iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….semua tahu bahwa Suzuki dan Yamaha menggunakan konfigurasi mesin yang sama soal mesin diajang Motogp. Berbeda dengan mesin V4 dari Ducati, Honda, KTM dan Aprilia, Yamaha M1 dan Suzuki GSX-RR ditenagai oleh mesin yang sama yakni in-line 4. Namun yang menarik cak, walau memiliki mesin konfigurasi yang sama..menurut Mir secara kasat mata keduanya berbeda. “ Suzuki lebih agresif dibandingkan Yamaha ! ” tukas Joan Mir. Wahhh…menarik kieeee…

Sejauh ini hanya Suzuki dan Yamaha yang menggunakan mesin konfigurasi yang sama yakni inline 4. Banyak yang mengatakan mesin inline memiliki kelebihan soal karakter yakni….lembut dan terkontrol namun less power. Nggak heran top speed mereka selalu kedodoran untuk ngimbangi mesin V. Namun yang menarik cak, menurut Mir walau kedua konsep motor sama namun dari kasat mata Suzuki berbeda….

” Ini adalah pertanyaan sulit. Ya….sulit untuk menjawabnya karena aku belum pernah mencoba motor Yamaha dan hanya melihat dari luar. Dan dari sini jujur aku katakan sepertinya walaupun konfigurasi mesin sama namun sebenarnya keduanya tidak benar-benar mirip. Memang benar keduanya menggunakan mesin empat silinder segaris. Tetapi karakternya sangat berbeda…yup, sangat berbeda….” tukas Mir yakin. Apa maksud beda disini ??

iklan iwb

” Secara penglihatan…..aku melihat para pembalap Yamaha geber motornya dengan cara yang berbeda dari Suzuki. Suzuki menurutku sedikit lebih agresif, motornya lebih banyak bergerak so dalam beberapa hal…mesin inline Suzuki lebih dekat ke V4 tanpa perlu menjadi V4. Yamaha, di sisi lain, membuat kesan yang halus dan lembut. Ini menurutku. Tapi seperti yang aku katakan…opiniku hanya berdasarkan penglihatan. Suzuki sedikit lebih agresif daripada Yamaha,” tutup Joan Mir….

Last…Suzuki GSX-RR memang memiliki engine yang lebih powerfull dibandingkan dengan Yamaha M1 khususnya top speed. Fakta ini bisa kita temui dari top speed chart dalam mayoritas balapan mesin Suzuki seringkali nempel dibarisan atas bersama para mesin V4. Namun yang membuat Suzuki cukup kesulitan dimusim 2021 ini adalah masih absennya device holeshot belakang sehingga mereka selalu tertinggal sekitar 0,3-04 detik pada tiap lapnya dan ini membuat mereka tertinggal dari Yamaha. Konfirmasi ini dilayangkan Alex Rins yang memastikan bahwa Suzuki Hamamatsu sedang garap device serupa untuk mengejar ketertinggalan mereka dimusim ini….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!