iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..seperti yang sampeyan tahu, IWB adalah salah satu Blogger yang mencicipi langsung uji jalanan Honda new CB150R terbaru. Wissss ora ono ceritane tes sebentar cak, AHM justru malah nyodorin berkendara menggunakan CB150R seharian penuh…sedino blek ben puas judule pakde. Jalur yang dipilih juga nggak main-main…Jakarta -Bandung melewati puncak-Cianjur….trek yang nggilani tenan macet serta kondisi naik turun perbukitan. Namun dilalah kondisi tersebut tidak mampu membuat motor Honda ini boros. Bahkan kita dibuat tercengang dengan hasilnya yang iritttt puol. Pertanyaannya….Kenapa Honda New CB150R 2021 sangat irit ?? ini kuncinya !!

Trek yang kita lalui bukanlah trek bersahabat cak. Dari Jakarta ke Bandung lewat Puncak Cianjur…jabang bajul parah cak kalau weekend. Turing yang dilakukan sebelum PPKM ini bener-bener menguras mesin karena IWB sendiri ora perduli dengan konsumsi BBM. Lawong geber-geberan melawan Vandra yang lincah tenan seperti sudah hafal trek. Gas mentok bolak-balik diserta hard braking serta puntir gas dalam. Jalanan nanjak dan turun bervariasi…..dihadang macet membuat kita harus merambat untuk ngimbangi lalu lintas yang tersendat. Secara total kita melaju sejauh 171,5km….

Dan dari sinilah IWB dibuat kaget tenan. Ketika akan motret speedometer before after,  karena indikator bensin hanya berkurang satu strip. Waaahhh….ediannnn njaran, seriussss kieee ?? kok irittttt bangetttt. IWB sampai ngecek teman-teman lainnya seperti lek Kobay, Vandra dan Lek Ari serta Alki. Dan memang cak…semua turunnya sama rata-rata yakni hanya 1 sampai 2 bar. Karena tidak puas IWB mencari panitia dari AHM untuk memastikan apakah ada pengisian bensin saat kita istirahat ?? Dan fix mereka pastikan bensin hanya diisi sebelum berangkat di Jakarta.Waaahhh…..kethirrr bener kiee…..

iklan iwb

FYI…sebelumnya IWB sudah reset Trip A ke 0. Dan setelah melaju dari Jakarta ke Bandung, motor sudah menjelajah sejauh 171,5 km. Lumayan jauh untuk simulasi kendaraan harian. Sekarang kita lihat Berapa konsumsi BBM rata-rata setelah jarak tempuh mencapai angka tersebut ?? dan diperoleh hasil yang sangat mengejutkan yakni….52,8 km/liter. Whaaattttttt….tenan to, irittt puolll….

Asli cak…. hasil ini di luar dugaan dan sangat mengejutkan mengingat track-nya juga ekstrem. Iki pegunungan lho, dengan gaya geber puol gas mentok berkali-kali. Kalau jalanan lurus dengan berkendara santai IWB sih maklum. Lhaaa iki? wahhh. Pertanyaannya….Kenapa Honda New CB150R 2021 sangat irit ?? ini kuncinya !!

Simpel cak, karena kita tidak perlu buka gas dalam untuk mendapatkan momentum torsi yang diinginkan. Jadi ketika stop and go, semua bisa dilakukan dengan santai dan mudah. Kemudian yang kedua, motor tidak perlu dipaksa teriak untuk melibas tanjakan. Karena power sudah melimpah sejak low RPM….praktis IWB juga nggak perlu muntir gas dalam. Lawong sering cak, nanjak ekstrim IWB gunakan gear 5 pada CB ini dan tanjakan bisa dilibas dengan mudah. Lek boso londone….less effort !!

Apalagi saat berkendara dijalanan porsi persentase melaju diatas 110km/jam nyaris kurang dari 2 % (pengalaman pribadi saat turing). Ngeri cak soale…dijalan raya ketika melaju diatas 100km/jam jarang kita lakukan sebab takut ada orang nyelonong nyebrang atau ada mobil ngerem dadakan. Jadi average speed yang kita lakukan hanya berkisar 70-90km/jam. Dan diarea ini power CB150R masih sangat berlimpah….

Last….tidak heran Honda tetap kekeuh mempertahankan model Near Square dibanding overbore seperti 1st gen CB150R berlabel K15A. Padahal Honda bisa banget kalau mau. Karena memang cak, dari sisi efiensi bahan bakar dan sensasi akselerasi…near square memang menyenangkan. Ditambah bobot motor yang sekarang lebih ringan 2kg karena hilangnya kick starter serta bobot pelk yang lebih enteng. Gas sedikit colek, motor sudah melejit. Walau harus diakui ketika ketemu jalan yang lurus sepi banget, mesin terasa extra effort untuk mendapatkan top speed terbaik karena nafas pendek. Apakah tidak ada solusi ? ada cak. Tinggal ganti gear belakang dengan ukuran yang lebih kecil namun konskwensi kemampuan sprint akan menurun. Yang menjadi pertanyaan, apakah perlu mengejar top speed ketika dijalan raya top speed jarang kita gunakan ? monggo semua IWB serahkan keselera sampeyan. Tapi sing jelas…new CB150R ini emang uiritttttt jabang bajul tenan ! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!