mereka yang menyita perhatian adalah HKR Evo2. Jadi jangan heran jika nyawa dari KTM RC 8C cukup kental dengan produk Kramer Motorcycle. Dan saat ini Kramer Motorcycle jadi partner official KTM. Pengembangan RC 8C ini kolaborasi antara keduanya cak….

iklan iwb

Dasar pengembangan KTM RC 8C adalah….agile, ringan, tajam, powerfull dan power to weight ratio terbaik dikelasnya. Oleh karena itu seluruh komponen harus merupakan komponen kelas Wahid, ringan namun kuat. Dan pada akhirnya final mas production kita akan menemukan spesifikasi singkat KTM RC 8C sebagai berikut :

1. Nama final KTM RC 8C bukan RC890

2. Mesin yang dipilih adalah ultra kompak 889 cc, konfigurasi dua Silinder LC8C, DOHC delapan katup yang mampu memuntahkan tenaga hingga 128 hp dengan torsi 101 Newton/meter (Nm)

3. Frame atau rangka menggunakan material Tubular baja teralis (jenis 25CrMo4) yang dirancang secara khusus sehingga sangat kuat namun ringan.

4. Suspensi depan menggunakan WP model Apex Pro 7543 berdiameter 43 mm dan belakang monoshock WP Apex Pro 7746 full preload dan adjuster

5. Swing arm aluminium model underbrace yang adopsi teknologi MotoGP RC16 termasuk hadirnya sendok untuk menambah down force

6. Tangki bahan bakar di design ulang dan ditempatkan pada central gravity alias menyebar di sepanjang subframe sasis tidak lagi terkonsentrasi di depan.

7. Untuk mengejar Bobot agar mendapatkan PWR terbaik KTM mencangkokkan velg berbahan aluminium tempa (forged) Dymax UP7X berukuran depan 3,5 inchi ring 17inch serta belakang 6,0 inch ring 17inch

8. Untuk mendapatkan daya cengkram maksimal KTM RC 8C dijejali Ban Pirelli Diablo Superbike 120/70R17 depan dan 180/60R17 belakang

9. Perangkat rem mengandalkan dual diskbrake depan merk Brembo Sylema plus master rem Brembo 19RCS Corsa Corta

10. Desain Fairing depan merupakan racikan KTM yang fokus pada koefisien drag terbaik serta maksimum down force (aero winglet dan shape ram air)

11. Knalpot standart menggunakan Akrapovic Titanium dengan noise sound dikisaran 105-103 db

12. Riding mode racing engine brake manajemen 2 level

  1. Quick shifter (Up and down)

14. Dengan seluruh komponen tersebut Bobot KTM RC 8C hanya 140KG…..gilaaaa seringan motor 150cc cakkk !

Yup….. Itulah sekilas spesifikasi motor balap terbaru KTM RC 8C yang kabarnya hanya akan dipasarkan sebanyak 100 unit di dunia. Sayang hingga berita ini diturunkan KTM belum menyebutkan angka pasti harga untuk motor balap versi mass Pro KTM RC 8C ini cak. Namun karena bersifat terbatas diduga motor ini akan dibanderol cukup tinggi mengingat status produk yang disebut sebagai Ready to Race. Artinya secara standar motor ini memang sudah siap digunakan untuk balap. KTM sudah membuka preorder bagi siapa saja yang tertarik untuk membeli motor ini via IG mereka. Nah….untuk memberikan gambaran IWB sudah lampirkan foto dan video KTM RC 8C yang baru saja dirilis oleh produsen Austria kemarin pada 20 Juli 2021. Juhhhh ancen sangarrr tenan rekkkk !! (iwb)

Video Resmi KTM RC 8C

 

Foto KTM RC 8C

KTM RC 8C 2022

Engine

Power 128 HP dan 101 Nm

Transmission 6-speed

Cooling Liquid cooled

Power in KW 94 kW

Starter Electric starter

Stroke 68.8 mm

Bore 90.7 mm

Clutch PASC™ antihopping clutch, mechanically operated

Displacement 889 cm³

EMS Bosch EMS with RBW

Design 2-cylinder, 4-stroke, parallel twin

Lubrication Forced oil lubrication with 2 oil pumps

Tank capacity (approx.) 16 l

Front brake disc diameter 290 mm

Rear brake disc diameter 230 mm

Front brake 2 x Brembo Stylema Monobloc four piston, radially mounted caliper

Rear brake Brembo twin-piston floating calliper, brake disc

Chain 520

Frame design Chrome-molybdenum steel tubular space frame, powder-coated

Front suspension WPXACTPRO7543

Ground clearance 150 mm

Rear suspension WPAPEXPRO7746

Seat height 820 mm

Steering head angle 66.7 °

Suspension travel (front) 120 mm

Suspension travel (rear) 120 mm

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!