iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Sekarang ini setiap pabrikan motor tengah berlomba-lomba dalam mengembangkan teknologi listrik sebagai bagian dari elektrifikasi mesin. Dan salah satu pabrikan tersebut yakni Yamaha kangbro yang baru-baru terendus mendaftarkan paten baru berupa sistem Hybrid yang kabarnya akan dibenamkan untuk skutik bongsor mereka Yamaha TMax. Waah makin seruuu kieee….

Sebenarnya Yamaha sudah mempunyai motor dengan teknologi Hybrid cak yakni pada Yamaha Grand Filano yang dipasarkan untuk market Thailand. Skutik Hybrid Yamaha ini menggunakan baterai dan motor assist yang dapat berakselerasi seperti pada umunya sepeda motor listrik murni. Lalu menurut gambar paten yang diketahui didaftarkan Yamaha, sistem Hybrid ini mengadopsi skema serupa cak seperti yang dipakai pada Grand Filano. Namun yang membedakan, gambar paten tersebut menunjukan sosok skutik bongsor yang dibenamkan teknologi Hybrid.

Yups menurut info yang beredar cak, paten baru pabrikan garputala ini memamerkan sistem hibrida dengan mesin konvensional yang digunakan secara ekslusif untuk memasok energi ke baterai motor listrik. Lalu untuk cara kerjanya pakde, mesin konvensional memiliki tugas utama untuk menghasilkan listrik yang akan mengsisi daya baterai. Dengan begitu, sistem jenis ini memiliki keuntungan tersendiri cak yakni mesin konvensional hanya berjalan di kisaran Rpm yang sudah ditentukan sehingga emisi yang dikeluarkan dapat diatur dengan signifikan. Selain itu, dengan sistem jenis ini dapat meminimalisir gas buang berbahaya dan meningkatkan efisiensi mesin.

iklan iwb

Last… Menurut spekulasi yang terendus, sepertinya Yamaha tertarik untuk membenamkan paten sistem Hybrid ini untuk skuter bongsornya yakni Yamaha Tmax yang saat ini mengandalkan mesin 560cc. Sementara itu cak, Yamaha Tmax memiliki bobot 220 kg dan jika memang Yamaha akan membenamkan sistem Hybrid pada motor ini tentunya harus memikirkan bobot motor yang akan terkerek naik karena dibenamkannya baterai dan motor assist. Namun sayangnya, Hingga saat ini belum terendus spesifikasi teknis dari sistem Hybrid besutan Yamaha ini dan untuk berlanjut ke proses produksi pun sepertinya masih jauh cak. Namun yang pasti kangbro, Yamaha hingga saat ini tengah melakukan pengembangan teknologi listrik untuk diterapkan pada motor produksinya di masa mendatang….(RA iwb)

3 COMMENTS

  1. Cak kabarnya nmax mau diproduksi di india dgn mesin hybrid, mbuh 155 apa 125cc, bener kagak

Comments are closed.